Pesona Curug Putri Carita, The Little Green Canyon di Banten

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 408 2338561 pesona-curug-putri-carita-the-little-green-canyon-di-banten-tF81KKulJK.jpg Curug Putri Carita di Tahura, Sukarame, Pandeglang, Banten (Instagram @curugputricarita)

TIDAK hanya Pantai Anyer, Banten memiliki banyak wisata lainnya yang tak kalah menggoda untuk dicoba. Salah satu yang bisa jadi pilihan liburan adalah Curug Putri Carita.

Lokasinya berada di Kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura), Desa Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pintu masuk Tahura berada persis di seberang Pantai Carita. Disarankan untuk naik sepeda motor atau berjalan kaki untuk memasuki objek wisata ini.

Baca juga: Periskop 2021: Geliat Wisata Petualangan 2021, Traveler Pilih Mana?

Anda disarankan menggunakan alas kaki yang antislip karena jalan berbatuannya cukup licin. Contohnya sandal atau sepatu gunung. Jangan lupa gunakan pakaian yang nyaman untuk mengunjungi objek wisata ini.

Sebelum sampai di lokasi air terjun, wisatawan akan melewati pemandangan hutan yang sejuk. Kita juga akan disambut dengan suara-suara binatang di sepanjang perjalanan. Panorama yang asri dan air yang jernih dapat membuat suasana hati menjadi tenang dan nyaman.

Curug ini memiliki aliran air yang menjadi sungai dan juga air terjun. Tidak hanya itu, Curug Putri Carita memiliki keunikan lain yaitu alirannya yang diapit dua tebing batu tinggi indah. Makin dekat ke arah air terjun, tebing batu ini akan semakin menyempit. Curug ini pun mendapat julukan The Little Green Canyon.

“Curug ini unik banget karena terbentuk dari lava yang membeku dan kemudian menjadi aliran sungai dan batuan cantik seperti ini. Karena lokasinya cukup ekstrim, kamu wajib pakai guide dan life jacket.” dikutip Okezone dari video akun Instagram @curugputricarita.

Baca juga: 3 Tempat Nongkrong Asyik Bertema Alam di Bogor, Wajib Coba!

Wisatawan akan mendapat sensasi berenang di air yang jernih dengan suara air terjun. Ditambah tebing-tebing indah berkelok bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Gradasi antara warna aliran sungai yang biru jernih, tebing kecoklatan, dan pepohonan di sekitarnya jangan sampai lupa diabadikan.

Dengan berbagai keindahannya, Curug Putri Carita tentu bisa jadi ide wisata yang tepat untuk Anda dan keluarga. Bagi yang tidak mahir berenang akan ada petugas untuk memandu menyusuri aliran sungai.

Aliran sungainya terbagi dalam dua bagian. Ada lima sampai tujuh meter di bagian sungai pertama dan sepuluh hingga lima belas meter pada bagian sungai kedua.

ilustrasi

Wisatawan bisa membawa bekal makanan atau juga bisa jajan di warung kopi dan makanan di sekitar objek wisata.

Dibutuhkan biaya sebesar Rp 50 ribu per orang. Harga ini sudah termasuk life jacjet dan jasa guide. Bagi pengunjung yang memilih naik ojek untuk memasuki objek wisata ini dibutuhkan biaya Rp 40 ribu untuk pulang dan pergi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini