7 Destinasi Wisata Terbaik di Natuna, Pantai Pasir Marus hingga Masjid "Taj Mahal"

Salsabila Jihan, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 408 2337302 7-destinasi-wisata-terbaik-di-natuna-pantai-pasir-marus-hingga-masjid-taj-mahal-glqUGGfSpg.jpg Pantai Pasir Marus di Pulau Sedanau, Natuna, Kepulauan Riau (disparbud.natunakab.go.id)

KABUPATEN Natuna di Kepulauan Riau punya keindahan alam memukau. Kepulauan paling utara Selat Karimata ini memiliki beragam objek wisata yang cocok untuk dijelajahi. Mulai dari pantai hingga masjid dengan arsitektur megah bak Taj Mahal di India.

Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan menawarkan keindahan bahari yang sangat menawan. Spot-spot pantainya bak surga dunia.

Baca juga: Pesona Pulau Bawah, Surga Wisata Tersembunyi di Kepri

Dikutip dari akun Instagram @backpacker_indonesia, Jumat (1/1/2021), berikut 7 destinasi wisata terbaik di Natuna yang bisa jadi pilihan buat traveling :

1. Pantai Pasir Marus

Saat singgah di Pulau Sedanau, Pantai Pasir Marus harus masuk ke dalam rencana perjalanan.

"Kamu bisa menyeberang ke Sedanau dengan naik kapal feri dari Pelabuhan Binjai. Tarifnya sekitar Rp 36.000," tulis @@backpacker_indonesia.

Pantai Pasir Marus sendiri terkenal dengan ombaknya yang tinggi sehingga bisa dijadikan lokasi untuk berselancar terbaik di Natuna.

Selain itu, pantai ini juga memiliki bentuk pantai yang landai. Kelandaiannya tersebut tidak terlalu dalam sehingga para wisatawan bisa merasa aman jika ingin bermain air di Pantai Pasir Marus.

2. Tanjung Datuk 

Tanjung Datuk bisa jadi salah satu lokasi sempurna untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke tanjung ini sekitar satu jam perjalanan dari Ranai.

ilustrasi

Tanjung Datuk Natuna (disparbud.natunakab.go.id)

Namun butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke sini karena jalannya sulit dilalui. Memilih kendaraan roda dua bisa menjadi pilihan terbaik karena medannya cukup menantang.

"Mobil bisa sih, tapi sebaiknya yang memang bisa medan offroad," tutupnya.

3. Batu Sindu

Batu Sindu bisa jadi alternatif lainnya untuk menyaksikan keindahan susunan bebatuan yang memiliki beragam bentuk dan ukuran di Natuna.

Terdapat menara mercusuar yang akan membantu Anda untuk melihat lanskap alamnya secara luas dari ketinggian.

ilustrasi

Batu Sindu Natuna (disparbud.natunakab.go.id)

Jarak dari Kota Ranai hanya 3 kilometer. Aksesnya cukup mudah untuk dicapai sehingga perjalanan terasa menyenangkan.

4. Pulau Senua

Menurut legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar, pulau yang sangat indah ini memiliki bentuk seperti perempuan hamil yang sedang berbaring.

Walaupun begitu, Pulau Senua ini tetap menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat melakukan perjalanan ke Natuna.

Baca juga: Viral Curhat Pramugara Ganteng Korban PHK: Aku Harus Pulang ke Indonesia!

Air laut yang jernih, pasir putih yang halus, dan air yang juga tenang menjadikan pulau ini cocok untuk snorkeling. Terdapat juga berbagai jenis terumbu karang yang menambah kemewahan alam bawah lautnya.

"Kamu bisa ke sini dengan menyewa perahu dari Pelabuhan Sepempang."

5. Wisata Mangrove Semitan

Wisata Mangrove Semitan ini dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat. Mereka ingin melestarikan kekayaan alamnya ini sekaligus memberikan edukasi kepada wisatawan.

Mereka juga menyediakan homestay untuk para wisatawan agar bisa lebih mengenal adat dan budayanya.

"Jangan lupa untuk mencicipi kuliner tradisionalnya ya."

Selain itu, banyak ragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, seperti menyusuri sungai dengan perahu, menikmati rindangnya hutan bakau, dan melihat keanekaragaman fauna yang hidup di kawasan hutan ini.

6. Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna ini menjadi ikon milik Kabupaten Natuna yang dibangun pada 2007 dan selesai pada 2009.

ilustrasi

Masjid Agung Natuna (simas.kemenag.go.id)

Masjid Agung ini juga sering dijuluki sebagai Taj Mahalnya Natuna, sebab terdapat sungai yang diapit oleh dua jalan menuju ke dalam masjid.

Masjid yang megah ini juga menyuguhkan pemandangan Gunung Ranai yang menambah keindahan bagunan ini.

7. Pantai Sisi

Ombak laut yang tenang dengan pasir berwarna putih menjadi keunggulan yang dimiliki Pantai Sisi. Perpaduan warna biru terang hingga gelap air laut menjadi keindahan yang tiada duanya.

Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang tujuh kilometer ini pernah dinobatkan sebagai salah satu pantai alami terbaik (Best Undiscovered Beach) di dunia versi Majalah Island pada tahun 2006.

Keindahan laut di bibir pantainya juga sangat memanjakan mata. Saking jernihnya air di pantai ini, dapat menampakkan dasar lait dengan pasit dan terumbu karang di bawahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini