Yummy! 5 Kuliner Jambi Paling Menggoyang Lidah

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 301 2349607 yummy-5-kuliner-jambi-paling-menggoyang-lidah-gOERMKEPJl.jpg Nasi Gemuk khas Jambi. (Foto: Instagram eattimestory)

LIBURAN dan wisata kuliner adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Untuk itu, rasanya tidak lengkap jila berkunjung ke Jambi kalau tak mencicipi kulinernya.

Kuliner Jambi, kota dengan motto “Tanah Pilih Pesako Betuah” ini tidak kalah eksis dari kota-kota lainnya di Pulau Sumatera. Ada banyak kuliner yang diburu wisatawan dan mirip seperti di Palembang.

Saat traveling ke Kota Jambi sayang sekali bila Anda melewatkan kulinernya. Berikut 5 rekomendasi wisata kuliner yang menarik Anda cicipi selama di Kota Jambi.

Baca Juga: 4 Tempat Nongkrong Asyik & Nyaman di Bekasi, Yuk Mampir!

Mie Celor

 mi

Mie Celor adalah rekomendasi pertama yang Okezone berikan. Kuranh rasanya jika Anda berkunjung ke Jambi tapi tidak mencoba sajian yang satu ini. Mie Celor yang paling nikmat di Jambi bisa Anda cicipi di Mie Celor Xaverius.

Di sini Mie Celor dibanderol dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya itu, Mke Celor juga disajikan dengan kuah kaldu gurih yang nikmat. Untuk toppingnya diberi suwiran daging.

Memiliki perpaduan rasa yang enak dan harga yang terjangkau, membuat Mie Celor di sini sukses dicintai banyak orang. Berlokasi di depan SD Xaverius Pasar Jambi, sebaiknya Anda datang pagi hari.

Nasi Gemuk

Jika warga Jakarta punya Nasi Uduk, warga Jambi punya Nasi Gemuk. Disajikan dengan lauk pauk membuat sajian ini jadi salah satu pilihan menu sarapan kesukaan warga Jambi.

Walaupun terlihat sama, kedua sajian ini tentu saja berbeda. Nasi Gemuk disajikan bersama telur rebus, teri kacang goreng, suwiran ayam, suwiran daging, kuah kari, kerupuk, dan sambal.

Jika Anda berminat mencoba menu sarapan ini, cukup menyusuri jalanan kota Jambi di pagi hari.

 

 

Kwetiau Siram

Sajian seperti mi, bihun, dan kwetiau banyak sekali ditemukan di rumah makan di Jambi. Salah satu menu yang paling terkenal adalah Kwetiau Siram.

Uniknya, kwetiau di Jambi dibuat dari tepung beras. Bentuknya pun lebih tebal dari kwetiau di daerah lainnya.

Untuk menu Kwetiau Siram, kwetiau biasanya digoreng lebih dulu bersama camliran telur. Kemudian disiram dengan kuah kental, daging, bakso, serta potongan sayur.

Salah satu rumah makan yang menyajikan Kwetiau Siram yang nikmat adalah RM Lestari. Langsung saja datangi lokasinya di Mayang Mangurai, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

Baca Juga: Mau Ngopi Sambil Offroad Seru, Cobain Deh ke Bukit Jengkoang di Kota Batu

Kue Kojo

kue

(Foto: Instagram farlindasaid)

Selain makanan berat, warga Jambi juga punya kue khas, Kue Kojo namanya. Sajian teman kopi ini bertekstur kenyal seperti percampuran kue dan agar-agar.

Memiliki warna hijau, Kue Kojo terbuat dari campuran pandan dan santan. Punya cita rasa gurih, aroma yang dikeluarkan pun sangat kuat.

Saking populernya, kue khas Jambi ini jadi kesukaan warga lokal dan wisatawan. Kue Kojo dapat Anda beli dengan mudah di pasar tradisional maupun daerah Talang Banjar dan Pasar Hongkong.

Es Kumpeh

Untuk makanan penutupnya, ada Es Kumpeh. Karena cuaca di siang hari cukup panas, Es Kumpeh jadi digemari di kota Jambi.

Es Kumpeh terbuat dari campuran susu dan aneka rasa. Salah satu tempat Es Kumpeh yang terkenalcadalah Es Kumpeh Delico. Di sana terdapat dua jenis menu yang bisa dipilih, yaitu original dan super.

Untuk rasanya ada cokelat, durian, alpukat, stroberi, nangka, dan vanila. Pembeli juga bisa memilih menggunakan gelas, roti, atau cone. Anda bisa segera berkunjung ke lokasinya di Jalan Kol. Pol. M. Thaher, Pakuan Baru, Jambi Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini