5 Objek Wisata di Bengkayang Tutup karena COVID-19

Antara, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 406 2339057 5-objek-wisata-di-bengkayang-tutup-karena-covid-19-nB0myQspBO.jpg Spanduk penutupan objek wisata di Kecamatan Lumar, Bengkayang, Kalimantan Barat (Antara)

TERDAPAT lima objek wisata di Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat dilakukan penutupan sementara dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Benar sejumlah tempat wisata di Kecamatan Lumar ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pengumuman melalui spanduk di lokasi obyek wisata dalam upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19,” ujar Ketua Pokdarwis Desa Tiga Berkat, Ani saat dihubungi di Bengkayang, Selasa (5/1/2021).

 Baca juga: Periskop 2021: 10 Kuliner Tradisional Makin Bersinar Tahun Ini

Ani menjelaskan awalnya tanggal 1 dan 2 Januari 2021 sebelum ditutup memang pengunjung sempat ramai. Berhubung membeludak, kemudian ada himbauan perlu ditutup tempat wisata.

“Namun pengunjung tetap membeludak sehingga pemerintah kecamatan menutup sejumlah destinasi wisata tersebut. Pada sisi lainnya tidak dipungkiri obyek wisata yang ada telah menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat yang ada di sekitar tempat wisata,” kata dia.

 

Ia menyebutkan ada lima titik obyek wisata yang ditutup termasuk lokasi wisata baru.Obyek wisata tersebut di antaranya Bendungan Madu, Air Terjun Tafsa atau Batu Timah, Riam Tafsa, Gunung Bawang dan Gunung Siri.

Baca juga: Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021, Yuk Rencanakan Liburanmu

“Obyek wisata yang ada di Kecamatan Lumar ini memang terbilang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat Kota Bengkayang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Esidorus yang juga berasal dari Kecamatan Lumar ini menyatakan bahwa aktivitas berwisata sangat baik karena dapat menggerakkan sektor ekonom dan lainnya.

Di sisi lainnya mau tidak mau karena kondisi pandemi, objek wisata terpaksa harus ditutup supaya tidak terjadi kasus baru COVID-19 di Kabupaten Bengkayang.

"Demi mencegah terjadinya penyebaran dan kasus baru COVID-19, jadi sementara tempat wisata di Kecamatan Lumar terpaksa ditutup sampai waktu yang belum ditentukan," katanya.

"Kita terus mengimbau masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19 yang sudah ditetapkan pemerintah,” ajak dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini