Menjelajah Wisata dan Pusat Kuliner di Kota Solo, Paling Murah di Indonesia?

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 406 2346548 menjelajah-wisata-dan-pusat-kuliner-di-kota-solo-paling-murah-di-indonesia-LBG0y6pzqz.jpg Ilustrasi bakmi toprak. (Foto: Instagram jogjafood)

SENANG bepergian lintas kota hanya untuk berwisata, seperti ke Solo misalnya? Jika iya, Anda pasti tahu berapa besar bujet yang harus dikeluarkan untuk menikmati wisata itu bukan?

Setiap orang yang menyukai berpergian ke luar kota, pasti menyadari jika biaya hidup satu daerah dengan lainnya itu berbeda. Ada yang biayanya mahal, tapi tidak sedikit juga kota dengan budget minimal yang murah meriah.

Selain biaya transportasi dan akomodasi, kuliner yang disajikan juga sangat bersahabat dengan modal yang dibawa. Tapi, mungkin ada beberapa orang di antara Anda yang masih bingung untuk mencari tempat-tempat seperti ini.

Di mana saja kota wisata di Indonesia dengan harga makanan terjangkau? Berikut Okezone merangkum beberapa kota yang bisa Anda kunjungi.

Blitar

Kota wisata ini memiliki kuliner enak dengan harga yang murah meriah. Kamu dapat menikmati sarapan pecel enak ini seharga Rp10 ribu saja.

Dengan porsinya yang banyak serta lauk melimpah, nasi pecel ini berada di Warung Asmara yang berada di Kalipucung. Makanan ini sangat cocok dengan memesan bubur sumsum dan Anda hanya perlu membayar sebesar Rp11 ribu.

Baca Juga: Cuaca Panas, Yuk Berburu Kuliner Es Dawet Segar Asli Solo 

Dua menu ini bisa menjadi bekal yang sempurna sebelum menjelajahi kota cantik ini.

Solo

 soto

Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini terkenal dengan harga kulinernya yang terjangkau. Rata-rata untuk satu porsinya hanya sebesar Rp7.000 dan itupun sudah mendapatkan lauk lengkap dan porsi mengenyangkan.

Jajanan yang berada di pinggir jalan juga tidak kalah enak dengan harganya yang murah meriah. Jika Anda ingin liburan ke sini, tak perlu bingung lagi untuk menjelajahi kulinernya.

Dilansir dari Solopos, biaya hidup di Kota Bengawan khususnya untuk mahasiswa rata-rata mencapai Rp41.000 per hari.

Untuk tempat tinggal pun tidak terlalu mahal. Tarif indekos di Kota Solo berkisar antara Rp2,5 juta per tahun hingga Rp25 juta per tahun.

Sedangkan untuk rumah kontrakan juga sama, yakni mencapai Rp25 juta per tahun.

Begitu pula dengan menyewa homestay atau hotel, ditawarkan mulai Rp100 ribuan saja per hari. Homestay yang ditawarkan juga sangat cocok untuk backpacker karena sudah tersedia fasilitas dapur dan tempat laundry.

Pengalaman Okezone, kalau tak ingin naik kendaraan bermotor, Anda bisa menyewa sepeda keliling Solo, mulai Rp50 ribuan. Traveler bisa menjelajah banyak tempat wisata dan pusat kuliner di Kota Solo.

Dari mulai Keraton Solo, belanja di Pasar Klewer hingga berburu kuliner khas Solo murah dan enak-enak.

Nah, klaim Solo sebagai daerah dengan biaya hidup termurah di Indonesia ditanggapi beragam oleh netizen yang berkomentar di unggahan @soloinfo.

Ada yang setuju dan ada pula yang beranggapan hal tersebut juga tergantung dengan gaya hidup seseorang yang tinggal di Kota Solo.

"Tergantung gaya hidupnya juga sih," kata salah satu netizen.

"Valid pol, aku yg ssudah merantau di berbagai kota. Tep Solo sih yg membuatku jadi mahasiswa tp kaya wkwk," tambah netizen lainnya.

Namun, ada lagi netizen yang mengaku warga Solo pernah membandingkan harga makanan di Kota Solo dan Kendal, yang sama-sama masih di Jawa Tengah.

 

"Aku wong solo asli min dari lahir smp gede saat ini. Tp tiap aku ke Kendal dan makan di kendal kuaget krn makanannya lbh murah dr Solo. Biaya hidup jg lbh murah dr Solo. Tp kalo dr segi kenyamanannya & fasilitas ttp lbh nyaman, komplit dan maju di Solo," ujar netizen tersebut.

Malang

potret

Kota selanjutnya dengan kulinernya yang enak dan terjangkau adalah Malang. Mulai dari cemilan hingga makanan berat, semuanya dijual dengan harga yang murah meriah.

Apalagi kuliner tradisional yang tersedia di sepanjang pinggir jalan, hanya bermodalkan uang Rp15 ribu, Anda bisa menyantap lezatnya orem-orem lengkap dengan minumannya. Jajanan khas kaki lima juga sangat banyak di beberapa sudut kota.

Kota ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat bujet liburan, demi membawakan oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah.

 

Semarang

Selanjutnya ada Kota Semarang, kota yang cantik dengan ikon Lawang Sewunya ini memiliki banyak warung tenda dengan harga yang terjangkau. Sajian kuliner yang disediakan juga sangat nikmat, apalagi dengan kuliner tradisionalnya.

Jika Anda sedang berburu kuliner murah di kota ini, cobain deh Leker Paimo yang sangat legendaris ini. Harga untuk satu porsi jajanan ini mulai dari Rp1.500 hingga Rp15.000, murah sekali yah.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Khas Yogyakarta, Ada yang Eksis Sejak Era Kerajaan Mataram

Yogyakarta

 yogya

Sebagai daerah istimewa, Yogyakarta menjadi salah satu tempat tujuan bagi para wisatawan. Dengan objek wisatanya yang banyak, kuliner disini masing terbilang cukup ramah termasuk di pusat kota.

Kalau soal harga, Anda pasti akan merasa sangat bahagia terutama dengan kondisi perut. Selain murah meriah, porsinya juga melimpah, dan itu pun bukan hanya camilan tapi juga kuliner berat.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda pernah mengunjungi kota-kota ini sebelumnya?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini