Deretan Pantai Indah di Wakatobi, Pusat Segitiga Terumbu Karang Dunia

Alfina Nur Hayati, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 408 2350089 deretan-pantai-indah-di-wakatobi-pusat-segitiga-terumbu-karang-dunia-po6kqFBlMu.JPG Pantai Waha, Wakatobi (Foto: Instagram/@wakatobi.ku)

WAKATOBI menjadi bagian dari segitiga terumbu karang dunia. Keindahan pantainya bisa langsung disaksikan dengan mata telanjang. Banyak turis domestik hingga internasional yang menjajal sensasi wisata di Sulawesi Tenggara ini.

Dengan slogan 'Surga Nyata Bawah Laut di Pusat Segitiga Karang Dunia' (The Heart Of Coral Reff Triangle Centre), Wakatobi menawarkan kekayaan alam bawah laut dan keanekaragaman hayati yang memesona. Di sana, ada sekitar 942 spesies ikan dan 750 spesies karang menghuni wilayah perairan.

Kepulauan ini memiliki setidaknya 40 titik penyelaman kelas dunia yang terkenal dengan keindahan biota lautnya. Bahkan, saintis dan penyelam terkemuka dunia, Jacques Cousteau, menetapkan Wakatobi sebagai perairan dengan lokasi diving terbaik di dunia.

Tidak heran, Wakatobi menjadi magnet bagi para penyelam dari seluruh dunia. Namanya sendiri akronim dari empat pulau utama, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Ini bukti Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah.

Baca juga: Berkunjung ke Wakatobi, Wamendes Bicara soal Desa Wisata

Pesona baharinya yang sudah diakui dunia bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan nih! Bagi Anda yang masih memerlukan referensi, berikut Okezone rangkum lima pantai indah di Wakatobi.

1. Pantai Hoga

Pulau Hoga memiliki pantai dengan pesona yang menakjubkan. Hamparan pasir putih dan air laut yang biru, tenang, dan jernih memberikan kedamaian tersendiri. Panorama biota lautnya juga tidak kalah cantik. Aneka ragam karang dan ikan laut yang berwarna-warni dapat dilihat di sini.

Pantai Hoga

(Foto: Instagram/@visitwakatobi)

Selain menawarkan keindahan laut, Pulau Hoga juga dilengkapi berbagai fasilitas homestay. Akses menuju pulau ini dapat dimulai dari Kendari atau Baubau, lalu menyeberang ke Pulau Hoga. Anda juga dapat menyewa kapal dari dermaga di Wanci dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

2. Pantai Moli'i Sahatu

Sesuai namanya, pantai Moli’i Sahatu memiliki lebih dari seratus mata air yang muncul dari dasar laut. Meskipun keluar dari dasar laut, airnya tetap terasa tawar. Airnya dipercaya bisa membuat seseorang awet muda. Ada juga yang meyakini cuci muka dengan pasangan di tempat ini, akan membuat hubungan lebih romantis.

Baca juga: Kabar Gembira! Wakatobi Siap Sambut Kembali Wisatawan Domestik

Pantai Molii Sahatu

(Foto: Instagram/@vannomadic.tours)

Terlepas dari mitos, pesona Pantai Moli’i Sahatu memang indah, dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna hijau kebiru-biruan. Jajaran pohon kelapa yang menjulang tinggi sangat mendamaikan hati. Pantai yang terletak di Patuno, Wangi-Wangi ini jaraknya sekitar 10 km dari pusat kota. Jika Anda ingin berkunjung, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

3. Pantai Sousu

Keindahan panorama alam di pantai Sousu bisa melepas penat Anda. Berlokasi di Matahora, Wangi-Wangi, pemandangan matahari terbit di sini menjadi salah satu yang terbaik. Tidak heran, pantai ini favorit bagi para sunrise hunter.

Pantai Sousu

(Foto: Instagram/@wakatobidivetrip)

Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa snorkeling atau diving untuk menyaksikan pesona biota laut yang memukau.

Pantai Sousu memang terkenal dengan keanekaragaman karang dan koral. Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menjajal keindahan alam bawah lautnya. Jika tidak bawa alat, Anda bisa dengan mudah menyewa di sana.

4. Pantai Waha

Jika menikmati sunrise di Pantai Sousu, Anda dapat menyaksikan sunset terbaik di Pantai Waha. Pantai di Jalan Waha, Sombu, Wangi-Wangi ini menghadap langsung ke arah Laut Banda. Paling tepat berada di sana saat matahari terbenam. Jika cuaca cerah, sunset akan terlihat bulat sempurna.

Pantai Waha

(Foto: Instagram/@endah182)

Pantai pendatang baru ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah pamor. Hamparan pasir putih yang terbentang luas dengan airnya jernih dan bersih. Pohon cemara, kelapa, dan tumbuhan pantai lainnya semakin menambah kesejukannya. Masyarakat Wakatobi juga menyebutnya Pantai Cemara.

5. Pantai Sombano

Pantai Sombano terletak di Sombano, Kaledupa. Hamparan pasir putih dan deburan ombak bisa memberikan ketenangan tersendiri. Garis pantainya juga cukup panjang dengan pemandangan sunset yang mengagumkan.

Pantai Sombano

(Foto: Instagram/@amalhermawan)

Dibandingkan pantai lain di Wakatobi, Pantai Sombano termasuk jarang dikunjungi. Cocok untuk Anda yang tidak suka keramaian. Singgahlah untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam di atas cakrawala senja. Lebih enak lagi duduk santai sambil minum es kelapa muda. Udara bersih dan sejuk siap memberikan kenyamanan untuk Anda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini