Gudeg hingga Nasi Tiwul, Kuliner Yogyakarta Terlezat Sepanjang Masa

Adella Christyanti, Jurnalis · Minggu 03 Januari 2021 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 301 2338039 gudeg-hingga-nasi-tiwul-kuliner-yogyakarta-terlezat-sepanjang-masa-sFRT72PXPX.jpg Bakmi Jogja. (Foto: Foodandtraveller)

YOGYAKARTA tak sekadar memiliki keindahan alam menakjubkan. Melainkan ada sederet kuliner Yogyakarta terlezat sepanjang masa dan wajib diburu.

Tak asing lagi, kalau Anda liburan ke Yogyakarta pasti mencari waung gudeg terenak dan legendaris. Jangan cuma itu sjaa, ada sederet kuliner Yogykarta lainnya yang patut Anda coba.

Kali ini, Okezone akan merekomendasi bagi pencinta kuliner, apa saja kuliner Yogyakarta ini. Berikut 8 ulasannya, dilansir dari Youtube Nuozk Channel.

Gudeg

 gudeg

Makanan ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Makanan yang wajib dicoba saat kamu dating ke Yogyakarta, gudeg. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Biasanya makanan ini dinikmati bersama dengan nasi hangat, ayam kampung, kuah santan kental, krecek, tempe, dan tahu bacem.

 

Bakpia Pathuk

Bakpia pathuk terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibungjus dengan tepung, kemudain dipanggang. Bentuknya yang bulat pipih bisa jadi ide untuk oleh-oleh. Makanan ini memiliki varian rasa seperti kacang hijau, keju, cokelat, nanas, dan durian.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Khas Yogyakarta, Ada yang Eksis Sejak Era Kerajaan Mataram

Bakmi Jogja

 bakmi

Bakmi khas Yogyakarta adalah bakmi rebus atau goreng yang dimasak dengan bumbu khas jawa. Ciri khas makanan satu ini adalah mi tersebut dimasak di atas tungku tanah liat dan menggunakan api yang berisi arang. Tidak hanya itu juga, ciri khas lainnya biasanya menggunakan daging ayam kampung dan telur bebek

Sambal goreng krecek

Makanan satu ini terbuat dari kerupuk rambak, santan, cabe, lengkuas, terasi. Makanan ini memiliki rasa asin, pedas dan gurih. Biasanya makanan ini dinikamti dengan nasi hangat, ayam kampung dan gudeg.

Yangko

Makanan ini terbuat dari tepung ketan. Bentuknya yang kotak, dan rasanya manis ini memiliki tektur yang kenyal dan dibaluri dengan tepung ketan. Tidak hanya itu yangko ini juga memiliki varian lain seperti kacang, coklat, pandan, keju, stoberi dan masih banyak lainnya.

Geplak Jogja

 geplak

Geplak khas Yogyakarta terbuat dari kelapa parut, tepung dan gula. Bentuknya yang bulat dengan warna dan rasa yang berbagai macam seperti jahe, kacang, pandan, stroberi, durian, dan lainnya. Biasanya makanan ini dikemas dengan menggunakan besek dari bambu.

Baca Juga: 5 Angkringan Ikonik di Yogyakarta, Murah Dijamin Kenyang! 

Nasi tiwul

Nasi tiwul terbuat dari singkong yang dikeringkan, rasanya manis, namun makanan ini hanya bisa dinikmati dengan kelapa parut. Tapi jangan khawatir, ternyata kini makanan khas Yogyakarta ini sudah bisa disugguhi bersama keju, cokelat, susu, urap, ikan asin, dan ayam bakar.

Jadah tempe

Jadah tempe adalah gabungan dari dua jenis makanan yaitu dengan olah ketan dan tempe. Ketan ini ditaburi parutan kelapa dan tempe yang diolah dengan cara di bacem. Jadah yang lembut dan gurih, berbanding terbalik dengan tempe bacem yang bertekstur kasar dan manis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini