4 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 406 2340010 4-negara-dengan-paspor-terkuat-di-dunia-WuzacPqz01.jpg Scan paspor (Interpol)

PASPOR merupakan salah satu dokumen yang wajib dibawa saat ke luar negeri. Tapi, tidak semua paspor bisa mudah masuk ke berbagai negara, terutama pada 2020 di mana perjalanan internasional hampir terhenti karena adanya pembatasan untuk menahan laju Covid-19.

Saat Anda terhambat status paspor, untungnya ada solusi, yakni ajukan paspor kedua. Mendapatkan paspor kedua relatif sederhana jika Anda memiliki pengacara imigrasi yang tepat untuk memperjuangkan perjalanan Anda.

Baca juga: Wisatawan Masuk Kanada Wajib Tunjukkan Hasil Tes Negatif Covid-19

Dengan paspor kuat kedua, pilihan perjalanan internasional Anda akan sangat luas.

Bagaimana kekuatan paspor dihitung?

Indeks kekuatan paspor dilihat dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), selain enam wilayah kecil seperti Kosovo, Palestina, dan Kota Vatikan.

Setiap paspor akan diperiksa silang dengan tujuan yang dapat diaksesnya, meskipun tujuan tersebut tidak memiliki paspor sendiri.

Baca juga: Arab Saudi Cabut Larangan Perjalanan Wisata, Syaratnya Ketat

Indeks Paspor Henley memiliki standar emas dalam hal kekuatan paspor dari berbagai wilayah.

Berikut ini empat negara teratas dengan standar paspor terkuat di dunia seperti dilansir dari Traveldailynews.asia, Kamis (7/1/2021)

1. Jepang

Sebelum dampak virus corona, warga Jepang diberikan akses ke 191 negara yang belum pernah ada sebelumnya. Menariknya, Jepang masih mendekati peringkat teratas dalam peringkat terbaru, yakni 128 di samping 129 Selandia Baru.

2. Singapura

Warga Singapura dapat melakukan perjalanan ke 190 tujuan. Dikombinasikan dengan sifat ekonomi yang terbuka, hal ini menjadikan negara ini sebagai tujuan menarik bagi mereka yang ingin berinvestasi di Asia, terutama mengingat status masa depan Hong Kong yang tidak pasti.

3. Korea Selatan dan Jerman

Urutan tiga adalah Korea Selatan dan Jerman. Paspor kedua negara ini memungkinkan masuk ke 189 wilayah.

Mengingat reaksi kedua negara terhadap pandemi Covid-19, mereka juga menjadi salah satu pemain terbaik di tabel liga baru-baru ini.

Tentu saja, kekuatan paspor harus dinilai berdasarkan kebutuhan khusus orang yang memintanya. Jika Anda perlu mengakses sejumlah negara tertentu, maka Anda harus memeriksa paspor mana yang memberi akses ke negara-negara tersebut. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini