4 Wisata Hits di Majene, Wilayah Sulbar yang Diguncang Gempa M6,2

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 406 2344843 4-wisata-hits-di-majene-wilayah-sulbar-yang-diguncang-gempa-m6-2-8TDrbsrntO.JPG Air terjun Malunda di Majene, Sulawesi Barat (Foto: YouTube/@Lukiyanto Djamal)

GEMPA kuat bermagnitudo 6,2 mengguncang wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Gempa ini menyebabkan bangunan rumah, puskesmas, hingga perkantoran rusak parah. Kabupaten Majene merupakan salah satu dari enam kabupaten yang masuk wilayah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Dengan keunikan wilayahnya yang menyerupai Palung, di Majene Anda bisa merasakan pengalaman berkesan dengan menikmati deretan perbukitan dan pegunungan di sisi kanan dan laut di sisi kiri jalan Majene-Mamuju.

Ketiga bentang alam itu membuat Majene kaya akan potensi wisata alam dan menjadikannya layak masuk dalam daftar tujuan destinasi Anda berikutnya. Apalagi jika Anda adalah pecinta pantai.

Berbagai pantai berpemandangan memukau terdapat di Majene. Bahkan dengan berkendara sepuluh menit dari jalan raya kabupaten saja, Anda sudah disuguhi dengan laut biru yang menawan.

Baca juga: Suguhan Dua Sensasi Berbeda di Pantai Dato Majene

Bagi Anda yang bingung tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi di Majene? Berikut rekomendasi tempat-tempat yang bisa masuk ke dalam daftar tujuan liburan Anda saat ke Majene seperti dirangkum Okezone:

1. Air Terjun Malunda

Tempat wisata di Majene yang tak boleh terlewatkan yaitu Air Terjun Malunda. Lokasinya di Dusun Takapa, Desa Lombang, Kecamatan Malunda, Majene atau sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Majene. Dengan membayar Rp10.000 Anda sudah bisa masuk dan menikmati kolam pemandian di bawah air terjun berketinggian 15 meter yang airnya sangat bersih dan jernih.

2. Pantai Barane

Pantai ini berlokasi tidak jauh dari jalan Trans Sulawesi Banggae-Majene. Hanya sekitar 30 menit dari pusat Kota Majene dengan kendaraan pribadi. Suasana yang nyaman dan gelombang laut yang cukup bersahabat menjadi salah satu alasan masyarakat memilih Barane sebagai tempat berwisata bersama keluarga.

Pantai Barane

(Foto: instagram/@nditillah)

Selain itu, Barene juga menawarkan pemandangan yang indah, berbagai wahana permainan anak serta sarana pendukung lain seperti pilihan makanan dan ikan segar yang dijual pedagang di sekitar lokasi pantai.

3. Pantai Dato'

Bagi Anda yang suka menyelam atau melakukan snorkeling, Pantai Dato' adalah tujuan wisata yang paling cocok. Pantai yang berjarak sekitar 7 km dari Kota Banggae ini tak hanya menawarkan panorama alam yang menyejukkan mata, namun juga pemandangan bawah laut yang tidak kalah memukau dengan pantai-pantai ternama di Indonesia.

Sebagian pantainya beralaskan pasir putih yang cantik, dan sebagian lainnya merupakan karang.

Baca juga: Pesona Salah Satu Pantai Terindah Sulawesi Barat

Pantai Dato

(Foto: Instagram/@argyadiptya)

Selain menyelam, Anda juga dapat menyalurkan hobi fotografi di sini. Kawasan Pantai Dato' memiliki banyak area spot foto menarik dengan latar batuan karang. Dato' juga menyediakan wisata kuliner khas Majene, yaitu ikan terbang dan ikan seribu.

Jika ingin bermalam, Anda tak perlu khawatir karena Pantai Dato' juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan. Untuk masuk ke pantai ini, hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak, dan Rp 3.000 untuk dewasa.

4. Pusat Kuliner Somba

Mengunjungi suatu daerah tak lengkap jika tidak menikmati wisata kulinernya. Oleh karenanya, saat berkunjung ke Majene jangan lupakan Pusat Kuliner Somba. Kawasan kuliner ini merupakan surganya pecinta makanan.

Pusat Kuliner Somba

(Foto: Instagram/@erwan_skm)

Dengan menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari ibukota kabupaten Majene, Anda bisa menikmati bermacam-macam makanan khas Majene. Contohnya saja Jepa atau seringkali disebut dengan 'Pizzanya Tomandar' atau Pizzanya orang Mandar.

Harga yang ditawarkan pun tidak akan membuat dompet jebol. Untuk menyantap satu porsi jepa lengkap dengan ikan terbang bakar, Anda hanya perlu membayar kurang dari Rp20.000. Sementara untuk jepanya sendiri dibanderol harga Rp1.000 per lembar. Murah banget, kan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini