Curhat Pelaku Wisata Surfing ke Sandiaga Uno: Kenapa Kami Harus Tutup?

Salsabila Jihan, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2021 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 406 2340269 curhat-pelaku-wisata-surfing-ke-sandiaga-uno-kenapa-kami-harus-tutup-zS0ywSorAh.jpg Pak Nunung, pelaku wisata yang terdampak pandemi. (Foto: Instagram sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menerima aspirasi dari salah satu pelaku usaha yang terkena imbas dari pandemi Covid-19 di Indonesia, Nunung.

Nunung merupakan seorang pengelola SurfWG Bali Surf Camp. Ia telah kehilangan mata pencahariannya ini selama 9 bulan.

 Pelaku wisata

"Karena kondisi sekarang lagi benar-benar tidak ada yang bisa diharapkan sama sekali. Jadi kenapa kami harus tutup?" ujar Pak Nunung dalam video yang dibagikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada akun Instagram pribadinya @sandiuno yang diunggahnya.

"Operasional kami juga sudah tidak memungkinkan, kemudian karyawan juga tidak mungkin. Dari mana kami harus dapatkan itu," keluh Pak Nunung, sapaan akrabnya.

Ia sangat berharap pandemi ini bisa berlalu dan bisa hidup normal kembali dan berharap tempatnya bisa beroperasi kembali.

Menanggapi curahan hati pengelola SurfWG Bali, Menparekraf Sandiaga Uno mengaku sering mendengar nama SurfWG. Dalam videonya tersebut ia juga menambahkan solusi yang ia berikan kepada Pondok Sari, Pemuteran Bay.

"Akhirnya solusinya, saya datang ke sana sebelum menjabat. Saya kira bulan November, saya bikin YouTube di sana. Alhamdulillah, sekarang sudah mulai bangkit lagi, waktu sebelumnya tutup. Setelah saya datang, sekarang katanya, saya diberi kabar 35-40% occupancy rate-nya," kata Sandi.

Ia juga memberi pertanyaan tentang bagaimana cara agar kita semua dan seluruh pelaku usaha yang ingin menyelamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa berkolaborasi dan bangkit lagi.

Sandiaga juga bercerita ia baru saja pulang dari Bali, namun ia tidak bertemu dengan Pak Nunung. Ia merasa terenyuh saat mendengar cerita langsung dari Pak Nunung.

"Jadi kalau yang gede-gede mungkin sudah banyak yang memfasilitasi. Tapi justru yang seperti Pak Nunung ini kita mesti all out bantu karena lapangan kerja yang diserap oleh sektor pariwisata ini sangat banyak."

"Ekonomi kreatif bertumbuh jika sektor pariwisata juga bisa membangun ekosistem bareng-bareng pariwisata," tutup Sandiaga.

Dalam keterangan unggahannya ia juga menambahkan, membangkitkan kembali usaha-usaha mikro dan kecil yang telah menciptakan banyak lapangan kerja, namun harus terhenti akibat pandemi Covid-19 merupakan PR untuk dirinya ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini