2 Maskapai Uni Emirat Arab Terapkan Travel Pass, Ini Fungsinya

Salsabila Jihan, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 406 2347846 2-maskapai-uni-emirat-arab-terapkan-travel-pass-ini-fungsinya-GwghCjS5BA.JPG Calon penumpang maskapai Emirates sedang check-in (Foto: Instagram/@emirates)

DUA maskapai penerbangan nasional asal Uni Emirat Arab (UEA), Emirates dan Etihad berencana menguji coba Travel Pass yakni aplikasi seluler yang memungkinkan pelancong memverifikasi tes dan vaksin Covid-19 dengan maskapai penerbangan dan pemerintah.

Kedua maskapai besar tersebut menjalin kemitraan dengan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) untuk meluncurkan IATA Travel Pass bagi penumpang yang ingin terbang menggunakan maskapai Emirates dan Etihad.

Paspor digital tersebut nantinya akan memudahkan pelancong untuk memverifikasi hasil tes atau vaksinasi Covid-19 di lokasi keberangkatan mereka agar memenuhi persyaratan pengujian dan vaksinasi di tempat tujuan mereka.

Baca juga: Hong Kong Perpanjang Larangan Masuk Pengunjung dari Irlandia dan Brasil

"Mereka juga akan dapat membagikan tes dan sertifikat vaksinasi dengan otoritas setempat dan maskapai penerbangan untuk memfasilitasi perjalanan mereka," sebut IATA seperti dilansir dari AFP.

Maskapai Emirates

(Foto: Instagram/@emirates)

Pada November 2020 lalu, asosiasi tersebut memperingatkan bahwa krisis Covid-19 mengancam kelangsungan industri transportasi udara dan kemungkinan tahun 2020 akan tercatat sebagai tahun terburuk yang pernah ada.

IATA juga mengatakan bahwa untuk dapat menggerakan industri ini lagi, diperlukan pengujian virus yang sistematis. Maka pihak mereka sedang mengembangkan aplikasi yang nantinya dapat membantu menjamin keaslian tes dan sertifikat vaksinasi Covid-19.

Etihad memberi pernyataan, maskapai tersebut berencana menawarkan paspor digital pada penerbangan tertentu dari Abu Dhabi pada kuartal pertama 2021.

Jika berhasil, paspor tersebut nantinya akan ditawarkan juga kepada para penumpang yang melancong ke tujuan lain di jaringan maskapai tersebut.

Sementara itu, sebelum peluncurannya, Emirates berencana mencoba teknologi baru tersebut pada April 2021 yang akan diuji kepada penumpang dari Dubai.

Baca juga: Taiwan Batalkan Festival Imlek Terbesar karena Kasus Covid-19 Meningkat

"Pelanggan Emirates yang bepergian dari Dubai akan dapat membagikan status tes Covid-19 mereka secara langsung dengan maskapai, bahkan sebelum sampai ke bandara, melalui aplikasi yang kemudian akan mengisi detailnya secara otomatis pada sistem check-in," terang IATA.

Uni Emirat Arab sendiri telah meluncurkan program vaksinasi Covid-19 pada Desember 2020 lalu dan sejauh ini sudah 1,8 juta dari 10 juta populasi penduduknya yang sudah divaksin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini