Bukan Hanya Penjara, Ini 5 Destinasi Wisata Keren di Pulau Nusakambangan

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 408 2349195 bukan-hanya-penjara-ini-5-destinasi-wisata-keren-di-pulau-nusakambangan-VQ5a6Hzenx.jpg Pulau Nusakambanga, Jawa Tengah (Foto KKP)

KETIKA mendengar Pulau Nusakambangan orang-orang biasanya langsung terpikir tentang penjara menyeramkan tempat dikurungnya napi-napi kelas berat.

Memang Nusakambangan memiliki beberapa Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas berkeamanan tinggi, tempat dihukumnya narapidana kasus-kasus kejahatan berat seperti terorisme, mafia narkoba dan lainnya.

Namun, pulau yang secara geografis masuk wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini tak seseram yang dibayangkan. Karena sekitar Pulau Nusakambangan memiliki destinasi wisata yang indah.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Pulau Natal, Letaknya Dekat Indonesia tapi Milik Australia

Berikut beberapa destinasi wisata di Pulau Nusakambangan yang dirangkum Okezone dari Indonesia Travel, channel Youtube Dear Widha, Direktori Pulau Kecil Indonesia, akun Instagram @explorenusakambangan :

1. Pantai Permisan

Pulau Nusakambangan terdiri dari dua wilayah, timur dan barat. Bagian barat adalah tempat sebagian besar penjara berada. Nusa Kambangan dipisahkan dari Pulau Jawa oleh selat Segara Anakan yang sempit.

Untuk mencapai pulau ini, Anda harus pergi ke Cilacap terlebih dahulu. Bandara terdekat adalah Bandara Tunggul Wulung, 9 km dari pusat kota.

ilustrasi

Pantai Permisan, Nusakambangan (Instagram @susi_widodo)

Pantai Permisan sendiri berada di pesisir selatan Pulau Nusakambangan. Pasirnya memiliki warna yang unik dan bergradasi, karena hasil dari percampuran pasir putih dan hitam sehingga menghasilkan warna abu-abu yang cantik. Ombak di pantai ini tergolong besar.

Selain pantai nya yang indah, di pantai terdapat batu karang yang bisa anda naiki ketika ombak sedang surut. Namun harus hati-hati karena karangnya sedikit terjal. 

2. Pantai Ranca Babakan

Pantai Ranca Babakan ini dijuluki “Hidden Paradise”nya Cilacap karena memang lokasinya yang tersembunyi dan jarang dikunjungi orang.

Dalam video vlog yang diunggah oleh channel Youtube Dear Widah, perjalanan menuju ke Pantai Ranca Babakan memang cukup melelahkan karena untuk menuju ke sana perlu naik kapal 2 kali dan masih harus jalan kaki menyusuri hutan untuk bisa sampai ke pantai.

ilustrasi

Pantai Ranca Babakan, Nusakambangan (Instagram @rancababakanbeach)

Namun rasa lelah akan terbayar karena pengunjung akan disambut pantai yang indah dan eksotis. Pasir pantai yang berwarna putih bersih dengan air laut yang berwarna biru kehijauan akan memanjakan mata anda.

“Overall ini pantainya tu sepi nggak ada orang, sama pasirnya tuh warna putih gitu. Keren banget” ungkap Youtuber Dear Widha dalam videonya yang diunggah pada 22 Juli 2020.

3. Goa Ratu

Goa Ratu terletak di perbukitan kapur di Pulau Nusakambangan bagian tengah. Goa Ratu ini cukup menarik sebagai obyek wisata alam. Dikutip dari Wikipedia, Panjang Goa Ratu kurang lebih 4 km dan lebar 20 meter.

Goa ini sangat masih alami karena ditumbuhi oleh pepohonan yang menambah kesejukan dan kenyamanan di dalamnya. 

Dari mulut goa ke dalam banyak dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit yang masih asli dan relatif indah. Kedua goa tersebut mempunyai lorong yang mudah dilalui sampai dengan panjang 140 meter dan lebar 14 sampai 20 meter, sekitar 70 meter terdapat reruntuhan atap goa yang menunjukan pemandangan dengan latar belakang stalaktit dan stalakmit.

Goa ini juga memiliki banyak misteri dan kengerian yang ada di dalamnya. Konon goa Ratu merupakan goa tua sebagai istana atau kerajan siluman. Lalu ada satu batu bernama Batu Gondo Mayit yang dipercaya warga kerap kali mengeluarkan bau bangkai mayat di waktu-waktu tertentu.

Selain itu di goa Ratu ini ada juga Goa Merah yang konon katanya digunakan sebagai tempat pembantaian pada zaman PKI.

4. Benteng Karang Bolong

Benteng ini merupakan tempat bersejarah karena dibangun awalnya oleh Portugis sejak 1716 dan dikuasai Belanda saat menjajah Indonesia.

Dikutip dari laman Kemendikbud, jarak benteng ini dengan benteng terdekat yaitu Benteng Klingker berkisar 1,6 Km dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat dan laut.

ilustrasi

Bangunan yang terdapat di Benteng Karangbolong adalah gerbang benteng, bangunan induk, sisa-sisa rumah belanda dan sebuah benteng Jepang.

Di bagian luar benteng terdapat meriam berwarna hitam tampak yang sengaja dibiarkan teronggok. Meskipun telah dimakan usia namun benteng ini masih terlihat sangat kokoh. Hanya saja sebagian besar bangunannya terlilit akar pohon yang banyak terdapat di seputaran benteng.

5. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan menjadi salah satu destinasi populer yang ada di pulau Nusakambangan. Terletak di sebelah timur pulau, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut. Selain itu pantai ini terkenal akan pepohonan hijau nya yang tumbuh subur. Dimana banyak fauna dan flora di hutan tersebut.

Bila Anda beruntung, maka anda bisa melihat burung, babi, kera, ular, macan kumbang, dan harimau. Ada juga tumbuhan anggrek hutan ukuran besar yang tumbuh di sepanjang pantai.

Pantai ini juga telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti musala bersih, kamar mandi dan toilet dan penginapan dengan fasilitas memadai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini