5 Hal Bisa Dilakukan di Salar de Uyuni, Destinasi Padang Garam Terluas di Dunia

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 408 2346012 5-hal-bisa-dilakukan-di-salar-de-uyuni-destinasi-padang-garam-terluas-di-dunia-XA57iOOthv.jpg Salar de Uyuni di Bolivia (Freepik)

SALAR de Uyuni atau Salar de Tunupa berada di Bolivia pada ketinggian 3.650 meter. Pesona dataran garam terluas di dunia ini sungguh memukau dan spektakuler. Hamparan padang garam bak cermin langit raksasa menawarkan sensasi seperti di planet lain.

Keunikan Salar de Uyuni mampu menarik banyak wisatawan dari berbagai negara setiap tahunnya.

Menurut Wikipedia, sekitar 40.000 tahun lalu, kawasan ini merupakan bagian dari Michin, danau besar pada masa prasejarah. Ketika mengering, terdapat dua danau yang tersisa, yakni Danau Poopó dan Uru Uru, serta dua gurun garam terbesar, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni.

Baca juga: Emirates Tangguhkan Penerbangan ke 3 Kota Besar di Australia

Salar de Uyuni mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun.

Melansir laman resmi Salar de Uyuni, Senin (18/1/2021), berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Salar de Uyuni :

1. Berfoto di cermin terluas di dunia

Ketika permukaannya kering, Salar de Uyuni menampilkan pemandangan hamparan padang garam yang putih bersih sejauh mata memandang. Ketika ada sedikit air, permukaannya dengan sempurna akan memantulkan awan dan langit biru.

Jika melintasi permukaan pada saat seperti itu, maka Anda seolah olah seolah tengah berpijak pada cermin luas.

ilustrasi

Salar de Uyuni Bolivia (Instagram @salardeuyuni.bolivia)

Banyak orang mengunjungi Salar de Uyuni dengan harapan bisa melihat efek cermin. Untuk mendapatkan kesempatan melihat ini, Anda harus berkunjung antara bulan Maret dan April.

“Salar de Uyuni adalah tempat paling luar biasa yang pernah saya kunjungi. Berkat lanskapnya yang aneh, saya dapat menangkap begitu banyak foto yang mencengangkan” kata Bradley Rice, pengunjung asal Inggris yang jauh-jauh datang ke Bolivia demi bisa melihat dan memotret fenomena alam yang menakjubkan tersebut.

2. Menjelajahi seluruh area menggunakan mobil

Salar de Uyuni adalah salah satu lingkungan paling keras di planet ini untuk kendaraan, artinya terkadang ada masalah yang tidak dapat dihindari saat berkendara di padang garam ini.

Karena bisa jadi kendaraan akan terjebak di padang ini. Pengemudi mobil yang sudah berpengalaman pun kadang kesulitan. Namun, jadi jika masalah muncul, Anda tidak perlu panik.

ilustrasi

Sangat jarang Anda terjebak dalam waktu lama karena selalu ada mobil lain di sekitar yang bersedia membantu satu sama lain, jadi selagi mobilnya diperbaiki, Anda bisa santai dan berfoto-foto menikmati pemandangan alam yang mempesona.

3. Menjelajahi seluruh objek wisata sekitar Salar de Uyuni

Cara terbaik untuk melihat pemandangan yang luar biasa ini adalah dengan mengikuti tur selama tiga atau empat hari melintasi dataran garam.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Alam yang Menakjubkan di Jepang

Mereka yang berkunjung memiliki pilihan untuk melakukan tur satu hari, tiga hari atau empat hari tergantung pada lama penjelajahan yang Anda inginkan dan di mana Anda ingin tur Anda dimulai dan diakhiri.

Disarankan untuk membawa pakaian hangat dan kantong tidur hangat jika tur Anda lebih dari satu hari. Meskipun cuaca hangat dan sinar matahari terik di siang hari, padang garam ini sangat dingin di malam hari dengan suhu yang sering turun jauh di bawah titik beku dan terkadang bahkan serendah -15 C.

4. Mengunjungi destinasi wisata lain

Selain padang garamnya, Salar de Uyuni terletak di Suaka Margasatwa Andes Nasional Eduardo Avaroa, Bentang alam yang fenomenal dan sekitarnya ini penuh dengan destinasi unik dan menakjubkan.

Salah satunya adalah Colchani, yaitu pabrik garam tradisional yang digunakan untuk proses ekstraksi dan pemurnian garam. Disini pengunjung dapat membeli suvenir asli Bolivia, termasuk kerajinan tangan yang terbuat dari garam dan seni tekstil yang terbuat dari llama dan alpaca.

Kemudian ada Sol de Mañana yaitu bentang alam berupa geyser yang terbentuk secara alami yang menyemburkan sulfur dan gas.

5. Menginap di Hotel Garam

Ketika mengunjungi Salar de Uyuni, anda harus mencoba menginap di hotel garam bernama Palacio de Sal. Terletak di dekat Salar de Uyuni. Penduduk setempat secara kreatif memanfaatkan lingkungan sekitarnya dengan menciptakan hotel alternatif di mana segala sesuatu mulai dari tempat tidur hingga dinding dan lantai dibangun dari balok garam.

Setiap kamar memiliki kubah bergaya igloo yang terbuat dari garam yang diisolasi dengan terpal plastik. Hotel ini juga menawarkan spa, kolam renang, restoran di tempat, dan bahkan lapangan golf yang semuanya terbuat dari garam. Karena cuacanya dingin di malam hari, tempat tidur memiliki penghangat dan lapisan serta selimut di dalamnya.

Uniknya, hotel garam memiliki umur hanya 10-15 tahun, karena hujan menyebabkan mereka hancur dan harus dibangun kembali seluruhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini