5 Kuliner Manado Favorit Traveler, Sudah Pernah Coba?

Alfina Nur Hayati, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 301 2348977 5-kuliner-manado-favorit-traveler-sudah-pernah-coba-ZGSanWICI3.jpg Tinutuan khas Manado. (Foto: Instagram voilajogja)

MANADO terkenal dengan beragam kuliner yang lezat. Sajian makanan di Tanah Nyiur Melambai ini memiliki citra rasa pedas dengan bumbu khas yang menggoda selera.

Karena kaya akan hasil laut, maka kebanyakan bahan dasarnya adalah seafood. Bagi Anda yang pelesiran ke kota ini, sebaiknya mencoba berbagai kuliner khas yang dapat menggoyang lidah.

Apa saja kuliner Manado favorit traveler? Berikut Okezone rangkum beberapa makanan yang bisa Anda nikmati.

Cakalang fufu

 cakalang

(Foto: Instagram @eriwijaya)

Bagi pencinta makanan pedas yang sedang berwisata ke Manado, jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini. Cakalang fufu dibuat dari ikan cakalang atau tongkol putih yang mengalami proses pengasapan (fufu). Ikan segar yang diasapi ini diolah menjadi berbagai menu. Salah satunya cakalang fufu santan, atau yang paling enak cakalang fufu saus.

Sajian menu ini dilengkapi dengan sambal dabu-dabu. Bahannya tidak diulek, tetapi hanya dipotong-potong sehingga menghasilkan campuran rasa yang unik dan pedas. Cakalang fufu sangat enak disantap saat masih panas. Anda dapat mencarinya dengan mudah. Paling banyak di Jalan Wakeke atau Jembatan Sario.

Baca Juga: 8 Kuliner Khas Sumedang, Enggak Cuma Tahu Goreng Loh!

Tinutuan

Tinutuan menjadi salah satu kuliner khas Manado yang sangat terkenal. Makanan ini dibuat dari berbagai jenis sayuran, seperti labu kuning atau sambiki, beras, singkong, bayam, kangkung, daun gedi, jagung, dan kemangi.

Seperti bubur lainnya, Tinutuan cocok disantap pada pagi hari. Sangat lezat dinikmati saat hangat. Anda bisa menemui kuliner ini di Jalan Wakeke. Di sana, banyak warung yang menyediakan bubur tinutuan dengan berbagai pelengkap.

Woku belanga

 woku

Woku belanga dimasak dalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Ini salah satu cara orang Manado mengolah ikan. Makanan ini dibuat dari campuran bumbu daun jeruk, daun kunyit, daun serai, kemangi, dan tambahan bumbu lainnya. Aromanya sangat wangi dan memiliki cita rasa pedas yang segar.

Beberapa jenis ikan yang biasa diolah, antara lain ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, termasuk kepiting dan udang. Woku belanga menjadi makanan sehari-hari orang Manado dan Sulawesi Utara. Jika berkunjung ke Manado, masakan berkuah ini mudah dijumpai di restoran dan warung makan tradisional.

Gohu

Gohu menjadi salah satu makanan khas Manado yang unik. Masakan rujak ini berisi irisan buah pepaya yang dicampur air, cuka, gula aren, cabai halus, dan bakasang (fermentasi perut ikan). Ditambah pula jahe untuk membuat cita rasa yang sedikit berbeda dengan rujak lainnya.

Kuliner jenis asinan ini sedap sekali disantap saat cuaca panas di siang hari. Daging buah pepaya yang belum begitu matang membuatnya renyah saat dikunyah. Gohu hanya dapat ditemukan di Manado dan sekitarnya.

Baca Juga: Tempat Kuliner Legendaris Bandung yang Masih Eksis hingga Kini

Pisang goreng

Pisang goreng Manado memiliki keistimewaan yang membuatnya berbeda dengan pisang goreng lainnya. Di sana, pisang goreng disantap dengan cocolan sambal dabu-dabu atau sambal roa. Selain pisang sepatu, ada juga pisang goreng yang khas. Namanya pisang goroho, yang digoreng saat belum masak.

Buah ini digoreng hingga garing, lalu dicocol dengan sambal. Anda dapat menemukan pisang goreng Manado dengan mudah. Salah satu tempat favorit wisatawan ada di kawasan kuliner sabuah bulu di Malalayang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini