5 Tips Buat Perempuan yang Baru Naik Gunung

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 406 2343652 5-tips-buat-perempuan-yang-baru-naik-gunung-c0FcTKYps6.jpg Ilustrasi perempuan naik gunung (Livestrong)

MENDAKI gunung menjadi salah satu aktivitas yang digemari kaum pria. Seiring berkembangnya zaman dan emansipasi, perempuan kini juga banyak yang menyukai kegiatan dengan ketahanan fisik ini.

Bagi wanita, persiapan mendaki membutuhkan kesiapan yang sangat matang. Berbeda dengan laki-laki di mana biasanya membawa peralatan seadanya.

Baca juga: Curhat Pilu Pramugari Aldha Refa yang Ditinggal Okky Bisma Korban Sriwijaya Air

Berikut 5 tips bagi perempuan pemula yang ingin naik gunung, Rabu (13/1/2021) :

1. Latihan Fisik

Latihan fisik menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum mendaki gunung, tak terkecuali para pendaki wanita. Hal ini berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah capek saat naik gunung.

2. Memakai baju yang nyaman

Memilih pakaian yang nyaman ketika mendaki gunung merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat namun tetap memberikan kenyamanan dan ruang gerak yang cukup.

 

3. Membawa obat-obatan pribadi

Membawa obat-obatan pribadi tentu menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan. Mulai dari obat-obatan untuk pertolongan pertama hingga pereda rasa sakit terutama saat datang bulan adalah hal yang wajib.

4. Mendaki secara berkelompok

Bagi pendaki pemula, mendaki secara berkelompok hukumnya wajib supaya dalam perjalanan pendakian tidak tersasar. Umumnya, pendaki pemula belum memiliki pengetahuan apa-apa tentang mendaki gunung.

Baca juga:  8 Artis Hollywood Punya Kebiasaan Aneh saat Traveling, Jennifer Aniston hingga Kim Kardashian

5. Pilih gunung yang tidak terlalu tinggi

Pendaki pemula sebaiknya mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari lebih banyak informasi tentang gunung yang sesuai dengan batas kemampuan si pendaki misalnya kondisi medan hingga tingkat ketinggian.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini