Bangga! Kain Endek Bali Masuk Koleksi Fashion Christian Dior 2021

Mohamad Yan Yusuf, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2021 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 406 2345978 bangga-kain-endek-bali-masuk-koleksi-fashion-christian-dior-2021-bKLymjnj83.jpg Kain endek Bali jadi koleksi Christian Dior 2021 (KBRI Paris/VOA)

KAIN endek Bali masuk dalam koleksi baju musim panas Christian Dior 2021. Bahkan hal itu sempat menjadi peragaan busana fesyen jenawa.

Hal itu terungkap setelah Menparekraf Sandiaga Uno melalui story di akun Instagramnya, @sandiuno , Minggu (17/1/2021) sore.

Baca juga: Liburan ke Bali, Traveler Masih Wajib Bawa Surat PCR dan Rapid Antigen

Dalam postingan yang diambil dari akun instagram @pesonaid_travel, Sandi membagikan seorang model berjalan catwalk tengah mengenakan kain endek yang diketahui asal Bali.

“Kain tenun Endek dari Bali menjadi salah satu bagian dari koleksi Dior tahun ini,” katanya dalam caption.

ilustrasi

Mengutip website Indonesia.Travel yang merupakan situs milik Kemenparekraf, dijelaskan kain endek Bali sendiri telah berkembang sejak 1985 dan kerap digunakan dalam acara keagamaan.

Proses pembuatan kain Endek terbagi menjadi dua cara yaitu, tradisional dengan alat tenun cagcag dan modern dengan alat tenun bukan mesin (ATBM). Motif yang dipakai dalam kain Endek memiliki beberapa jenis, mulai dari untuk upacara adat, penolak bala, hingga penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Lepas Kepergian Suami ke Liang Lahat, Pramugari Aldha Refa: I Love You Apih

Masih dari situs itu, Rumah mode Christian Dior membuat beragam koleksi berasal dari kain endek seperti baju dan tas yang masuk dalam kolek Christian Dior Spring/Summer 2021.

Sementara menulusuri situs dior.com tercatat ada sembilan desain menggunakan kain endek. Hal itu bisa kita lihat di koleksi baru wanita yang ditampilkan dalam website itu.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini