Menjelajah Kota Tua Semarang lewat Film Animasi Karya Anak Bangsa

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 406 2348313 menjelajah-kota-tua-semarang-lewat-film-animasi-karya-anak-bangsa-0gS1XeTk5u.jpg Film animasi Kota Lama Semarang. (Foto: YouTube Rus Animation Studio)

SIAPA ingin menjelajahi Kota Tua Semarang lewat film animasi? Bahkan anak SMK di Kudus membuat film animasi Kota Tua Semarang di era 1930-an loh!

Biasanya banyak tempat yang menarik dikunjungi traveler saat ke Kota Lama Semarang. Dari mulai Taman Srigunting, ada pula Gedung Marabunta yang pada zamannya dijadikan sebagai gedung pertunjukan.

Lalu ada potret Gereja Blendung atau Blenduk, Stasiun Tawang, Gedung Marba, Gedung Marabunta, Masjid Layur, Persimpangan Tengah Kota Lama, Pabrik Rokok Praoe Lajar, dan PT Perkebunan XV. Di dekatnya juga ada Lawang Sewu yang ikonik.

Ya, menonton film di masa pandemi Covid-19 bisa menjadi alternatif. Apalagi buat Anda yang kangen liburan ke Semarang, bisa mengintip film Unstring Your Heart karya siswa SMK Umar Raden Said (RUS) Kudus.

animasi

Siswa SMK RUS pun melakukan riset yang tidak main-main. Arsitektur Kota Tua Semarang era 1930-an hadir dengan sentuhan film kekinian yang pasti disukai traveler.

Selain itu, ada riset motif batik secara mendalam, yang mana batik menjadi kostum batik yang dikenakan tokoh animasi. Ini juga menggambarkan kekayaan khas batik Semarang.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dijadwalkan Sambangi Kepri, Berikut Agendanya

Dikemas menyentuh hati, cerita pun bergerak secara menyentuh, diiringi musik latar khas yang tetap menghadirkan unsur Indonesia tempo dulu yang kaya dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia kepada pecinta tayangan animasi di seluruh dunia.

Jika menyimak cerita di balik layar, banyak hal menarik yang menjadi pengalaman berharga bagi para siswa. Betapa tidak, pembelajaran dikemas dalam bentuk Project Based Learning (PjBL) atau pembelajaran berbasis proyek.

PjBL mengarahkan siswa untuk belajar sistem produksi animasi dari berbagai tingkatan mulai dari pre-production, production, hingga post production.

“Termasuk dalam memproduksi film animasi, siswa bergerak sebagai pembelajar aktif yang merdeka. Ini menjadi proses penting, keduanya terfasilitasi perkembangan inspirasi dan minatnya," ucap Program Associate Djarum Foundation, Galuh Paskamagma lewat keterangan resminya.

Baca Juga: Cantiknya Rumah Gemuk Bali yang Instagenic, Bakalan Nyesel Gak ke Sini

Sementara itu, menurut Kepala SMK RUS, Fariddudin, dalam memproduksi film animasi ini, siswa bergerak sebagai pembelajar aktif yang merdeka. Hal ini menjadi proses penting dimana keduanya terfasilitasi perkembangan inspirasi dan minatnya.

“Setelah dibekali pengetahuan dan ilmu dasar, siswa pun diberikan kesempatan untuk bergerak sesuai minat yang dipilihnya, di bawah bimbingan guru dan sekolah tentunya,” ujar Fariddudin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini