Syarat Isolasi Mandiri Covid-19 di Hotel, Gampang Kok!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 406 2348227 syarat-isolasi-mandiri-covid-19-di-hotel-gampang-kok-lyzQadJwh2.jpg Pelayan hotel. (Foto: HIN)

KETERISIAN bed untuk isolasi Covid-19 di rumah sakit kini sudah lebih dari 80 persen. Pasien Covid-19 tanpa gejala atau biasa disebut OTG pun dapat isolasi mandiri di hotel dan syaratnya mudah.

Diterangkan Tenaga Ahli Menteri Kesehatan Bidang Krisis Kesehatan, dr. Iwan Trihapsoro yang ditunjuk sebagai PIC Kemenkes untuk program ini mengatakan, diperlukan adanya pelatihan untuk karyawan hotel agar mereka tidak takut namun tetap waspada.

Kemenkes juga berpandangan bahwa petugas hotel dengan komorbid disarankan untuk tidak berhubungan langsung dengan pasien konfirmasi tanpa gejala, atau bisa mendapat kebijakan bekerja dari rumah (WFH) oleh manajemen hotel sehingga memerlukan koordinasi lebih lanjut.

Baca Juga: Daftar Hotel yang Menawarkan Paket Isolasi Mandiri

dr Iwan menjelaskan, setiap orang yang positif Covid-19 tanpa gejala bisa langsung datang ke hotel. Ada beberapa dokumen yang harus dibawa saat ingin isolasi di hotel.

hotel

1. Membawa KTP

2. Membawa kartu keluarga

3. Membawa surat hasil Swab positif.

4. Membawa surat rujukan dari Puskesmas

“Alur pasien adalah membawa hasil swab positif, check-in hotel, diisolasi selama 14 hari. Selama di hotel akan ada visit dokter dan dilaksanakan pendataan dengan cut off time yang akan ditentukan. Dalam masa isolasi tersebut, pasien tidak diperbolehkan meninggalkan hotel dan menerima tamu,” kata dr Iwan, ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dengan dukungan tambahan hotel sebagai akomodasi isolasi mandiri ini, kedepannya pasien konfirmasi tanpa gejala dan dengan gejala ringan diharapkan tidak melakukan isolasi mandiri di rumah, sehingga tidak berpotensi menularkan kepada keluarga maupun orang sekitar.

“Semoga langkah ini menjadi salah satu upaya yang efektif dari pemerintah untuk menekan laju penyebaran Covid-19," kata dr Iwan.

Baca Juga: Hotel Mau Jadi Tempat Karantina Pasien Covid-19, Penuhi Dulu Syarat Ini

Sejak akhir 2020, lebih dari 33 hotel bintang 2 dan bintang 3 disiapkan untuk merawat pasien positif Covid-19. Ada juga beberapa syarat yang harus dipenuhi hotel untuk dijadikan tempat isolasi mandiri.

"Hotel harus menerapkan protokol kesehatan, surat izin Dinas Kesehatan, surat izin Dinas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, surat rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan bekerja sama dengan rumah sakit," kata Manager Operasional Hotel Swasta di Jakarta, Deny Hendriyatmoko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini