Wisata Kuliner di Bekasi, 5 Makanan Khas Ini Patut Dicoba

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 301 2341097 wisata-kuliner-di-bekasi-5-makanan-khas-ini-patut-dicoba-Tv9sBQyqlc.jpg Gabus Pucung (Foto Makan Ajib)

BEKASI bukan hanya terkenal dengan kawasan industrinya. Kabupaten dan kota di Jawa Barat ini juga punya sederet kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Rasanya kental dengan sentuhan Betawi dan Sunda. Jadi tak ada salahnya untuk jalan-jalan di Bekasi sambil wisata kuliner.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 5 makanan khas Bekasi yang bisa Anda coba dan bahkan dijadikan oleh-oleh :

Gabus Pucung

Gabus Pucung tercatat sebagai salah satu dari 96 warisan budaya Indonesia. Gabus Pucung juga dikenal sebagai salah satu warisan budaya Betawi yang hingga kini cukup jarang ditemukan. Gabus pucung merupakan lauk sekaligus sayur untuk teman makan nasi. Makanan ini termasuk masakan ikan dengan tekstur kuah mirip rawon dengan warna kuah yang gelap.

Baca juga: 5 Jajanan Tradisional Khas Yogyakarta, Ada yang Eksis Sejak Era Kerajaan Mataram

Rasa asin, gurih, dan pedas cukup dominan. Warna hitamnya berasal dari pucung atau kluwek.

Biasanya satu porsi berisi sepotong bila ikannya besar. Bisa pilih bagian ekor, tengah, dan kepala, jika ikan gabusnya kecil ya disajikan satu ekor.

Gurih kuahnya berasal dari bumbu kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit daun salam. Sebagai penghias warna lain, biasanya berupa cabe utuh dan daun bawang yang dipotong kecil dengan sereh.

Makanan ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi “nyorong” pada masyarakat Betawi. Nyorong yang artinya memberikan atau mengantarkan makanan oleh anak kepada orang tua atau oleh menantu kepada mertua menjelang bulan puasa atau lebaran sebagai pengikat tali silaturahmi.

Kue Telur Gabus

Walau bernama telur gabus, kue ini bukan berbahan telur ikan gabus. Kue ini dibuat dari tepung tapioka yang dicampur bersama margarin dan telur ayam.

ilustrasi

Kue Telur Gabus (zonamakan.com)

Kue ini umumnya berbentuk panjang, berwarna putih kekuningan, serta teksturnya mirip gabus alias Styrofoam. Umumnya, kue ini memiliki cita rasa gurih saja dan dengan bertambahnya waktu, varian cita rasanya mulai beragam.

Baca juga: 5 Kafe dan Resto Rooftop di Yogya, Asyiknya Nongkrong Sambil Menikmati Pemandangan

Kini, kamu bisa menemukan kue ini dengan cita rasa keju dan bahkan, ada pula yang bercita rasa manis dan bertabur wijen di atasnya. Kue ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan di sore hari.

Kue Dongkal

Kue legendaris ini berada di Bekasi, sebagai kue jajanan pasar sudah jarang orang orang menyajikan Dongkal. Kue Dongkal juga disebut dengan Dodongkal, sementara di daerah Priangan, kue ini kenal sebagai kue Awug.

ilustrasi

Kue Dongkal

Dongkal berbentuk kerucut mirip dengan bentuk tumpeng dan terbuat dari beras yang ditumbuk halus dengan gula aren sebagai isiannya. Diolah dengan tempat yang disebut sebagai aseupan begitu orang Sunda menyebutnya atau dikukus di dandang.

Setelah matang, Dongkal berbentuk unik yakni warna merah dan juga putih dan dicampur dengan parutan kelapa. Kue ini dijual dengan varian rasa lain dan sangat cocok disantap dengan kopi atau teh panas.

Kue Rangi

Pada dasarnya, masyarakat asli Bekasi adalah masyarakat urban Betawi dan Sunda, maka tak heran jika makanan khas Bekasi kebanyakan juga adalah makanan ala Betawi. Demikian dengan Kue Rangi, kue kelapa lezat khas Betawi ini sudah makin sulit ditemukan, bahkan di Bekasi sendiri.

Kue rangi adalah kue yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji, kemudian dicetak di dalam cetakan khusus (seperti cetakan kue pukis namun lubangnya lebih dangkal). Kemudian dibakar, setelah itu dilumuri saus gula merah yang lembut di mulut.

 ilustrasi

Bandeng Rorod

Salah satu ikon oleh-oleh khas Bekasi adalah Bandeng Rorod. Bandeng Rorod adalah sajian ikan bandeng isi tanpa duri yang jadi makanan khas Bekasi Jawa Barat.

Buat kamu yang suka sama Ikan Bandeng, Bandeng Rorod ini merupakan pengembangan varian produk berbahan baku ikan bandeng yang pasti bakal kamu gemari banget. Bandeng ini lebih nikmat disantap karena menggunakan teknik presto untuk menghilangkan duri.

Bandeng juga diberi tambahan bumbu tertentu sehingga rasanya menjadi lebih lezat. Sebagai oleh-oleh, Bandeng Rorod sering dijual dalam kemasan kotak dengan isi 2-4 Bandeng per kotaknya dan biasanya tersedia rasa Bandeng Rorod original dan pedas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini