Viral Pramugara Terbang dengan Pesawat Kosong, Reaksi Netizen Tak Terduga!

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 19 406 2346791 viral-pramugara-terbang-dengan-pesawat-kosong-reaksi-netizen-tak-terduga-WRLf423bPm.JPG Unggahan pramugara saat terbang dengan pesawat kosong tanpa penumpang umum (Foto: TikTok/@hizkyamarchel)

BELUM lama ini beredar video viral di TikTok yang menampilkan sebuah pesawat yang terbang adanya seorang penumpang umum di dalamnya. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @hizkyamarchel yang merupakan pramugara maskapai berlogo singa terbang.

“Iya ini aku Ferry Flight dari Denpasar-Balikpapan. Isinya kru doang ber 7,” tulis pramugara bernama Hizkia tersebut dalam videonya.

Hizkia terlihat merekam kondisi pesawat dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Hanya ada 7 orang kru kabin di dalamnya. “Di atas sepiii banget, kursi pax nya kosong smuaa. Safe flight” tambahnya dalam video tersebut.

Sebelumnya Hizkia juga memperlihatkan kertas daftar penumpang yang jumlahnya kosong. Menariknya, netizen justru meresponsnya dengan komentar tak terduga.

Baca juga: Apa Sih Isi Kopernya Pramugari? Verawaty Buka-bukaan

Tak sedikit dari warganet yang mengaitkannya dengan tragedi Siriwijaya Air SJ 182 yang jatuh ke laut pada Sabtu, 9 Januari 2021 lalu. Terlebih video itu diposting sehari setelahnya yakni Minggu, 10 Januari 2021.

Pesawat Kosong

Sebagian netizen berspekulasi jika kosongnya pesawat itu akibat banyak orang takut naik pesawat untuk bepergian setelah insiden Sriwijaya Air beberapa waktu lalu. Video tersebut hingga kini telah ditonton lebih dari 8 juta kali.

“Emang gini guys kalo pesawat abis kecelakaan pasti citranya turun, sama kayak lion air kemarin sabar aja nanti ada juga kok yang naik,” @babi ngorok.

“Please jangan pernah bilang ke orang kaya takut ini itu naik pesawat yang namanya takdir mah mau di manapun tempatnya kalo udah waktunya pasti di cabut,” komentar akun rynmln.

Namun spekulasi tersebut langsung terbantahkan menyusul komentar dari akun @altipramugari.

Akun tersebut menyebut bahwa pesawat itu sedang melakoni penerbangan ferry flight yang memang penerbangan tanpa penumpang.

Ferry flight sendiri bertujuan mereposisi pesawat yang akan digunakan untuk rute dari Balikpapan.

Baca juga: Kisah Pramugara Jualan Burger demi Menghidupi Keluarga di Tengah Corona

Mengutip dari CSE Aviation, ferry flight merupakan penerbangan dengan izin khusus dan Non-Commercial, dan tidak boleh membawa penumpang umum berbayar dan kargo titipan yang berbayar.

Mereka yang diperbolehkan ikut dalam penerbangan ferry flight ialah aircrew. Aircrew sendiri terdiri dari cockpit crew dan cabin crew, serta teknisi yang terdiri atas mekanik dan engineer, maupun direksi atau management representative yang melakukan serah terima pesawat tersebut dapat ikut pulang dengan ferry flight dan beberapa undangan resmi seperti wakil dari pemerintahan jika diperlukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini