Periskop 2021: 10 Kuliner Tradisional Makin Bersinar Tahun Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 406 2338973 periskop-2021-10-kuliner-tradisional-makin-bersinar-tahun-ini-rL9HJdVepp.JPG Sei Sapi dengan aneka sambal (Foto: Instagram/@seisapiku)

BERKUNJUNG ke suatu destinasi wisata, tak lengkap kalau traveler tak berburu kuliner. Saking hits-nya sampai-sampai pelaku kuliner berinovasi membuat kuliner tradisional dengan gaya hidangan kekinian.

Sebut saja seblak, sei sapi, hingga nasi bebek khas Madura yang banyak dijumpai di banyak tempat. Masing-masing berasal dari banyak daerah di Tanah Air.

Bahkan deretan kuliner tradisional tersebut diprediksi akan semakin bersinar alias tren di 2021. Penasaran apa saja jenis kuliner yang bakal hits tahun ini? Yuk simak!

Seblak

Hmm.. siapa sih yang tak tahu kuliner asal Bandung satu ini. Penjual seblak banyak ditemui di pinggir jalan. Seblak dengan cita rasa gurih dan tambahan bumbu cikur atau kencur ini biasa dihidangkan dengan isian bakso, sosis, telur, kwetiau, ceker atau bahkan mi instan yang menggugah selera loh!

Baca juga: Periskop 2021: Geliat Wisata Petualangan 2021, Traveler Pilih Mana?

Sei sapi

Pernah mendengar hidangan sei sapi? Apa sih sei sapi itu? Namanya memang aneh, tapi ternyata sei sapi adalah daging asap khas NTT. Belakangan sei sapi bahkan viral di media sosial. Sei sapi khas NTT dibawa ke berbagai kota besar di Indonesia. Sei sapi biasanya dihidangkan dengan nasi, sambal, lalapan sayur daun singkong dan kombinasi lauk lainnya.

Pemilik Se'i Sapiku Tomliwafa menjelaskan, sei sapi merupakan hidangan daging asap khas NTT yang cocok di lidah siapapun. Meski konsep restorannya kekinian, Tomliwafa yakin bahwa dirinya tak menghilangkan cita rasa autentik sei sapi NTT.

Sei Sapi

(Foto: Instagram/@duniakulinerbdg)

"Kami membuat daging asap ini dengan quality control dari pusat juga sangat ketat," sebut Tomliwafa lewat keterangan resminya.

Diintip Okezone dari laman Instagram @seisapiku, banyak varian sei sapi yang menjadi andalan. Kuliner ini pun diprediksi makin banyak diburu di 2021 loh!

"Coba aja bayangin daging asap yang nikmat ditambah sambal khas nusantara yang menggoyang lidah, udah gitu harganya murah, auto kenyang nikmat!⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣," tulis keterangan fotonya.

Baca juga: Mencicipi Seblak di Kedai Janda, Punya 40 Topping

Nasi kulit

Terbayang makan kulit ayam? Kriuk, enak banget! Apalagi kalau makannya pakai nasi, sambal bawang atau terasi, kol goreng, ditambah topping paru goreng, rendang atau ayam goreng. Duh, jadi lapar kan?

Nasi Kulit

(Foto: Instagram/@nasikulitsyuurga)

Ya, nasi kulit belakangan memang viral di media sosial. Di 2021 nasi kulit juga akan diprediksi semakin tren, karena banyaknya kedai yang menjual hidangan nasi kulit yang dipadukan dengan lauk khas Indonesia, seperti rendang yang nendang.

Di Jakarta, menurut Okezone, nasi kulit yang enak banget dan harganya pas adalah Nasi Kulit Pas Kantong. Saking enaknya, makan seporsi dijamin kurang, apalagi pas lagi lapar-laparnya. Untuk menunya, pilih nasi kulit rendang, recommended!

Nasi bebek khas Madura

Traveling ke Surabaya atau ke Madura, pasti Anda penasaran dengan cita rasa nasi bebek. Nasi bebek ini bahkan di kota-kota besar juga sudah bermunculan. Nasi bebek khas Madura berbeda dari hidangan nasi bebek lainnya.

Anda akan menikmati rasa pedas dari siraman bumbu hitan yang khas banget. Lebih lengkap lagi makannya pakai serundeng, lalapan dan sambal ijo. Duh, nagih!

Baca juga: Berburu Kuliner Jakarta Timur di Sini Tempatnya

Es klepon dan es kopi susu

Klepon jajanan pasar yang jarang ditemui traveler. Tapi kalau es klepon mungkin Anda sering lihat di kafe-kafe.

Head of Marketing Toffin Ario Fajar menjelaskan menyebut bahwa minuman dengan aneka topping dan krim, serta minuman kopi klasik seperti latte dan cappucino, masih disukai.

Es Klepon

(Foto: Instagram/@kopisoe)

"Tren 2021 tetap kopi susu kekinian, dengan penambahann flavor lainnya. Bahkan ada minuman kekinian, misalnya klepon latte itu booming," tutur Ario.

Ario mengatakan, banyak orang suka minum es kopi susu karena rasanya soft di mulut. Selain itu, para penggemar es kopi susu adalah peminum kopi mereka Generasi Z dan Y.

Bakso

Siapa sih yang enggak doyan bakso? Dari anak-anak hingga orangtua sangat menyukainya. Aneka bakso topping lobster atau cumi bahkan sempat viral di 2020. Begitu juga bakso aci, yang mana di 2021 ini juga bakalan makin hits loh!

Martabak

Martabak telor dan martabak manis jadi camilan favorit banyak kalangan. Kalau tradisionalnya topping martabak hanya sekadar kacang cokelat, kini varian topping martabak manis juga beragam. Lalu martabak telor yang gurih juga hanya disajikan dengan topping daging, kini biasa ditambah keju mozarella dan saus mentai ala Jepang. Endes!

Aneka jajanan SD

Beragam camilan favorit anak SD yang juga masih disukai hingga dewasa, juga diprediksi makin tren di tahun ini. Coba ingat-ingat lagi gimana rasanya cilok, cireng, papeda, lekker, kue cubit, kue pukis dan beberapa camilan lainnya. Anda suka yang mana?

Kue Cubit

(Foto: Instagram/@kuecubitakudong)

Bakwan Pontianak

Ngemil bakwan? Enak dan mengenyangkan. Begitu kata banyak orang. Di Pontianak terdapat bakwan dengan topping tak biasa. Rasa dan ukurannya pun bisa mengenyangkan perut. Bahkan sekarang ini ada kedai bakwan pontianak viral dengan sajian topping rebon, udang, hingga daging pepperoni. Ditambah dengan cocolan saus tauco, gurih dan mantap!

Tahu goreng pedas

Setipe dengan bakwan Pontianak, tahu goreng pedas atau lebih dikenal tahu jeletot juga makin hits di 2021. Bedanya Anda makan tahu dengan tepung kremes yang bikin lidah ketagihan. Ada tambahan topping sayur tumis pedas yang menggoda selera. Hayo, jadi makin pengin kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini