5 Destinasi Wisata Edukasi di Tangerang Raya, Cocok Buat Liburan Akhir Pekan

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 408 2349287 5-destinasi-wisata-edukasi-di-tangerang-raya-cocok-buat-liburan-akhir-pekan-CIFBQyNbDF.jpg Scientia Square Park di Tangerang (scientasquarepark.com)

AKHIR pekan asyiknya diisi dengan jalan-jalan bersama keluarga ke tempat wisata atau pusat perbelanjaan, menyantap makan siang di restoran keluarga dan lainnya. Tak ada salahnya juga mengajak keluarga menikmati wisata edukasi.

Selain dapat menghilangkan bosan, wisata edukasi juga memiliki banyak manfaat sebab bisa menambah pengetahuan. Terlebih bagi anak-anak, jadi bisa mengajak mereka bermain sambil belajar.

Baca juga: Tempat-Tempat Rekreasi Anak Seru di Tangerang, Pas untuk Liburan Sekolah 

Wisata edukasi dapat berupa agrowisata, museum, taman baca, dan sebagainya. Di Indonesia sudah terdapat banyak objek wisata edukasi yang menarik dikunjungi. Salah satunya di Tangerang Raya.

Berikut pilihan destinasinya :

1. Scientia Square Park

Tidak hanya untuk anak-anak, Scientia Square Park juga cocok dikunjungi untuk remaja hingga orang dewasa. Scientia Square Park adalah tempat wisata yang menawarkan ruang terbuka hijau dengan bermacam-macam fasilitas yang akan membuat Anda betah.

Mulai dari wisata edukasi, outbound, berkuda, wall climbing, dan masih banyak lagi.

Uniknya, di Scientia Square Park juga terdapat hewan Alpaca dimana Anda bisa berinteraksi dan berfoto dengannya. Bagi yang suka mencari spot instagenic untuk memperindah feeds Instagram juga tidak perlu khawatir karena Scientia Square Park punya banyak spot foto yang menarik.

Lokasinya berada di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangeran,  Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang. Tiket masuknya Rp45.000 per orang pada hari biasa dan Rp95.000 di akhir pekan.

2. Kandank Jurank Doank

Jika si kecil suka sesuatu berbau seni, Kandank Jurank Doank (KJD) bisa menjadi destinasinya. Sambil menikmati keindahan alam, di sini anak-anak akan diajak bernyanyi, menari, melukis, membuat karya, dan fotografi.

Kandank Jurank Doank dirintis sejak tahun 1993 oleh artis dan seniman Dik Doank. Mulanya, tempat ini adalah sekolah alam bagi anak-anak kampung sekitar.

ilustrasi

Kandank Jurank Doank (Instagram @kandankjurank)

Menurut Dik Doank, lewat alam, anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya, kemudian mengembangkannya. Seiring berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank berkembang menjadi tempat yang dapat dinikmati oleh anak-anak kalangan manapun.

Baca juga: 4 Tempat Nongkrong Asyik & Nyaman di Bekasi, Yuk Mampir!

Kandank Jurank Doank terletak di Komplek Alvita Blok Q Nomor 14 Sawah Baru, Tangerang Selatan. Biaya masuk gratis.

3. Teluk Naga Mas

Sesuai namanya, Taman Wisata dan Edukasi Teluk Naga Mas terletak di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Taman ini beridi di areal seluas lebih dari 5 Ha dan dibangun sejak 2010.

ilustrasi

Teluk Naga Mas (teluknagamas.com)

Fasilitas yang disuguhkan Teluk Naga Mas (TNN) diantaranya wahana permainan seperti perahu bebek, flying fox, kereta keliling, dan sebagainya. Terdapat juga sarana seni pertunjukan dan konvensi, area niaga, dan sarana edukasi berupa saung pendidikan serta gazebo hutan.

Biaya masuknya Rp15.000 per orang.

4. Taman Buaya Tanjung Pasir

Taman Buaya Tanjung Pasir atau kerap kali dikenal dengan Penangkaran Buaya Tanjung Pasir merupakan sebuah penangkaran buaya yang juga objek wisata di Jalan Raya Tanjung Pasir KM 29, Kecamatan Teluknaga, Tangerang.

Luasnya mencapai 5 hektar dan berlokasi dekat dengan jalan raya sehingga calon pengunjung tidak sulit untuk menemukannya. Di sini terdapat sekitar 500 ekor buaya dengan usia bervariasi.

Biaya masuk Rp8.000 bagi orang dewasa dan Rp4.000 untuk anak-anak.

ilustrasi

5. Kampung Dongeng Indonesia

Wisata Kampung Dongeng Indonesia di Jalan Musyawarah Nomor 99, Ciputat, Tangerang Selatan ini berdiri pada 2009. Kampung Dongeng merupakan gerakan sosial yang dicetuskan oleh Kak Awam (Moch Awam Prakoso) yang memiliki misi melahirkan anak dengan karakter baik dan kuat melalui media dongeng.

Wisata Kampung dongeng ramai dikunjungi karena dikenal akan atraksi-atraksi menarik yang bisa diikuti, pesona alam yang bisa memanjakan mata, serta sambutan masyarakat yang ramah. Contohnya adalah workshop, berkemah, field trip, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini