Share

Unik Beraroma Pandan, Kopi Klepon Khas Sidoarjo Ini Jadi Incaran

Elvina Maharani Putri, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 301 2349844 unik-beraroma-pandan-kopi-klepon-khas-sidoarjo-ini-jadi-incaran-JDckP69spK.JPG Kopi klepon khas Sidoarjo, Jawa Timur (Foto: Instagram/@liqove)

APA yang terlintas di pikiranmu jika klepon dijadikan sebagai inovasi sebuah varian dari kopi? Tentu saja menurutmu itu hal yang asing, karena kopi memang identik dengan rasa pahit.

Namun, sekarang banyak kafe menawarkan varian kopi yang berbeda sebagai daya tarik utamanya, salah satunya kopi klepon.

Klepon sudah umum di kalangan masyarakat menjadi santapan jajanan tradisional yang terbuat dari kue beras berwarna hijau.

Baca juga: Ngopi di Batam, Sandiaga Uno Temukan Bukti Parekraf Bangkit Lagi

Sering kita temui klepon dibentuk seperti bola-bola kecil yang berisikan gula merah kemudian ditaburi parutan kelapa yang menambah kelezatan kuliner khas Jawa Timur ini.

Untuk proses pembuatan kopi klepon cukup sederhana. Biji kopi digiling kemudian dipacu cairan gula aren, susu, cocopandan, dan aroma pandan.

Kopi klepon bisa disajikan dalam bentuk panas ataupun dingin sesuai selera. Agar semakin nikmat, kopi klepon juga bisa disantap bersama kue klepon sebagai camilannya.

Baca juga: Kopi Daong, Bukan Sekadar Tempat Ngopi Biasa

Bagi kamu yang ingin mencoba kopi klepon tak perlu khawatir, karena bisa kamu temui di salah satu kafe di Jakarta yaitu Liqove Coffe & Eatery, yang berada di Jalan Bambu Wulung, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Kafe Liqove Coffee & Eatery ini menawakan kopi klepon yang dikemas dalam gelas plastik. Ukurannya seperti gelas kopi pada umumnya. Tampilannya dibuat menarik karena memiliki gradasi tiga warna dalam satu gelas, ada warna cokelat, kemudian putih dan di bagian paling bawah berwarna hijau.

“Suka banget sama Eskosu Kleponnya, rasanya gak kemanisan, rasa kopinya tetap dominan tapi ada sentuhan manis kleponnya gitu," tulis akun Instagram @worthyourvisit.

Dari respons para netizen yang berkomentar pada unggahan @worthyourvisit, Kafe Liqove ternyata juga menawarkan beberapa menu non-kopi seperti Matcha Butter Cheese, Red Velvet Butter Cheese, Passion Fruit dan Chocolate.

“Kemarin udah ke situ tempatnya lumayan luas yaa. Kopi dan non kopinya ajib gak kaleng-kaleng," ungkap seorang neziten.

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @liqove, satu cup Eskosu Klepon dibanderol seharga Rp24.000. Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba, kafe ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. Jadi, jangan kemalaman kalau mau mampir ke sini ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini