8 Barang Ini Wajib Dibawa Pramugari saat Mengudara, Kenapa Ya?

Dinny Ayu Anggarda Paramitha, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 406 2340260 8-barang-ini-wajib-dibawa-pramugari-saat-mengudara-kenapa-ya-qPriuFYvtB.JPG Pramugari sedang bertugas di pesawat (Foto: Reuters)

PERNAHKAH Anda berpikir apa saja isi dari koper yang dibawa seorang pramugari? Mengapa pramugari membawa koper yang cukup besar saat melakukan penerbangannya? Banyaknya barang-barang yang mereka bawa tentunya memiliki alasan tertentu.

Pramugari membawa koper yang besar tentunya untuk melengkapi kebutuhannya selama bertugas. Tak hanya barang pribadi, ada juga barang wajib yang harus dibawa pramugari selama penerbangan.

Pramugari yang juga Putri Indonesia asal Bangka Belitung, Verawati membagikan tipsnya lewat channel YouTube pribadinya. Apa saja barang wajib tersebut? Berikut Okezone rangkumkan untuk Anda.

1. Seragam

Seragam cadangan wajib dibawa ketika bekerja untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Setiap penerbangan tentunya memiliki ketentuan masing-masing untuk seragam cadangan yang dibawa. Misalnya, perusahaan penerbangan mewajibkan membawa seragam cadangan yang berbeda warna dari seragam yang sedang digunakan.

2. Sandal

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada beberapa perusahaan yang pramugarinya menggunakan sandal saat di dalam pesawat. Pramugari dengan potongan seragam yang rapi tentunya juga mengenakan sepatu hak tinggi sekitar 5-7 centimeter.

Baca juga: Begini Nasib 11 Pria yang Didakwa Perkosa Pramugari Cantik hingga Tewas

Namun, ketika di dalam pesawat mereka sesegera mungkin mengganti sepatu hak tinggi tersebut dengan sandal yang mereka bawa. Tentunya hal ini untuk mempermudah mereka dalam mengerjakan tugasnya saat penerbangan.

Pramugari

3. Dokumen

Beberapa dokumen penting untuk menunjang perkejaan tentunya menjadi barang yang wajib dibawa selama penerbangan. Hal ini agar orang-orang tahu bahwa mereka adalah kru resmi dalam penerbangan. Dokumen tersebut antara lain, sertifikat personal awak kabin, sertifikat kesehatan, safety training control book, certificate of SRT, flight attendant announcement book, dan smart pocket book for flight attendant.

4. Paspor dan ID Card

Paspor wajib dibawa saat penerbangan domestik maupun internasional. Vera menjelaskan, jadwal penerbangan sewaktu-waktu dapat berubah saat sampai di bandara.

Hal ini dapat terjadi jika pramugari menggantikan jadwal rekannya yang tidak dapat melakukan penerbangan. Kemudian, ID card atau kartu identitas tentunya dibawa agar orang dapat mengetahui bahwa pramugari tersebut memiliki legalitas untuk melakukan tugasnya.

Baca juga: Kuil Pemujaan Dewi Yunani Kuno Berusia 2.500 Tahun Ditemukan di Turki

5. Senter

Senter dibutuhkan saat terjadi keadaan darurat atau ketika penerbangan di malam hari. Senter digunakan untuk mengecek keadaan penumpang karena saat malam hari, lampu pesawat dimatikan. Para pramugari dapat melihat bagaimana penumpang saat malam hari menggunakan senter yang dibawanya.

6. Overcoat/baju dingin

Baju dingin dibawa untuk penerbangan dengan suhu di bawah 12 derajat celsius. Baju ini dipakai saat menginjakkan kaki di luar pesawat, dan segera dibuka begitu memasuki pesawat. Syal juga digunakan untuk melengkapi baju dingin. Syal tersebut juga dapat digunakan untuk penutup kepala atau hijab saat penerbangan haji.

7. Jam tangan analog

Perlunya diketahui, ternyata jam tangan yang digunakan oleh pramugari memiliki ketentuan-ketentuan atau syarat khusus untuk mengenakannya. Regulasi itu antara lain, jam tangan harus memiliki jarum detik, menit, dan jam, harus menggunakan angka lengkap dari 1-12, dan harus berbentuk jam analog.

Pramugari

8. Stocking

Barang terakhir yang wajib dibawa saat penerbangan ialah stocking. Stocking atau celana kaus ketat wajib dibawa dan dipakai saat penerbangan untuk rute internasional yang memakan waktu penerbangan yang panjang.

Itulah barang-barang wajib yang harus dibawa pramugari saat melakukan penerbangan. Barang-barang tersebut tentunya memiliki ketentuan masing-masing dari perusahaan penerbangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini