Traveling ke Turki, Jangan Lupa Cicipi 5 Kuliner Lezat Ini

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 301 2348663 traveling-ke-turki-jangan-lupa-cicipi-5-kuliner-lezat-ini-5cRbW6T2GM.jpg Sauvlaki, kuliner khas Turki (Instagram @happyathens)

TURKI jadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan Indonesia yang liburan ke luar negeri masa pandemi Covid-19. Negara bekas pusat pemerintahan Kesultanan Ottoman atau Utsmaniah itu punya banyak sekali objek wisata dan aneka kuliner.

Pesona Turki dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan cukup populer di kalangan Muslim Indonesia. Sehingga banyak di antara turis Tanah Air melancong ke sana. Terlebih Turki punya banyak situs-situs sejarah kejayaan Islam, seperti Hagia Sophia. Benda-benda peninggalan sejarah juga masih tersimpan di Turki.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Hagia Sophia

Kuliner Turki juga disukai warga Indonesia. Makanan-makanan Turki memang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena sekarang di Tanah Air mudah ditemui restoran atau cafe-cafe menyediakan kuliner khas negara tersebut. Cita rasanya cocok dengan lidah nusantara.

Jadi, saat berkunjung ke Turki jangan lupa cicipi sederet kuliner khasnya yang lezat. Berikut pilihannya :

1. Lahmacun

Kuliner Tukri satu ini menggunakan bahan baku berupa daging. Lahmacun ini dibuat dengan adonan bundar tipis dengan daging cincang yang umumya menggunakan daging sapi atau domba.

ilustrasi

Lahmacun (Instagram @nihatbingoltr)

Lalu ditambahkan sayur-sayuran, cicangan bawang, tomat, peterseli, dan rempah-rempah seperti cabai rawit, paprika, jintan dan kayu manis yang kemudian dipanggang.

Dari segi penampilannya sekilas terlihat seperti pizza. Itulah mengapa makanan ini juga bisa disebut sebagai pizza Turki.

2. Dolma 

Jika kamu sudah singgah ke Turki, jangan lewatkan makananan satu ini yang tergolong unik karena dimasak dengan cara dibungkus daun lalu dikukus.

Hidangan ini disebut dolmades atau dolmates. Tetapi di Turki warga setempat sering menyebut hidangan ini dolma.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Pulau Natal, Letaknya Dekat Indonesia tapi Milik Australia

Berisikan terong paprika, kol, tomat, dan daging cincang kemudian dibungkus daun anggur lalu dikukus. Bagi warga setempat dolma berisikan daging disarankan disajikan dalam keadaan hangat namun, dolma tanpa daging umumnya disajikan dalam keadaan dingin.

3. Baklava 

Sejenis makanan ringan atau biasa kita sebut camilan ini terdiri dari kacang walnut yang dicincang, pemanis yang umunya menggunakan gula atau madu lalu dibungkus roti tipis.

ilustrasi

Baklava (Instagram @bayram__pastanesi)

“Baklava adalah manisan khas Turki yang sudah terkenal diseluruh penjuru dunia, wajib dicoba kalau kalian sedang liburan ke Turki,” dikutip Okezone dari channel youtube Sambal Teri Turki.

Bentuknya memiliki beberapa varian seperti potongan jajar genjang, persegi panjang dan segitiga. Baklava ini memang memiliki cita rasa manis yang cocok disantap bersama kopi hangat di sore hari.

4. Tabouleh

Selain daging-dagingan, makanan khas turki juga ada yang menggunakan bahan utamanya sayur-sayuran, seperti tabouleh salah satunya.

Khusus kamu yang sedang diet makanan ciri khas Turki satu ini bersifat menyehatkan apabila disantap rutin. karena berisikan macam-macam sayuran yang dicincang halus lalu dicampurkan dalam satu wadah yang diberi bumbu berupa bawang merah,bawang putih, minyak zaitun,perasan lemon dan garam.

Tabouleh ini enak disantap dengan hummus, pita bread, dan beberapa jenis makanan khas Timur Tengah lainnya. Tabouleh juga sering disebut sebagai salad Turki ini juga sangat menarik perhatian para traveller lho.

ilustrasi

5. Souvlaki 

Makanan satu ini memiliki tampilan seperti satai, namun uniknya souvlaki dibalut roti pita dengan dibaluri saus. Makanan satu ini terdiri dari potongan-potongan kecil daging yang dipanggang dengan tusukan satai.

Daging yang digunakan umumnya adalah daging sapi,ayam,domba, atau ikan. souvlaki ini biasanya dijadikan menu makan malam yang disertai dengan ketang goreng.

Ternyata di Yunani dan Siprus daging babi biasa digunakan dalam pengolahan souvlaki juga lho, jadi buat kamu tetap berhati-hati saat melancong ke negara ini yaa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini