Unik! Danau di Kanada Ini Bermotif Polkadot, Diyakini Bisa Sembuhkan Penyakit

Fatha Annisa, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 408 2349877 unik-danau-di-kanada-ini-bermotif-polkadot-diyakini-bisa-sembuhkan-penyakit-ZHXmLVFcgb.JPG Spotted Lake, danau bermotif polkadot di Kanada (Foto: anthropodermic)

DI BAGIAN Barat Laut Osoyoos, British Columbia, Kanada, terdapat sebuah danau yang terlihat biasa saja pada musim dingin dan semi.

Namun jika Anda berkunjung pada musim panas, jangan kaget melihat areal perairan itu berubah menjadi danau bermotif bitnik-bintik kuning, hijau, dan biru di permukaan airnya.

Mengutip laman HelloBC, Danau dengan luas tidak terlalu besar ini kaya akan kandungan mineral, termasuk kalsium, natrium sulfat, dan magnesium sulfat.

Selama musim panas, air di danau akan menguap, meninggalkan konsentrasi mineral yang membentuk bintik-bintik di permukaan danau. Ragam ukuran dan warna bintik-bintik tersebut bergantung pada konsentrasi mineralnya.

Baca juga: Ini Alasan WHO Akui Madinah sebagai Kota Tersehat di Dunia

Danau polkadot di Kanada

(Foto: Instagram/@michaelwachniak)

Spotted Lake, begitu danau ini disebut merupakan danau endorheic alkali yang tepatnya berlokasi di kawasan terlindungi padang rumput Okanagan Selatan. Untuk mencapai ke sana, Anda harus menempuh jarak sejauh 10 kilometer dari Osoyoos.

Tanah tempat danau ini berada merupakan milik pribadi, tetapi pada 2001 silam, pemerintah federal memperolehnya untuk kemudian dilindungi dari pembangunan sehingga bangsa Okanagan akan terus mendapat manfaat di masa mendatang.

Perlindungan ini dilakukan guna memastikan bahwa fenomena alam yang sungguh unik dan luar biasa ini dapat dilihat oleh orang-orang di tahun-tahun yang akan datang.

Selain Spotted Lake, danau ini juga dikenal sebagai Kliuk oleh bangsa pertama di daerah Osoyoos. Kliuk dianggap sebagai tempat penyembuhan dan tempat suci selama berabad-abad silam. Ada keyakinan yang mengatakan bahwa setiap lingkaran memiliki khasiat obat dan penyembuhan yang unik.

Selama masa Perang Dunia I, mineral dari danau digunakan untuk membuat amunisi. Setiap harinya, sebanyak satu ton garam dipanen oleh buruh dari permukaan danau untuk dikirim ke pabrik amunisi Kanada bagian timur.

Disebutkan bahwa sebelum kegiatan penambangan dilakukan, Spotted Lake menampilkan banyak variasi warna dan keindahan artistik yang lebih menakjubkan.

Keunikan objek wisata yang ramai dikunjungi pada musim panas ini sayangnya tidak bisa dinikmati mata dari jarak dekat. Pengunjung juga tidak diperbolehkan bermain air di sana.

Sebuah pagar telah dibangun sebagai pembatas untuk melindungi keindahan fenomena alam yang langka itu. Meski demikian, tak perlu khawatir, karena terdapat banyak spot bagus di sepanjang jalan raya untuk melihat danau unik itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini