Amazing, Inilah 11 Jembatan Terpanjang di Dunia

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 408 2344338 amazing-inilah-11-jembatan-terpanjang-di-dunia-iirO4LENy5.jpg Jembatan Vasco da Gama di Portugal (travel-in-portugal.com)

KEMAJUAN teknologi memberikan keuntungan sangat besar bagi manusia dalam pembangunan. Salah satunya adalah membangun jembatan. Dalam perkembangan zaman yang sudah sangat maju ini, kondisi geografis yang menjadi kendala dalam membuat jembatan sudah bukan masalah lagi.

Maka, tidak aneh jika negara-negara di dunia berlomba untuk membuat jembatan yang unik dan bahkan terpanjang di dunia.

Baca juga: 5 Jalan Tol dengan Pemandangan Indah di Indonesia, Nomor 4 Membelah Laut

Berikut ini 11 jembatan terpanjang di dunia dilansir dari Reader’s Digest :

11. Jembatan Zhuhai Macao, Hong Kong

Jembatan besar sepanjang 34 mil yang menghubungkan Hong Kong dan Zhuhai-Makau ini nilainya fantastis yakni sekitar 20 miliar dollar Amerika Serikat. Sebelumnya, bepergian antar kota tersebut akan membutuhkan pelayaran kapal feri selama satu jam.

ilustrasi

Jembatan Zhuhai Macao Hong Kong (Shutterstock)

Jembatan ini adalah akses penyeberangan laut terbesar di dunia terbaru, dengan kantor imigrasi dan kontrol perbatasan di kedua ujungnya (karena Hong Kong dan Makau diatur di bawah undang-undang yang berbeda), membutuhkan waktu sembilan tahun untuk dibangun dan dibuka pada musim gugur 2018.

“Dengan pengembangan jembatan ini selama bertahun-tahun, saya dapat mengatakan bahwa kami sekarang dapat membangun proyek kelas dunia,” kata Lin Ming, salah satu insinyur yang telah dikutip dari China Daily HK.

10. Jembatan Akashi Kaikyo, Jepang

Menjulang tinggi di atas Selat Akashi, dan menghubungkan kota Kobe dengan Pulau Awaji di Prefektur Hyogo Jepang, Jembatan Akashi Kaikyo adalah jembatan gantung terpanjang di dunia. Dengan panjang hampir 13.000 kaki, jembatan ini lebih panjang dari empat Jembatan Brooklyn.

Menurut PBS, dua menara Jembatan Akashi Kaikyo, setinggi 928 kaki, yang mana "lebih tinggi dari menara jembatan lain di dunia".

9. Jalan Tol Bang Na ke Bangpakong, Thailand

Enam jalur tol The Bang Na di Thailand membentang sejauh 33,5 mil, termasuk melalui Bangkok, uniknya, jembatan yang berupa jalan tol ini berdiri di atas Sungai Bang Pakong.

“Secara struktural jembatan ini, yang merupakan jembatan jalan terpanjang di dunia, dibuat dengan lebih dari satu juta meter kubik beton” menurut Teknologi Lalu Lintas Jalan Thailand.

ilustrasi

Tol Bang Na ke Bangpakong, Thailand (Shutterstock)

Jembatan ini menjulang hampir 100 kaki di atas bentangan jalan lain yaitu Rute Jalan Raya Nasional 34. Anda mungkin ingin mengambil jalan memutar dari beberapa jalan paling menakutkan di dunia ini.

8. Jembatan Cekungan Atchafalaya, Amerika Serikat

Jembatan kembar yang membentang di rawa sungai terbesar di negara itu dibuka pada tahun 1973 dan pada saat itu merupakan jembatan terpanjang di Amerika Serikat.

Baca juga: Curhat Pilu Pramugari Aldha Refa yang Ditinggal Okky Bisma Korban Sriwijaya Air

Baik pengemudi maupun penumpang disuguhi pemandangan menakjubkan dari lahan Louisiana dari Interstate 10 yang membentang sejauh 18 mil.

7. Chesapeake Bay Bridge-Tunnel, Amerika Serikat

Jembatan sepanjang 17,6 mil ini dibuka untuk lalu lintas kendaraan pada tahun 1964. Pada tahun berikutnya, ia telah ditetapkan sebagai "Satu dari Tujuh Keajaiban Teknik Dunia Modern," menurut Travel Trivia.

ilustrasi

Chesapeake Bay Bridge-Tunnel, Amerika Serikat (Shutterstock)

Jembatan ini menghubungkan Semenanjung Delmarva dengan Virginia Tenggara, membentang melintasi perairan terbuka di sekitar Teluk Chesapeake dan Samudra Atlantik. Jembatan Teluk Chesapeake adalah salah satu jembatan paling terkenal di negara bagiannya, tetapi sayangnya kurang terkenal jika dilihat dari seluruh Amerika.

6. Jembatan Millau, Perancis

Pada ketinggian 8.071 kaki, Jembatan Millau bahkan tidak mendekati sebagai jembatan terpanjang di dunia. Namun, jembatan ini sangat tinggi karena sering terlihat seperti memotong awan di jalan raya antara Paris dan Barcelona.

Jembatan ini adalah jembatan tertinggi di Prancis dan yang luar biasa, bahkan lebih tinggi dari Menara Eiffel. Jika Anda melakukan perjalanan darat dari Perancis ke Spanyol, Anda akan melewati jembatan ini.

ilustrasi

Jembatan Millau, Perancis (Shutterstock)

5. Jembatan Gantung Charles Kuonen, Swiss

Di Swiss, Anda akan menemukan jembatan gantung setinggi 1.620 kaki yang merupakan jembatan terpanjang di dunia khusus untuk pejalan kaki.

Menurut Telegraph, Jembatan Gantung Charles Kuonen melintasi sebuah lembah antara Grächen dan Zermatt- dua daerah di Swiss dan menawarkan pemandangan indah dari beberapa puncak tertinggi Swiss, termasuk gunung Matterhorn yang terkenal.

4. Jembatan Vasco da Gama, Portugal

Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Eropa. Terletak di sebelah timur Lisbon, Portugal. Pembangunannyamembutuhkan lebih dari 3.000 pekerja selama 18 bulan.

Membentang sejauh 10,7 mil di atas Sungai Tagus, Vasco da Gama dinamai mirip dengan nama penjelajah Portugis yang terkenal untuk memperingati 105 tahun kedatangannya dari India pada 1498.

“Gama adalah orang Eropa pertama yang mencapai India melalui laut, dari Samudra Atlantik ” lapor panduan perjalanan Civitatis di Lisbon.

ilustrasi

3. Jembatan Danau Pontchartrain, Amerika Serikat

Menurut Telegraph, Jembatan Danau Pontchartrain di Louisiana selatan adalah struktur epik yang melintasi salah satu danau paling terkenal di Amerika Serikat. Sebuah danau yang menginspirasi sastra, musik, dan film.

Jembatan sepanjang hampir 24 mil ini adalah jembatan terpanjang di dunia yang tidak ada di Asia. Anda akan dikenakan biaya $ 5 untuk melewati jembatan danau Pontchartrain yang lebih murah dibandingkan dengan jembatan tol dan jalan paling mahal di Amerika.

2. Jembatan Kaca Zhangjiajie, China

Di China juga terdapat jembatan terpanjang di dunia yang terbuat dari kaca tempat pejalan kaki membayar harga tinggi untuk dapat melewati jembatan tersebut. Hai itu disebut oleh Business Insider sebagai "pemborosan waktu yang sangat besar".

Itu berkat lautan manusia dan sepatu mereka yang merusak kaca di bawah kaki, terlepas dari fakta bahwa sepatu boot, secara teori, melindungi kaki dari 99 panel kaca setebal hampir 24 inci.

Turis berbondong-bondong untuk berjalan di jembatan kaca sepanjang 1.400 kaki yang berada 980 kaki di atas Grand Canyon China ini.

1. Jembatan Besar Danyang-Kunshan, China

Dengan panjang 102 mil, Jembatan Besar Danyang-Kunshan China adalah jembatan terpanjang di dunia. Dibangun dengan biaya sekitar 8,5 miliar dollar AS, per Britannica, penghubung antara Shanghai dan Nanjing ini dibuka sebagai jembatan di Kereta Api Kecepatan Tinggi Beijing-Shanghai pada bulan Juni 2011.

Sejak dipublikasikan, jembatan ini tetap berada dalam Guinness Book of World Rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini