5 Pantai Cantik di Madura, Gak Kalah dengan Bali

Salsabila Jihan, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 408 2344477 5-pantai-cantik-di-madura-gak-kalah-dengan-bali-IlDwd0l5Zu.JPG Pantai Siring Kemuning (Foto: Instagram/@photomadura)

MADURA, selain dikenal dengan Jembatan Suramadunya, juga memiliki banyak destinasi wisata yang belum terungkap keberadaannya oleh wisatawan.

Seperti kita ketahui bahwa Pulau Madura merupakan salah satu pulau kecil yang letaknya di sebelah timur Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, pulau ini juga hampir seluruh wilayahnya dikelilingi oleh pantai. Maka tak heran bila terdapat banyak pantai yang memesona di Madura yang keindahannya tidak kalah dengan pantai yang berada di daerah-daerah populer Indonesia. Berikut Okezone akan mengulas sejumlah pantai yang memiliki pesona menakjubkan di Pulau Garam ini.

Pantai Siring Kemuning

Pantai yang berada di Kabupaten Bangkalan ini memiliki pemandangan memesona, sehingga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata pantai saat berada di Madura.

Baca juga: Sederet Wisata Perbukitan Instagenic di Madura yang Memanjakan Mata

Pantai Siring Kemuning memiliki pasir putih dan ombak yang cukup tenang. Di pantai ini wisatawan juga dapat menikmati hijaunya pepohonan yang berdiri di sepanjang pesisir pantai yang membuat suasana di sekitar pantai tambah nyaman dan tenang.

Sayangnya, fasilitas pantai yang terletak di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan ini belum memadai karena masih belum banyak mendapat sentuhan dari pemerintah.

Pantai Nepa

Pantai yang memiliki pasir berwarna putih kecoklatan dan ombak yang cukup tenang ini selalu menjadi tujuan wisatawan saat musim libur tiba.

Selain pantainya yang memesona, di kawasan ini juga terdapat sebuah hutan yang dihuni oleh sekelompok kera bernama Hutan Kera Nepa.

Pantai Nepa

(Foto: Instagram/@bellvaries)

Karena adanya pepohonan rindang di hutan ini, udara yang berhembus di Pantai Nepa menjadi lebih sejuk dan bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sini.

Pantai Nepa ini berada di Kabupaten Sampang yang letaknya di pesisir utara Pulau Madura dan menghadap ke Laut Jawa.

Pantai Sembilangan

Pantai yang letaknya sekitar tujuh kilometer ke arah selatan Kota Bangkalan ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawannya, yaitu adanya sebuah mercusuar peninggalan Belanda.

Mercusuar ini konon sudah berdiri sejak 1879 dengan ketinggian sekitar 78 meter dan terdiri dari 17 lantai. Selain itu, deburan ombak yang menyentuh bibir pantai dan hamparan pasir pantai yang luas seakan mengajak wisatawan untuk bermain bersama.

Semilir angin pantai yang sejuk juga selalu menyapa para wisatawan yang berkunjung ke sini. Lokasi pantai ini berada di Desa Sembilangan, Kecamatan Bangkalan, Madura.

Pantai Lombang

Pantai ini menjadi salah satu wisata alam unggulan di Bumi Sumekar. Pantai Lombang memiliki pasir putih yang sangat halus, deburan ombak yang cukup tenang, dan pohon cemara udang yang berdiri berjajar mengelilingi garis bibir pantai.

Pantai Lombang

(Foto: Instagram/@alvysanjaya)

Di pantai ini para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru, mulai dari hanya sekadar bersantai di pinggir pantai, bermain air, bermain pasir, hingga snorkeling. Pantai ini berloksi di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep Madura.

Pantai Tlangoh

Pantai Tlangoh bisa dikatakan sebagai destinasi wisata baru keluarga yang berada di Pulau Madura. Sebab pantai ini baru dibuka sekitar bulan Mei 2020. Pantai yang terbalut pasir putih, air yang biru dan gulungan ombak yang cukup bersahabat ini dapat membuat wisatawan merasa betah menghabiskan waktunya di sini.

Meski masih terbilang baru, pantai ini sudah menyiapkan beberapa fasilitas untuk menarik para wisatawan, di antaranya penyewaan ATV, berbagai spot foto keren, dan beberapa fasilitas umum lainnya. Pantai Tlangoh berada di Desa Tlangoh, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Siring Kemuning.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini