Kenapa Cristiano Ronaldo Tolak Promosikan Pariwisata Arab Saudi, Padahal Bayarannya Menggiurkan?

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 406 2350358 kenapa-cristiano-ronaldo-tolak-promosikan-pariwisata-arab-saudi-padahal-bayarannya-menggiurkan-fJAsz44k40.jpg Cristiano Ronaldo (Reuters/Pedro Nunes)

CRISTIANO Ronaldo dilaporkan telah menolak tawaran menjadi duta pariwisata Arab Saudi, meski dibayar 6 juta Euro atau setara Rp103 miliar per tahun. Belum diketahui apa alasan CR7 menolak tawaran menggiurkan tersebut.

The Telegraph melaporkan bahwa megabintang sepak bola asal Portugal yang kini bermain untuk Juventus itu menolak gambarnya digunakan sebagai bahan promosi pariwisata Arab Saudi.

Baca juga: 153 WN China Dikarantina Setiba di Bandara Soekarno-Hatta

Dalam kesepakatan yang ditawarkan, Cristiano Ronaldo juga diharuskan mengunjungi negara Teluk itu seminggu sekali.

Tim marketing Ronaldo menolak berkomentar tentang kenapa mantan bintang Manchester United dan Real Madrid tersebut tak bersedia menerima tawaran Arab Saudi.

Menurut The Telegraph, Dewan Pariwisata Arab Saudi juga mengajukan tawaran serupa kepada megabintang Barcelona Lionel Messi.

Mengutip Morocco World News, Senin (25/1/2021), tawaran kepada Ronaldo dan Messi untuk memperkuat pariwisata bagian dari dari strategi mencapai visi Arab Saudi 2030, yakni untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan citra Saudi di internasional.

Baca juga: Belgia Larang Perjalanan Wisata hingga Maret 2021

Saudi sering menerima kritik karena hukuman yang keras terhadap aktivis dan kritikus.

Aktivis dan komunitas internasional juga mengecam Arab Saudi setelah pembunuhan jurnalis terkemuka Jamal Khashoggi.

Oleh karenanya, Arab Saudi mendekati selebritis dunia untuk mengajak promosi negaranya.

Ini bukan pertama kalinya tawaran Arab Saudi ditolak oleh selebriti.

Pada 2019, rapper ternama Nicki Minaj membatalkan penampilannya di Jeddah Word Festival, Arab Saudi

"Setelah perenungan yang cermat, saya memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan jadwal konser saya di Jeddah World Fest," katanya

Nicki Minaj mengatakan bahwa keputusan itu karena dukungannya terhadap hak-hak perempuan, komunitas LGBTQ, dan kebebasan berekspresi, yang kesemuanya secara rutin dikritik oleh Arab Saudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini