Share

5 Tempat Wisata Memukau di Gorontalo yang Selalu Ramai Pelancong

Ersa Ambarita, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 408 2338405 5-tempat-wisata-memukau-di-gorontalo-yang-selalu-ramai-pelancong-lpJtUqDVxF.JPG Masjid Walima Emas di Gorontlao (Foto: Instagram/@ssi_1933)

GORONTALO atau yang kerap dijuluki 'Serambi Madinah' menjadi salah satu provinsi yang dianugerahi alam hijau nan memukau. Ada begitu banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi saat berkunjung ke Gorontalo. Beberapa objek wisatanya bahkan tak kalah menarik dengan pemandangan di luar negeri.

Seperti kehadiran wisata bahari, religi, dan ragam destinasi lainnya. Semua keindahan dalam destinasi tersebut akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan dalam petualangan liburan.

Jika berencana menghabiskan liburan ke tempat ini, maka tempat yang populer dan kerap dipadati para pelancong menjadi jujugan untuk tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Berikut Okezone rangkumkan 5 tempat wisata yang populer di Gorontalo dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Pulo Cinta

Pulo Cinta atau Pulau Cinta terletak di Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo. Ada begitu banyak hal menarik yang dapat dilakukan ketika mengunjungi tempat ini. Mulai dari menjelajah hutan, menikmati keindahan pantai, snorkeling, bermainan ayunan, dan masih banyak lagi. Semua kegiatan tersebut akan kian sempurna jika pengunjung menggunakan fasilitas Eco Resort.

Baca juga: Liburan Manja Marshanda di Pulo Cinta Gorontalo

Pulau Cinta

(Foto: Instagram/@isal_gorontalo)

Tempat ini menjadi resort pertama dan satu-satunya di Pulau Cinta. Cottage Yang yang terbuat dari kayu beratapkan sirap dan jerami ini akan membuat pengunjung merasakan suasana khas pedesaan. Selain itu, berburu gambar dengan latar alam yang indah menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Gundukan pasir putih yang berbentuk hati dengan spot unik di pantai akan memberikan kesan romantis pada foto yang diambil.

Pulau Saronde

Yang juga mencuri hati para pelancong saat berkunjung ke Gorontalo adalah menginjakkan kaki di Pulau Saronde. Sebuah pulau indah yang menawarkan hamparan pasir putih yang bersih dengan laut biru yang jernih. Selain itu, jembatan kayu yang membentang di atas perairan akan memberikan sensasi yang tak terlupakan ketika berdiri di atasnya.

Pulau Saronde

(Foto: Instagram/@dilapawennari)

Anda akan dimanjakan dengan semua potret pulau yang begitu cantik dan menawan. Untuk membuat pengalaman semakin berkesan, pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbenam melalui jembatan. Semua panorama alam eksotis tersebut bisa ditemukan di Kecamatan Ponelo, Gorontalo Utara.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Utara Gandeng BUMDes Kelola Pariwisata

Pantai Botubarani

Pantai Botubarani merupakan pesisir yang menghadap langsung ke Teluk Tomini. Air laut yang bersih dan ombak yang tenang menjadi ciri khas yang dimiliki tempat ini. Pepohonan hijau yang memagarinya akan memberikan kesejukan yang membuat kaki selalu ingin tinggal lebih lama.

Botubarani

(Foto: Instagram/@classicboats)

Uniknya lagi, di tempat ini pengunjung bisa melihat secara langsung keberadaan ikan paus yang jinak. Biasanya kehadiran ikan paus ini ada di bulan Mei hingga Juli. Nantinya wisatawan akan menaiki perahu dan dibawa nelayan ke tengah laut. Tentunya Anda juga dapat memberikan ikan-ikan tersebut.

Setelah itu, Anda bisa rehat di dermaga sembari menyantap makanan dan menikmati keindahan pantai. Pantai Botubarani berlokasi di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, sekitar 12 km dari pusat Kota Gorontalo dengan waktu tempuh selama 20 hingga 30 menit dengan perjalanan darat.

Taman Laut Olele

Taman Laut Olele ada di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Salah satu tempat favorit para penyelam professional untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Di taman laut ini ada begitu banyak kekayaan biota laut yang menakjubkan.

Taman laut Olele

(Foto: Instagram/@agusulliel)

Tak hanya memiliki terumbu karang dengan ikan-ikan cantik, taman laut ini pun memiliki bunga karang Salvador Dali Sponge, yang hanya ditemukan di tempat ini. Inilah menjadi salah satu daya tarik utama taman yang tidak boleh dilewatkan ketika menapakkan kaki di sini.

Masjid Walima Emas

Selain dikaruniai alam yang memesona, Gorontalo memiliki destinasi yang istimewa. Salah satunya adalah Masjid Walima Emas yang dibangun pada ketinggian 250 kaki di atas permukaan laut. Masjid ini berada di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo.

Masjid Walima Emas

(Foto: Instagram/@adhievkhan)

Dengan nuansa religi pengunjung bisa menikmati alam Gorontalo dari atas masjid. Deretan rumah warga dengan jejeran perahu nelayan di bibir pantai akan terlihat jelas ketika berada di tempat ini.

Latar alam yang indah dengan desain bangunan masjid yang unik membuat tempat ini kerap digunakan sebagai tempat pemotretan dan pra-wedding. Selain itu, di hari libur besar, seperti Maulid Nabi, masjid ini sangat ramai dikunjungi. Nantinya, ketika memasuki desa, pengunjung dapat menemukan ornamen kolombengi yang sangat khas di tempat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini