Sandiaga Uno Ingin Kembangkan Sport Automotive Tourism di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 406 2343263 sandiaga-uno-ingin-kembangkan-sport-automotive-tourism-di-indonesia-d1yx39qkC2.jpg Menparekraf Sandiaga Uno bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo (Instagram @sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan ketertarikannya untuk mengembangkan potensi olahraga otomotif menjadi ajang wisata atau sport automotive tourism di Indonesia.

"Tadi malam saya bertemu dengan Ketua MPR RI @bambang.soesatyo yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI). Kita ingin adanya kerjasama antara Kemenparekraf dan IMI dalam membuat suatu event yang memadukan olahraga otomotif dengan objek wisata atau disebut ‘sports automotive tourism’," ujarnya melalui Instagram @sandiuno, Selasa (21/1/2021).

Baca juga: Sandiaga Ingin Bikin Spot Instagramable & Konten TikTok di Ekowisata Mangrove

Event ini, lanjut Sandiaga Uno, diharapkan mampu menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk datang ke Indonesia. Sehingga nantinya dapat membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan.

Ia pun yakin, usai pandemi Covid-19, sports automotive tourism akan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia.

"Kami ingin jadikan ajang ini menjadi ikon sport automotive tourism dunia karena Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa," tegasnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah menunjukkan komitmennya untuk menggenjot pengembangan sport tourism sebagai salah satu upaya pemulihan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Sandiaga Uno Bakal Sulap Ekosistem Mangrove Jadi Lebih Ekowisata & Kekinian

Untuk semester awal 2021 ini misalnya. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mengembangkan dan menggelar event sport tourism di 5 destinasi super prioritas.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi Menparekraf Sandiaga Uno tertarik mengembangkan wisata berbasis olahraga ini.

Meski termasuk dalam kategori wisata berkualitas (quality tourism) dengan segmen pasar yang terbatas, sport tourism digadang-gadang akan menjadi pandemic winner karena dapat memberikan dampak ekonomi yang cukup besar.

"Target pasarnya memang segemented. Tapi sport tourism ini sangat berpotensi untuk menjadi pandemic winner. Menurut data yang kami kumpulkan, potensi ekonominya sekitar 600 juta USD per tahun, atau tumbuh signifikan sebesar 6% per tahun sebelum pandemi Covid-19," ujarnya dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, beberapa waktu lalu.

Selain itu, UNWTO juga menyatakan bahwa sport tourism menyumbang sekitar 25% pemasukkan dari seluruh subsektor di industri perjalanan dan pariwisata. Fakta inilah yang kemudian mendorong Sandiaga Uno untuk serius menggarap potensi sport tourism Indonesia.

Kemenparekraf pun dilaporkan telah menyusun sejumlah strategi terkait pengembangan dan penyelenggaran event sport tourism di Tanah Air. Adapun strategi yang dimaksud antara lain; menyusun Calendar of Event 2021, mengusulkan program-program percepatan dalam kurun waktu 3 bulan ke depan, dan berkolaborasi dengan para stakeholders terkait.

"Kita juga harus identifikasi quick wins di 5 destinasi super prioritas, terutama yang akan dikunjungi dalam waktu dekat ini karena ada yang disebut pandemic fatigue. Banyak masyarakat yang fatigue (lelah) secara 9 bulan lebih harus tinggal di rumah saja," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini