Belajar dari Bupati Banyuwangi, Sandiaga Uno Siap Kembangkan Desa Wisata

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 406 2344496 belajar-dari-bupati-banyuwangi-sandiaga-uno-siap-kembangkan-desa-wisata-Zsghn9anT7.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Uno dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno belum lama ini melakukan pertemuan dengan Bupati Abdullah Azwar Anas.

Keduanya membahas potensi pengembangan desa wisata dalam rangka pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19.

Dalam video yang diunggah ke dalam akun Instagram pribadinya, @sandiuno, Menparekraf Sandiaga Uno mengaku terinspirasi melihat industri pariwisata Banyuwangi yang berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: 5 Objek Wisata Alam di Banyuwangi untuk Liburan Tahun Baru 2021

"Bupati Banyuwangi (Abdullah Azwar Anas) ini yang menjadi acuan bagaimana pariwisata dan ekonomi kreatif daerah bisa bangkit. Dari yang hanya 400-500 ribu wisatawan per tahun, sekarang bisa sampai 5,3 juta per tahun (2019). Dan ini membuka lapangan kerja yang luar biasa," ujar Sandiaga Uno.

Ia melanjutkan, salah satu yang menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah terkait pengembangan desa wisata. Termasuk bagaimana usaha-usaha milik masyarakatnya bisa terberdayakan dengan berkembangnya desa wisata di Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, keduanya juga sempat membahas tentang program rencana Dana Alokasi Khusus yang diklaim dapat memberikan ruang bagi para pelaku seni budaya dan desa wisata untuk bisa bangkit dan hidup.

"Saya mendapat banyak sekali masukan Pak Azwar Anas, terima kasih atas waktunya. Semoga dengan kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat, kita semua bisa membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif, dan kita garap lagi semua potensi lapangan kerja," tuturnya.

Baca juga: Syekh Ali Jaber di Mata Sandiaga Uno, Senyumnya Sejuk & Tutur Kata Baik

Sementara, Bupati Abdullah Azwar Anas menyambut baik komitmen Menparekraf Sandiaga Uno dalam upaya pengembangan desa wisata. Menurutnya, program DAK yang dibesut Kemenparekraf menjadi angin segar bagi pelaku wisata dan ekonomi daerah.

"Desa wisata itu potensi yang sangat besar dan bisa kita kembangkan. Pak Sandi tadi menyampaikan, bagaimana ia telah menyiapkan program DAK (Dana Alokasi Khusus) yang dapat memberikan ruang bagi pelaku seni budaya dan wisata desa untuk bisa bangkit dan hidup. Tentu ini angin segar bagi daerah. Mudah-mudahan bisa dieksekusi dengan baik oleh Pak Menteri," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini