Benteng Vasternburg Disulap Jadi RS Lapangan Covid-19

Senin 18 Januari 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 406 2346173 benteng-vasternburg-disulap-jadi-rs-lapangan-covid-19-yHeR8ad8JV.jpg Benteng Vasternburg. (Foto: Instagram)

KETERSEDIAAN kamar rawat dan ruang isolasi Covid-19 di Solo semakin minim. Benteng Vasternbug pun dijadikan rumah sakit lapangan oleh Korem 074 Warastratama Surakarta.

RS Lapangan di Benteng Vastenburg Solo bakal melayani pasien positif Covid-19. Tidak hanya pasien dengan klasifikasi orang tanpa gejala (OTG), tapi juga yang bergejala mulai ringan hingga berat.

Danrem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar mengatakan, pada prinsipnya RS lapangan merupakan RS yang pindah ke lapangan. Karenanya fasilitas kesehatan yang tersedia seperti rumah sakit pada umumnya.

Danrem menambahkan alat operasional rumah sakit lapangan tersebut akan dikirim pada 21 Januari mendatang. Sedangkan proses pembangunan fisik RS lapangan Vastenburg itu hingga beroperasi hanya butuh waktu tujuh hari.

RS lapangan itu memiliki kapasitas 100 bed dan 100 tenaga kesehatan yang bekerja dengan sistem sif. Danrem menyebut RS lapangan memprioritaskan pasien dari Solo. Namun, sesuai standar kemanusiaan, seluruh pasien yang datang akan mendapat pelayanan.

Baca Juga: Cuaca Panas, Yuk Berburu Kuliner Es Dawet Segar Asli Solo 

 Benteng

“Pertimbangan pemilihan lokasi yakni hasil koordinasi kami dengan kepala daerah. Rumkitlap juga harus dekat dengan RST Slamet Riyadi. Para nakes rumkitlap merupakan para nakes organik RST Slamet Riyadi,” paparnya, dilansir Okezone dari Solopos. 

Ia menambahkan infrastruktur Benteng Vastenburg terlindungi tembok dan parit besar yang mengelilinginya. Harapannya hal itu dapat menepis keraguan masyarakat karena lokasi rumkitlap sangat ideal. Menurutnya, para Dandim wilayah wajib menyosialisasikan rumkitlap ke wilayah masing-masing.

Perwakilan Vendor Pembangunan Rumkitlap, Edison, mengatakan ada 20 tenda dengan 12 fungsi seperti peralatan, komando, ICU, nakes, perawatan, laboratorium, UGD, dan Xray.

Danrumkitlap Letkol Ckm Ardianto Pramono mengatakan RS lapangan Benteng Vastenburg Solo akan dilengkapi fasilitas laboratorium. Ia memastikan peralatan RS lapangan itu canggih dan memadai.

Selain itu, meskipun berbentuk tenda, ruangannya dingin seperti rumah sakit umum. Dengan begitu, pasien bergejala berat pun dapat tertangani. Ia memastikan vendor juga telah menyiapkan sarana pengolahan limbah medis.

Informasi sebelumnya, jajaran Korem Warastratama Surakarta mulai membersihkan area Benteng Vastenburg Solo pada pekan ini. Nantinya area Benteng Vastenburg Solo untuk RS lapangan bagi pasien Covid-19. Kota Solo dipilih untuk mendirikan RS lapangan karena menjadi rujukan pasien Covid-19 dari wilayah lain Solo.

Baca Juga: Selama PPKM, Duh Jumlah Pendaki Gunung Lawu Paling Banyak 50 Orang

“Pertimbangan pemilihan lokasi yakni hasil koordinasi kami dengan kepala daerah. Rumkitlap juga harus dekat dengan RST Slamet Riyadi. Para nakes rumkitlap merupakan para nakes organik RST Slamet Riyadi,” papar Danrem.

Ia menambahkan infrastruktur Benteng Vastenburg terlindungi tembok dan parit besar yang mengelilingi. Harapannya hal itu dapat menepis keraguan masyarakat karena lokasi rumkitlap sangat ideal. Menurutnya, para Dandim wilayah wajib menyosialisasikan rumkitlap ke wilayah masing-masing.

Perlu diketahui, Benteng Vasternburg menjadi salah satu tempat wisata populer di Kota Solo. Benteng Vastenburg terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kawasan Gladak, Kelurahan Kedunglumbu, Kecamatan Pasar Kliwon. Bangunan yang tampak seperti bujur sangkar ini berdiri sejak 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff.

Setelah kemerdekaan, benteng ini difungsikan sebagai markas pelatihan keprajuritan dan pusat Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya Kostrad untuk wilayah Karesidenan Surakarta dan sekitarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini