4 Wisata Kuliner Sekitar Gunung Merapi, Ada yang Eksis Sejak 1950-an

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 301 2346926 4-wisata-kuliner-sekitar-gunung-merapi-ada-yang-eksis-sejak-1950-an-tGLKShglMR.jpg Kuliner sate khas di sekitar Gunung Merapi. (Foto: Instagram @couplefuntripculinary)

BERKUNJUNG ke daerah sekitar Gunung Merapi tidak akan afdol jika tidak menjajal wisata kuliner. Mulai dari tempat makan legendaris hingga menu tidak biasa.

Misalnya saja Sate Donal Pak Min yang sangat terkenal di Kaliurang. Lalu ada Jadah Tempe Mbah Carik yang pas menjadi kudapan.

Untuk yang sudah beberapa kali kesana pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa kuliner tersebut. Tapi masih ada kuliner lezat lainnya di sekitar Gunung Merapi yang pas dinikmati saat liburan, seperti berikut ini.

Sate Donal Pak Min Kaliurang 

sate

(Foto: Instagram @couplefuntripculinary)

Sebagaimana namanya yang merujuk pada tokoh kartun Donal Duck, sate ini berbahan dasar daging entok. Tak hanya sate, rumah makan yang sudah ada sejak 1997 ini juga menyediakan menu tongseng.

"Masih musim hujan nih, dan kalau hujan kan biasanya dingin sejuk gimana gitu, bener gak si? Enak kali ya nyate dulu pake “Sate Donal” alias “Sate Bebek” olahan daging empuk nyes ditambah bumbu kacang kentel nyoss," tulis keterangan Instagram @couplefuntripculinary)/ 

Setiap hari libur tempat ini akan ramai sekali karena berdekatan juga dengan tempat wisata. Bisa langsung dikunjungi ke alamat Jalan Astorenggo, Hargobinangun, Pakem, Kaliurang Barat, Sleman.

Baca Juga: 5 Jajanan Tradisional Khas Yogyakarta, Ada yang Eksis Sejak Era Kerajaan Mataram

Jadah Tempe Mbah Carik 

jadah

Jadah Tempe Mbah Carik ini merupakan kuliner legendaris yang sudah ada sejak 1950-an. Jadah merupakan kombinasi legit beras ketan dan parutan kelapa yang dimakan secara bersamaan dengan tempe bacemnya. Satu hal yang unik adalah cara memasaknya yang masih tradisional menggunakan tungku. Berlokasi di Jalan Kaliurang Nomor Kilometer 12,5 dan banyak cabang lainnya. Dilansir Okezone dari akun Instagram @jogjabikinlaper, jadah tempe ini bisa jadi alternatif makan siang karena mengenyangkan.

"Alternatif makan siang ganti nasi 🤤 Cabang paling cocok dilidah yg dijakal km 15 👍🏻😋 manisnya tempe dan gurihnya jadah cocok bgt sih..," tulis @jogjabikinlaper.

Warung Kopi Klotok

kopi

Warung kopi satu ini buka setiap hari pada pukul 07.00-21.30 WIB dan tidak pernah sepi pengunjung. Konsep menunya adalah masakan rumahan, tapi walau begitu ini tetap jadi tempat favorit untuk disinggahi. Makanan-makanannya yang enak didukung dengan suasana nyaman perkebunan. Selain itu, harganya juga terjangkau. Langsung saja ke Jalan Kaliurang Nomor Kilometer 16, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY.

Baca Juga: Cuaca Panas, Yuk Berburu Kuliner Es Dawet Segar Asli Solo 

Sate Pak Raji

Satu lagi kuliner sate yang tidak boleh terlewatkan. Kali ini bahan daging andalannya adalah kelinci. Dagingnya yang empuk dilumuri dengan bumbu kacang yang nikmat. Pas sekali dinikmati dengan lontong atau nasi. Tempatnya berlokasi di Kaliurang, Hargobinangun, Yogyakarta, Kabupaten Sleman ini buka setiap hari dari pukul 07.00-01.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini