Begini Suasana Stasiun Gambir Hari Pertama PPKM Jawa-Bali

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 406 2342497 begini-suasana-stasiun-gambir-hari-pertama-ppkm-jawa-bali-9UQg5jGyUS.jpg Suasana Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin 11 Januari 2021 (Okezone.com/Giri Hartomo)

PENERAPAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali berlaku mulai hari ini. Semua sektor publik dibatasi, termasuk layanan operasional kereta api. Traveler yang mau naik kereta wajib ada surat hasil rapid test antigen atau PCR negatif Covid-19 sebelum berangkat.

Dampak dari kebijakan tersebut, masyarakat enggan bepergian dan berpengaruh pada berkurangnya penumpang transportasi umum.

Baca juga: Larangan Masuk WNA ke Indonesia Diperpanjang hingga 28 Januari

Pantauan MNC Portal Indonesia, Senin (11/1/2021) di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, suasanya agak sepi dibandingkan hari-hari normal. Sampai pukul 12.00 WIB tadi, terlihat hanya beberapa penumpang yang sedang menunggu kereta di ruang tunggu.

ilustrasi

Penumpang antri rapid antigen di Stasiun Gambir (Okezone.com/Giri)

Di depan pintu masuk Stasiun Gambir, terlihat tulisan yang pemberitahuan mengenai syarat bagi penumpang yang ingin berpergian menggunakan kereta api.

Persyaratan itu sengaja dipasang untuk memberikan informasi kepada calon penumpang dari mulai di pintu masuk keberangkatan hingga di tempat khusus rapid test antigen.

Terlihat ada sejumlah penumpang sedang menunggu giliran rapid antigen.

Baca juga: Jumlah Penumpang Domestik di Bandara Kualanamu Turun 50 Persen

Di sampin lokasi rapid tes antigen, terdapat sebuah pengumuman mengenai jadwal pemeriksaan yang dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 19.30 WIB. Adapun biayanya adalah Rp105.000 per orang.

Sementara itu, untuk para tenant yang ada di Stasiun Gambir juga beberapa diantaranya terpantau tutup. Meskipun jika dibandingkan dengan tenant yang buka jumlahnya relatif kecil.

Jam operasional dari tenant yang ada di Stasiun Gambir juga dibatasi. Rata-rata tenant buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB bagi yang ingin makan di tempat, dan hingga pukul 20.00 WIB untuk pelayanan via online.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini