Deretan Pantai yang Miliki Kisah Misteri, Pernah ke Sana?

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 408 2348394 deretan-pantai-yang-miliki-kisah-misteri-pernah-ke-sana-69iq2f2WkL.jpg Pantai Parangtritis. (Foto: Instagram pantaiparangtritiscom)

PANTAI biasanya menjadi tempat wisata yang digemari banyak orang. Namun siapa sangka di balik keindahan pantai, terdapat sederet cerita misteri yang perlu Anda ketahui.

Mungkin selama ini Anda mengenal deretan pantai selatan punya cerita yang lumayan menyeramkan. Masih terdapat mitos yang tersimpan dan sebagian traveler mempercayai.

Lebih lanjut, Okezone akan mengulas sederet pantai yang terkenal memiliki kisah misteri. Berikut ulasannya, ditulis Kamis (21/1/2021).


Pantai Parangtritis

pantai

Pantai paling populer di Yogyakarta ini dipercaya memiliki cerita mistis. Banyak orang percaya bahwa pantai ini memiliki penunggu yang bernama Nyi Roro Kidul. Menurut mitos, saat ke pantai ini tidak diperbolehkan menggunakan baju berwarna hijau. Karena Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau. Dalam legenda pun, kebaya dan kemben yang ia gunakan selalu berwarna hijau.

Alasan tidak diizinkan menggunakan baju berwarna hijau itu karena Nyi Roro Kidul akan menyukai mereka yang berpakaian warna hijau dan mengambil orang tersebut untuk dijadikan pengikutnya.

Baca Juga: Misteri Kode SOS di Pulau Laki, Ini 4 Kasus Mirip yang Pernah Bikin Gempar

Pelabuhan Ratu

pantai

Pelabuhan Ratu berada di Kota Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Saat mendengar kata Pelabuhan Ratu mungkin Anda akan mengingat nama Nyi Roro Kidul.

Banyak cerita beredar terdapat sebuah hotel di dekat pantai yang bernama Hotel Inna Samudera Beach terdapat kamar 308 yang dipercaya dihuni Nyi Roro Kidul. Kamar ini menjadi daya tarik pengunjung yang penasaran.

Pantai Kedung Tumpang

 pantai

(Foto: Instagram @insanwisata)

Pantai ini memiliki air yang jernih dan tebing-tebing cantik serta pasir putihnya. Tebing-tebing itu membentuk kolam-kolam kecil layaknya jacuzzi yang sering dijadikan spot foto pengunjungnya. Pantai ini banyak dijadikan destinasi wisata di Jawa Timur.

Namun, saat berkunjung ke pantai ini disarankan saat pagi hari ketika air pantai surut. Jika tak mengikuti aturan ini, pengunjung bisa berisiko terseret ombak.

Ada mitos beredar di masyarakat, yakni dilarang membawa buah jeruk. Pasalnya, menurut warga di sana, sesepuh desa pernah berkata bahwa buah jeruk dapat mengundang ombak besar yang membahayakan.

Baca Juga: Wisata Bersih Bakal Jadi Tren Pasca-Pandemi Covid-19

Pantai Petanahan

 pantai

(Foto: Instagram doenk_farkhan)

Pantai yang banyak dijadikan destinasi wisata anak-anak muda ini, berada di Desa Karanggadung, Kebumen, Jawa Tengah. Namun, pantai ini memiliki ombak yang terbilang cukup besar, bisa mencapai 5 meter.

Selain itu, ombak bisa datang kapan saja sehingga menyeret apa saja yang ada di sekitarnya. Pengunjung harus berhati-hati saat berkunjung ke sini agar tak terseret ombak.

Seperti halnya di Pantai Selatan, masyarakat Desa Karanggadung tidak mengizinkan wisatawan mengenakan baju berwarna hijau gadung saat mengunjung pantai ini. Itu karena baju hijau dipercaya akan mengundang ombak besar secara tiba-tiba dan menyeret wisatawan tersebut hingga ke dalam laut.

Sebagai wisatawan, apa pun larangannya di tempat tersebut, alangkah baiknya untuk menghargai. Karena itu merupakan bagian dari adat istiadat yang ada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini