4 Minuman Segar Khas Bali Menyehatkan dan Ampuh Lepas Dahaga

Salsabila Jihan, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 301 2346893 4-minuman-segar-khas-bali-menyehatkan-dan-ampuh-lepas-dahaga-8kGAhfU652.jpg Es kuwut. (Foto: Instagram fridajoincoffee)

BALI selalu mengagumkan wisatawan dunia, baik dari segi objek wisata ataupun kulinernya. Saat ke Bali, traveler bisa mencicipi beragam kuliner unik, termasuk deretan minuman menyehatkan.

Ada loloh cem-cem atau minuman jamu, serta Anda bisa juga mencicipi es kuwut yang sangat populer di Bali. Selain itu, masih ada lagi sederet minuman khas Bali yang patut dicicipi saat Anda liburan ke Bali.

Ditulis Okezone, Selasa (19//1/2020), berikut adalah empat jenis minuman khas Bali yang segar nan menyehatkan. Yuk simak!

Loloh cem-cem

loloh

Di Bali, loloh diartikan sebagai jamu, sedangkan cemcem berasal dari kata kecemcem (Spondias pinnata) atau sejenis kedondong hutan yang tumbuh liar di sekitar desa Penglipuran. Minuman tradisional ini berasal dari Desa Penglipuran, Bangli yang terkenal akan kekayaan alamnya dan kebersihan desa adatnya.

Minuman tradisional ini berbahan dasar daun cem-cem (daun kloncing), yang dicampur dengan kayu manis, daun jarak pagar, daun sirih, daun dhadhap, air kelapa, gula aren, dan buah kelapa. Cita rasa yang dihasilkan dari campuran bahan alami tadi akan menghasilkan sensasi yang beragam, yaitu asin, manis, pedas, dan asam.

Minuman berwarna hijau ini ternyata memiliki banyak khasiat, seperti menyegarkan tubuh, melancarkan gangguan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Minuman yang kaya akan rasa ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan dengan ukuran 600 ml yang dibanderol dengan harga di bawah Rp10 ribu.

Baca Juga: 5 Kuliner Tradisional Ini Siap Goyang Lidahmu saat Liburan di Kudus, Apa Saja?

Es kuwut

es

Es kuwut ini salah satu minuman populer di Bali yang berbahan dasar olahan air kelapa muda yang dicampur dengan air perasan jeruk dan tambahan selasih.

Kuwut sendiri diambil dari bahasa Bali yang artinya kelapa. Maka tak heran bila es ini dipenuhi dengan kesegaran dari buah kelapa. Biasanya es kuwut ini ditambah lagi dengan campuran daging buah lainnya, misalnya kelapa, blewah, atau melon.

 

Es tambring

es

Es tambring ini merupakan salah satu minuman tradisional khas Bali yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan gejala panas dalam, meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung, hingga menjadi sumber protein.

Minuman yang kaya manfaat ini memiliki cita rasa gurih yang berpadu dengan rasa manis karena terbuat dari kelapa muda yang dicampur dengan asam jawa dan putih telur ayam kampung. Sangat mantap diminum bersama es batu yang dingin yang pastinya mampu melepas dahaga.

Selain itu, di dalamnya juga bisa ditemukan larutan gula jawa yang digunakan sebagai pemanis alami dari minuman ini. Namun tak menutup kemungkinan ada yang menggunakan gula pasir yang menjadi pengganti gula jawa yang bisa mengurangi khasiat dari es tambring ini.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong Asyik Bernuansa Jepang di Jakarta, Dijamin Betah!

Es daluman

es

Es daluman memiliki bentuk dan rasa yang tidak jauh berbeda dengan es cincau hijau. Bahan baku untuk membuat es daluman ini didapatkan dari daun tumbuhan yang memiliki nama latin Cyclea Barbata Miers, atau daluman (cincau).

Dilansir Okezone dari laman Instagram @baliprovadv, es daluman sangat pas disantap sebagai pelepas dahaga. Daluman bisa juga menghilangkan panas dalam loh.

"Ngademin Tenggorokan sama ngademin Perut pakek Es Daluman yukkk...😗😊

Naa Es Daluman ini cuma ada di Bali loh kalok di luar bali sih biasanya di sebut cincau hijau.. rasanya enak enak nyegerin gituuu...🤤🤤," tulis keterangan foto yang diunggahnya.

Bedanya yang perlu diperhatikan adalah cara pembuatan santan dengan minuman serupa lainnya. Karena santan cair khas Bali dibuat dari kelapa yang dibakar. Selain itu, ada pula yang menambahkan kolang-kaling ke dalam esnya.

Es ini juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti menyembuhkan gejala panas dalam, menurunkan tekanan darah, hingga sebagai bahan anti racun.

"Naa minuman ini juga dapat menghilangkan panas dalam dan memperlancar saluran pencernaan 😍," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini