5 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Anyar, Bakal Hits di 2021

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 408 2337083 5-tempat-wisata-di-yogyakarta-paling-anyar-bakal-hits-di-2021-lx5qjIdxLX.jpg Wisatawan di De Mangol. (Foto: Instagram @demangol)

BANYAK objek wisata yang sangat menarik di Yogyakarta baik yang sudah ada sejak lama maupun baru. Dari tahun ke tahun, tempat-tempat wisata di kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Mulai bermunculan dan berbagai macam variasinya mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga tempat-tempat unik bagi Anda yang menggemari fotografi. Sangat pas tentunya bila Anda berkunjung ke Yogyakarta saat libur Tahun Baru 2021.

Berikut ini lima tempat wisata di Yogyakarta yang sedang hits dan populer, sebagaimana dikutip Okezone dari laman Instagram @explorejogja yang bisa Anda kunjungi saat libur Tahun Baru.

De Mangol

de mangol

Ketika berkunjung ke Gunungkidul, Anda harus wajib mengunjungi de Mangol. De Mangol adalah spot piknik dan foto paling hits yang ada di Gunungkidul. Masih satu bagian dengan Merapi Park Jogja. Letaknya berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro Km.1,4 Patuk, Gunungkidul Yogyakarta.

“Selain tempatnya Instagramable, bisa dapat view kota Jogja & Gunung Merapi saat langit cerah. Lokasinya di Gunungkidul & akses nya mudah kok.” tulis akun Instagram De Mangol dalam captionnya.

Di de Mangol, pengunjung dapat berfoto sepuasnya di berbagai spot foto secara gratis. Spot foto yang paling popular di De Mangol adalah Teras Kaca. Selain viewnya yang bagus, De Mangol juga memiliki restoran dengan tempat yang cozy, menu makanan dan minuman yang lezat dan tentunya menarik untuk dicicipi. Objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Sementara untuk restonya buka dari pukul 13.00 hingga 21.00 WIB.

Baca Juga: Itinerary Libur Akhir Tahun di Yogyakarta ala Nindy Ayunda

Di masa pandemi seperti sekarang ini, De Mangol sudah menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengunjungnya untuk registrasi buku tamu digital, cuci tangan, pakai masker, dan menjaga jarak. Biaya masuk ke de Mangol yaitu sebesar Rp25 ribu.

Bukit Paralayang Watu Gupit Parangtritis

Menikmati senja dari atas pastinya adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Di Bukit Paralayang Watu Gupit ini Anda dapat menyaksikan pemandangan laut Parangtritis beserta Kota Yogyakarta dari atas bukit dari ketinggian 900 mdpl.

Tempat yang sedang viral di media sosial baik Instagram, Twitter, dan Tik Tok ini dapat menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan akhir tahun Bersama orang yang terkasih. Pengunjung dapat bersantai menikmati matahari terbenam ditemani oleh secangkir kopi dan camilan yang dijual di bukit tersebut.

Selain bersantai menikmati sunset, Anda dapat mencoba olahraga yang memacu adrenalin yaitu Paralayang. Lokasinya berada di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Untuk masuk ke kawasan Bukit Paralayang Watugupit, Anda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp5.000, sementara untuk parkirnya, mobil dikenakan biaya sebesar Rp5.000 dan sepeda motor hanya Rp3.000 saja.

Air Terjun Kedung Pedut

 kedung

Air jernih yang berwarna biru dengan bebatuan dan tumbuhan yang masih asri menjadi keunggulan Wisata Air Terjun Kedung Pedut yang terletak di Girimulyo, Kulon Progo ini. Pengunjung dapat mandi dan berendam di Kolam Air Terjun alami ini. Kolam air terjun yang ada di Kedung Pedut memiliki berbagai macam kolam dengan kedalaman yang berbeda. Yang satu meter bernama Kedung Merak, dan ada kolam yang memiliki kedalaman air empat meter. Selain itu pengunjung dapat loncat dari atas air terjun ketinggian enam meter.

Selain air terjun dan kolamnya yang menyegarkan, ada berbagai jenis atraksi lainnya seperti flying fox, skybike, dan berbagai jenis spot foto yang telah tersedia. Cukup dengan biaya masuk Rp10.000 saja, pengunjung sudah dapat gratis mandi, berenang dan foto-foto.

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung ke sini. Wisatawan mancanegara dan artis Indonesia seperti Hanung Bramantyo dan Anwar pernah menunjungi tempat ini.

Baca Juga: 5 Restoran Tepi Sungai di Yogyakarta, Suasananya Damai Banget

 

Studio Alam Gamplong

gamplong

Studio Alam Gamplong adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Tempat ini sering dipakai untuk syuting film layar lebar seperti Habibie & Ainun, Sultan Agung, hingga Bumi Manusia.

Tempatnya sangat cocok bagi Anda yang suka foto-foto di tempat yang cantik dan Instagramable. Spot-spotnya juga sangat unik karena berupa property dan set panggung dari film yang mengambil latar waktu tahun 1600-2000an. Uniknya set pasti akan selalu berubah karena menyesuaikan dengan produksi film.

Biaya masuk untuk di sekitar area studio cukup membayar seikhlasnya untuk biaya perawatan gedung. Namun jika ingin masuk ke museum, biaya masuknya yaitu Rp10.000 saja. Studio Alam ini juga menyediakan fasiliitas keliling museum dengan kereta tua cukup dengan membayar Rp5.000 rupiah.

Argowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata yang satu ini seakan membawa anda ke Santorini, Yunani. Bhumi Merapi terletak di Cangkringan, Sleman. Di sini pengunjung bisa berkeliling untuk berfoto. Selain itu pengunjung dapat berinteraksi dengan satwa yang ada di Bhumi Merapi.

Sementara itu, bagian yang paling hits ada di Langlang Buana. Pengunjung akan dibawa untuk merasakan suasana di Santorini karena dari tempatnya, arsitekturnya dibuat colorful dan vintage menyerupai Santorini. Selain dapat berfoto, pengunjung juga bisa sewa kostum ala Yunani untuk dipakai foto.

Tempat ini juga bisa dijadikan untuk prewedding, foto buku album, dan lainnya. Selain spot foto ala di Santorini, Bhumi Merapi juga menyediakan wisata lainnya yaitu outbound, field trip hingga wisata edukasi. Argowisata Bhumi Merapi buka dari hari Selasa hingga Minggu dari pukul 08.30-17.00. Sedangkan untuk biaya masuknya hanya merogoh kocek sebesar Rp30.000. (dwk)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini