Pesona Kawah Ijen, Blue Fire hingga Pesona Alam Memukau

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 408 2337209 pesona-kawah-ijen-blue-fire-hingga-pesona-alam-memukau-yhbbcLtoYG.jpg Kawah Ijen, salah satu objek wisata andalan Banyuwangi (Instagram @kawahijenindonesia)

KAWAH Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur masih aktif. Danau di puncak Gunung Ijen yang kedalamannya mencapai 200 meter dengan luas 5.466 hektare, salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Kawah Ijen masuk ke dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen seluas 2.560 hektare, termasuk hutan wisatanya yang memiliki luas 92 hektare. Setiap tahunnya selalu ada peningkatan jumlah pengunjung ke sini.

Baca juga:  Gisel Akui Bikin Video Porno, Ini Sejumlah Destinasi Wisata Pernah Dikunjunginya

Pemandangan Kawah Ijen bila dilihat dari atas Gunung Ijen sangat memesona dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan dilapisi kabut dan asap belerang. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter.

 ilustrasi

Kawah Ijen (javabalidestinations)

Selain itu, terdapat fenomena alam berupa blue fire atau api biru di kawah ini yang sangat tidak boleh dilewatkan begitu saja. Api biru ini muncul di tengah-tengah penambangan sulfur dan hanya bisa dilihat pada dini hari hingga pagi menjelang, sekitar pukul 05.00.

Fenomena ini hanya ada dua di dunia, di Kawah Ijen dan Islandia. Maka tak heran lagi bila fenomena alam ini sangat menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kawah Ijen.

 

Kawah ini juga memiliki suhu yang cukup ekstrem, bahkan suhunya bisa mencapai 5 derajat celcius pada bulan Mei hingga September. Jangan lupa memakai pakaian yang tebal, ya!

Baca juga:  3 Spot Memikat Situ Gunung Sukabumi, Pemacu Adrenalin hingga Air Terjun Menyegarkan

Tidak hanya blue firenya yang cantik, menikmati matahari terbit yang sangat elok di Kawah Ijen juga tidak boleh ketinggalan.

Saat berada di kawasan Kawah Ijen, wisatawan bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka.

Proses penambangan yang dilakukan para penambang juga masih dilakukan secara tradisional, yaitu dengan peralatan-peralatan yang sangat sederhana.

Para penambang juga terkadang memanfaatkan belerang-belerang tersebut untuk dibuat kerajinan tangan yang memiliki berbagai macam bentuk yang unik.

Melansir instagram @kawahijenindonesia, per 1 Oktober 2020 bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen wajib melakukan pemesanan tiket melalui laman tiket.bbksdajatim.org.

Bagi pemesan wajib mengisi data sesuai dengan identitas dan wajib menunjukkan kartu identitas saat di lokasi.

Tiket masuk untuk wisatawan Indonesia dikenakan sebesar Rp 5.000 dan pada akhir pekan sebesar Rp 7.500, sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 100.000 dan Rp 150.000 saat akhir pekan.

Harap diperhatikan juga tanggal pemesanan untuk pendakian agar tidak ada kesalahan atau perubahan jadwal.

Untuk tiket parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp 5.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp 10.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini