8 Kuliner Khas Sumedang, Enggak Cuma Tahu Goreng Loh!

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 301 2348152 8-kuliner-khas-sumedang-enggak-cuma-tahu-goreng-loh-KwrfebGO9g.jpg Soto bongko khas Sumedang. (Foto: Instagram @wastuhernawasti)

SETIAP mendengar tentang Sumedang, pasti langsung terbayang akan tahu Sumedang yang gurih. Memang sudah tidak bisa diragukan lagi kenikmatan tahu Sumedang yang sudah tersebar ke seluruh Nusantara.

Tetapi, apakah Anda tahu bahwa kota ini memiliki beragam makanan khas yang tidak kalah enak dari tahunya? Ya, Sumedang punya banyak kuliner tradisional yang patut Anda cicipi.

Dilansir dari berbagai sumber, Okezone telah merangkum beberapa macam kuliner favorit khas Sumedang yang mungkin belum Anda ketahui dan bisa dicoba saat berada di sana. Apa saja ya?

Baca Juga: Tempat Kuliner Legendaris Bandung yang Masih Eksis hingga Kini

Tahu Sumedang

tahu

(Instagram @batamdine)

Rasanya yang gurih dan lembut ini membuat siapa saja ketagihan. Pasalnya, makanan ini tidak pernah terlewatkan oleh para wisatawan saat berada di sana. Biasanya, tahu ini dimakan langsung ditemani cabai rawit.

Soto bongko

Soto bongko yang mempunyai arti bungkusan besar. Disajikan bersama lontong yang ditaruh dalam bungkusan besar, potongan tahu kuning yang sudah digoreng, tauge, serta siraman kuah kari bersantan yang berisikan tubuh ayam seperti kepala, sayap atau ceker.

Ubi cilembu

Mirip seperti ubi madu, ubi ini berasal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi ini telah populer di kalangan sejak tahun 1990-an. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis ini membuatnya selalu diserbu wisatawan.

Salak bongkok

Salak ini berasal dari Desa Bongkok, Paseh, Sumedang. Memiliki ciri khas ukurannya yang lebih besar daripada salak pada umumnya, daging buahnya yang tebal, dan rasanya yang manis.

Opak ketan

Seperti namanya, opak ini terbuat dari bahan beras ketan dan campuran kelapa. Rasanya gurih dan enak.

Sale pisang

sale

Makanan ini cocok sebagai camilan manis ditemani secangkir kopi hangat. Disediakan berbagai pilihan ukuran dan camilan ini awet disimpan.

Baca Juga: 4 Minuman Segar Khas Bali Menyehatkan dan Ampuh Lepas Dahaga

Kadedemes

Kadedemes adalah makanan berupa oseng oseng kulit singkong. Jenis singkong yang dipakai untuk membuat kadedemes adalah ubi kayu atau ketela pohon. Bagian dalam singkong yang berwarna putih atau merah muda diolah dan dicampur dengan bahan-bahan lain.

 

Emplod

Terbuat dari campuran singkong, garam, kelapa, dan juga minyak goreng. Ini juga cocok untuk menjadi camilan yang lezat dan gurih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini