Hobi Berkemah? Yuk Jajal 6 Tempat Camping Keren di Jogja Ini

Salsabila Jihan, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 408 2350822 hobi-berkemah-yuk-jajal-6-tempat-camping-keren-di-jogja-ini-hclMFxOjIk.JPG Waduk Sermo, salah satu spot camping ciamik di Yogyakarta (Foto: Instagram/@tamanmunggur)

YOGYAKARTA mampu memanjakan para pelancong dengan menyuguhkan beragam destinasi wisatanya. Namun bila ingin merasakan pengalaman yang baru, Yogyakarta juga tetap punya pilihan lainnya, misalnya camping atau berkemah.

Bila Anda ingin mencoba bermalam di alam Yogyakarta atau ingin mencoba camping di atas bukit yang ada di sini. Tidak perlu khawatir karena Yogyakarta juga memiliki tempat camping yang menyajikan pemandangan luar biasa.

Merangkum dari akun Instagram @ayodolan, berikut ini tempat yang pas untuk Anda jika ingin mencoba camping di alam Yogyakarta.

1. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora merupakan salah satu puncak sebuah bukit yang berada di sekitaran Pantai Drini, Yogyakarta. Para wisatawan bisa berkemah di atas sini, namun harus melakukan treking terlebih dahulu untuk sampai ke puncak bukit ini.

Puncak Kosakora

(Foto: instagram/@ananjohari)

"Berkemah di puncak Bukit Kosakora juga akan memberikan pengalaman tersendiri. Wisatawan bisa melihat betapa luasnya laut dan pantai yang ada di bawahnya," tulis akun @ayodolan.

Bukit ini terdapat di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

2. Pantai Greweng

Pantai yang letaknya di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat untuk berkemah lainnya.

Pantai Greweng

(Foto: Eksotis Jogja)

Sudah banyak wisatawan yang singgah untuk berkemah di pantai ini karena memiliki panorama memukau yang sangat memanjakan mata. Pasir putih dan deburan ombak yang bercampur membuat suasana camping jadi lebih mengagumkan.

Suara deburan ombak yang menenangkan juga menambah ketenangan saat bermalam di sini. Pemandangan matahari terbit juga terlihat indah, sangat pas untuk diabadikan lewat kamera.

Baca juga: Rasakan Sensasi Camping Ceria di Kebun Jati Pancawati, Bogor

3. Bukit Klangon

Bukit Klangon berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl yang berlokasi di Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Karena berada di ketinggian, membuat udara di bukit tersebut menjadi sejuk.

Bukit Klangon

(Foto: Instagram/@marindra)

Hamparan perkebunan warga seakna menjadi pagar alam di wilayah ini. Kesejukannya bertambah karena banyak pepohonan hijau yang tumbuh dengan subur di area ini.

4. Waduk Sermo

Di waduk ini, para wisatawan yang berkunjung bisa berwisata sambil menikmati keindahan alam perbukitan Manoreh dan menyewa perahu untuk menjelajahi danaunya. Tentu saja, di Waduk Sermo ini para wisatawan bisa melakukan camping.

Waduk ini terapit oleh dua buah bukit dan masih dikelilingi oleh pepohonan hijau. Di sini juga terdapat sebuah cagar alam atau hutan wisata yang membuatnya tampak lebih sejuk.

Keindahan waduk ini dapat dinikmati bila Anda berkunjung ke Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo.

5. Bukit Pengilon

Berada di Tepus, Purwodadi, Gunungkidul, Bukit Pengilon ini adalah salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta yang memiliki keindahan yang sangat memesona.

Para wisatawan yang datang bisa menikmati lanskapnya yang menakjubkan ini sembari bercamping di atas bukit atau hanya sekadar bersantai di kursi bambu yang menghadap ke laut selatan.

Bukit Pengilon

(Foto: Instagram/@alimochtaar)

Ditambah lagi, bukit ini memiliki hamparan rumput hijau yang membentang luas dan minim pepohonan maupun bebatuan besar yang mengahalangi pemandangan.

6. Tebing Watu Mabur

Tempat lainnya yang sering dijadikan tempat untuk berkemah adalah Tebing Watu Mabur. Namun karena banyaknya wisatawan yang datang ke daerah Dlingi, tebing ini akhirnya dijadikan tempat untuk wisata.

Tebing Watu Mabur

(Foto: Instagram/@maspeot)

Tebing yang berlokasi di Dusun Lemahang, Mangunan, Dlingo, Bantul ini memiliki spot-spot foto yang sangat instagramable.

Ditambah dengan panoramanya yang memikat dan masih asri membuat para wisatawan yang datang akan betah berlama-lama di bukit ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini