Pulau Peucang, Serpihan Surga Mengagumkan di Timur Ujung Kulon

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 408 2344820 pulau-peucang-serpihan-surga-mengagumkan-di-timur-ujung-kulon-Rw6jJonhct.JPG Pantai pasir putih Pulau Peucang di Ujung Kulon, Banten (Foto: Instagram/@metharani)

PULAU Peucang merupakan pulau yang terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau ini masih satu kawasan dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau Peucang merupakan lokasi di Ujung Kulon yang paling ramai dikunjungi oleh para pengunjung baik dalam maupun luar negeri.

Pulau seluas lebih kurang 450 hektare ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta berbagai objek wisata alam yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Fasilitas yang ada di Pulau Peucang antara lain penginapan, pusat informasi, dermaga, dan lain sebagainya.

Berikut kegiatan yang bisa dilakukan saat berlibur ke Pulau Peucang seperti dirangkum Okezone dari laman resmi Peucang Island, akun Instagram @ujungkulon_adventure, dan @visitbanten.id.

Baca juga: Wisatawan Taman Nasional Ujung Kulon Wajib Bawa Surat Rapid Test

1. Snorkeling menikmati laut biru

Pantai di Pulau Peucang memiliki karakteristik yang khas yaitu pasir putih dan hamparan yang luas. Selain itu laut nya yang berwarna biru terlihat sangat jernih yang dapat memanjakan mata anda. Selain bersantai menikmati pantai yang mempesona, Anda juga berenang di pinggir pantai.

Snorkeling di Pulau Peucang

“Pulau Peucang adalah tempat di mana Anda dapat bersantai dan melepas lelah, sambil menikmati minuman menyegarkan dan menikmati matahari terbenam merah yang menakjubkan. Pulau ini terletak di lingkungan yang sangat pribadi dan tenang memberi Anda tempat yang sangat nyaman," tulis laman resmi Pulau Peucang.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga aman bagi Anda untuk berenang. Selain itu Anda juga bisa bisa snorkeling menjelajah dunia dasar laut dan terumbu karang yang indah di pantai Pulau Peucang ini.

Baca juga: Bendung Cikoncang, Destinasi Wisata Alternatif Selama Pandemi

Pengunjung dapat dengan bebas berfoto di Pulau Peucang ini. Pantai biru jernih dan pasir putih yang indah di Pulau Peucang pastinya dapat mempercantik feed Instagram Anda.

2. Trekking ke Karang Copong

Selain menikmati pantainya yang indah, Anda juga bisa menjelajahi hutan di Pulau Peucang. Selama berada ditengah hutan Pulau Peucang kita akan menjumpai beberapa satwa liar seperti rusa, kera, babi hutan, dan lain-lain.

Karang Copong

(Foto: Instagram/@hannasantiago)

Tak hanya hewan, beberapa tumbuhan langka juga akan kita temui di lokasi ini. Namun, Anda hanya bisa mengamati dari jauh karena hewan dan tumbuhan ini dilindungi oleh Balai Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon.

Setelah berjalan santai menyusuri hutan sejauh kurang lebih 2 kilometer, Anda akan mencapai titik akhir hutan yaitu Karang Copong. Lelah akan terbayarkan dengan pemandangan eksotis pantai dengan ombak dari laut lepas yang menghantam batu karang.

3. Menginap di rumah panggung

Tak banyak bangunan yang didirikan di Pulau Peucang, Namun bagi Anda yang ingin menginap ada hanya beberapa bangunan desain panggung sederhana yang dijadikan tempat menginap dan menampung para traveler yang ingin menikmati wisata di Taman Nasional Ujung Kulon Banten.

Pulau Peucang

(Foto: Instagram/@nikkipeucang)

Terdapat juga satu bangunan Posko Balai Taman Nasional Ujung Kulon yang bertugas sebagai pengawas wilayah Pulau Peucang sekaligus pusat informasi Taman Nasional Ujung Kulon.

Fasilitas penginapan yang tersedia di Pulau Peucang yaitu ketersediaan air yang cukup, kamar dan kasur sederhana, kamar mandi, mushola, serta warung kecil untuk membeli beberapa kebutuhan dalam jumlah secukupnya.

4. Menikmati Savana Cidaon

Savana Cidaon salah satu habitat satwa liar di Taman Nasional Ujung Kulon. Lokasinya berseberangan dengan Pulau Peucang. Perjalanan ke Cidaon memakan waktu ± 15 menit dengan menggunakan boat kecil yang berkapasitas enam orang.

Di Cidaon ini pengunjung dapat mengamati atraksi satwa seperti banteng, merak, rusa, dan babi hutan.

Savana Cidaon

(Foto: Instagram/@visitpandeglang)

Selain itu pengunjung juga dapat melihat situs sejarah peninggalan kolonial Belanda berupa menara mercusuar dan bekas pembangunan dermaga di Tanjung Layar dan Cibom.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, rute Pantai Pulau Peucang pun mudah dijangkau. Jika Anda melakukan perjalanan dari Jakarta, pulau ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 7-8 dengan sepeda motor.

Selain pergi mandiri, Pulau Peucang sendiri telah menyediakan paket wisata hemat yang bisa Anda pesan kapan saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini