Cerita Pilot Senior Edward Limbong Terbang ke Manado saat Cuaca Buruk

Salsabila Jihan, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 406 2344097 cerita-pilot-senior-edward-limbong-terbang-ke-manado-saat-cuaca-buruk-gjqqGWdQhC.JPG Pilot seniorEdward F Limbong (Foto: Instagram/@edwardslimbong)

SEORANG pilot senior di salah satu maskapai penerbangan swasta Indonesia, Edward F. Limbong mengunggah video saat pesawat yang diterbangkannya harus menghadapi cuaca buruk. Video tersebut diunggah oleh Kapten Edward di channel YouTube pribadinya, Edward F. Limbong.

Pada video yang berdurasi sekitar 20 menit tersebut, memperlihatkan saat ia sedang berada di dalam kokpit bersama kopilot.

Videonya tersebut menunjukkan rekaman saat pesawat yang dikemudikannya lepas landas atau take off dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Edward menyempatkan diri berbagi cerita tentang sensasi penerbangan yang dirasakan saat cuaca sedang hujan atau bahkan ekstrem.

Baca juga: Pilot-Pilot yang Berhasil Selamatkan Pesawat Penumpang dengan Pendaratan Darurat di Air

"Naik pesawat di musim hujan ini enggak usah khawatir, takut, semuanya," kata Kapten Edward.

Menurutnya, goyangan atau guncangan yang kerap dirasakan di dalam kabin pesawat saat cuaca buruk merupakan hal lumrah terjadi.

"Itu (pesawat) kalau goyang-goyang saat turbulensi, itu hanya awan-awan saja, sama hujan, atau es-es dikitlah, ditambah anginnya," tambah dia.

Selain itu, Kapten Edward Limbong juga berbagi sedikit jawaban dari pertanyaan yang sering dialamatkan kepadanya, mengenai keadaan pesawat sesaat setelah take off, di mana suara mesin pesawat tiba-tiba tenaganya seolah berkurang.

"Itu bukan mesinnya mau mati, tapi gasnya dikurangi," kata pilot maskapai berlogo singa terbang ini.

Video yang diunggah Edward memang memperlihatkan cuaca saat pesawat menuju runway untuk take off sudah dalam keadaan hujan. Begitu pula saat pesawat berada di atas udara. Terlihat beberapa kali pesawat terguncang karena harus menembus awan tebal.

Meski begitu, setelah beberapa saat, pilot senior tersebut berhasil melewati awan tebal dan terbebas dari hujan.

Akan tetapi, saat hendak mendarat di Bandara Sam Ratulangi, cuaca buruk kembali menghadang pesawat yang dikemudiakannya.

Dengan pengalaman jam terbang yang dimiliki, Kapten Edward dan rekannya tetap berusaha tenang hingga berhasil mendaratkan pesawat tersebut dengan selamat.

Baca juga: Pilot Cantik India Terbangkan Pesawat dengan Rute Terpanjang Lintasi Kutub Utara

"After landing, hujan-hujanan di Manado. Puji Tuhan, Alhamdulillah kita mendarat dengan selamat," tuturnya.

Video yang diunggah Edward Limbong pada 20 Januari 2020 itu telah ditonton lebih dari 3,3 juta kali dan disukai lebih dari 47 ribu.

Di akhir videonya tersebut, Kapten Edward tampak melanjutkan kembali perjalanannya menuju Jakarta dengan cuaca yang masih tetap sama dalam kondisi hujan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini