Tempat Wisata di Sumut Jarang Diketahui, Salah Satunya Batu Bernapas

Natalia Christine, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 408 2348267 tempat-wisata-di-sumut-jarang-diketahui-salah-satunya-batu-bernapas-fJHdrWkZxM.JPG Batu Marhosa atau Batu Bernapas (Foto: Instagram/@feri_fadly_halim)

JIKA Anda mendengar Sumatra Utara, apa yang terlintas di benakmu? Danau Toba? Itu wajar saja karena Danau Toba merupakan wisata alam paling populer di sana, tak hanya di Indonesia tapi juga masyhur hingga ke mancanegara.

Namun tahukah Anda jika Sumatra Utara juga memiliki wisata alam yang tak kalah indah dan menarik dari Danau Toba lho. Nah, kira-kira wisata alam apa saja yang menarik di sana, yuk simak ulasannya sebagaimana Okezone rangkum berikut ini.

1. Batu Marhosa atau Batu Bernapas

Destinesi pertama yakni batu marhosa. Batu marhosa ini terletak di puncak tebing Pulau Samosir. Dikatakan batu marhosa karena batu ini dikatakan sebagai batu yang bisa 'bernapas'.

“Batu marhosa atau batu bernapas, yaitu salah satu tempat yang unik di Samosir Danau Toba. Karena batu ini menghembuskan udara dari celahnya. Konon celah di batu tersebut katanya langsung terhubung ke Danau Toba,” demikian penjelasan di akun instagram @feri_fadly_halim.

Baca juga: Syarat Isolasi Mandiri Covid-19 di Hotel, Gampang Kok!

Dikatakan batu bernapas karena batu ini memiliki celah yang dapat mengeluarkan hembusan angin.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, maka coba ulurkan tangan ke celah bebatuan untuk merasakan hembusan yang lembut oleh udara dari celah batu tersebut. Meski tak ada legenda atau misteri yang menyertai batu, namun batu bernapas ini ternyata dianggap sakral.

Tak hanya masyarakat Indonesia, tetapi turis mancanegara juga banyak yang berkunjung ke tempat ini. Sambil menikmati keindahan batu bernapas, masyarakat juga bisa melihat pemandangan Danau Toba dari puncak tebing tersebut.

2. Goa Ergendang

Goa Ergendang yang terletak di Kabupaten Deliserdang ini merupakan goa yang unik. Goa ini bukan hanya sekadar goa biasa. Tetapi di dalam goa tersebut terdapat kolam pemandian air panas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Goa Ergendang

(Foto: Instagram/@travelmatesiantar)

Baca juga: Serunya Pilot Kapten Rafi Noor Goyang TikTok Bareng Pramugari

Harga tiket masuk ke dalam goa hanya Rp13.000 saja. Bukan hanya menikmati kolam pemandian air panas, tetapi para wisatawan juga bisa camping karena telah disediakan lokasi khusus untuk memasang tenda.

“Ada yang kepengen mandi mandi plus nyebur didalam goa ? Nah disini tempat yang recommended gaes,” bunyi caption pada akun instagram @travelmatesiantar.

3. Aek Natonang

Aek Natonang yaitu salah satu obyek wisata yang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Aek Natonang

(Foto: Instagram/@zonabatak)

Pemandangan berupa danau ini, sering dijuluki banyak orang dengan istilah danau di atas danau. Dikarenakan letaknya yang berada di atas pulau yang dikelilingi oleh perairan tawar terbesar Indonesia, yaitu Danau Toba.

Objek wisata ini buka 24 jam dan cukup membayar seharga Rp5.000 wisatawan dapat menikmati keindahan obyek wisata tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini