7 Jembatan Terunik di Dunia, Bisa Digulung hingga yang Tertua

Fatha Annisa, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 408 2351122 7-jembatan-terunik-di-dunia-bisa-digulung-hingga-yang-tertua-YlFlxmpw8j.jpg Jembatan Ruyi di Lembah Shenxianju, China (Youtube Oriental Image)

JEMBATAN sayogianya berfungsi sebagai sarana menyeberang. Tapi, beberapa jembatan dengan desain unik bisa menjadi ikon sebuah kota atau objek wisata yang menarik.

Beberapa kota di dunia memiliki jembatan yang dirancang menarik dan artistik, lain dari pada umumnya. Ada yang bersifat statis atau dapat bergerak, berkelok-kelok dan sebagainya.

Kehadiran jembatan ini menambah daya tarik wisata bagi kota tersebut.

Baca juga: Amazing, Inilah 11 Jembatan Terpanjang di Dunia

Berikut 7 jembatan terunik di dunia dirangkum Okezone dari beberapa sumber :

1. Heatherwick Studio’s Rolling Bridge, Inggris

Jembatan di Grand Union Canal bisa mengundang decak kagum karena bisa digulung. Saat terentang di atas kanal, Heaterwick Studio’s Rolling Bridge terlihat seperti jembatan pada umumnya.

Namun, jika tidak digunakan, jembatan ini bisa dikontrol bergerak lalu tergulung hingga berbentuk segi delapan simetris.

ilustrasi

Heatherwick Studio’s Rolling Bridge (architypereview.com)

2. Henderson Wave Bridge, Singapura

Jembatan tertinggi di Singapura ini berbentuk gelombang yang tinggi. Henderson Wave Bridge dibangun di atas hutan karena menghubungkan Telok Blangah Hill Park dan Mount Faber Park.

Ini adalah jalur pendakian yang melewati tiga taman rimbun. Kehadiran jembatan ini sebagai pemandangan modern di alam hijau yang mengelilinginya.

ilustrasi

Henderson Wave Bridge (visitsingapore.com)

3. Gateshead Millenium Bridge, Inggris

Jembatan unik berikutnya datang dari Inggris lagi. Gateshead Millenium Bridge yang membentang di atas Sungai Tyne ini merupakan jembatan miring pertama di dunia.

Perancang Gateshead Millenium Bridge menginginkan jembatan ini mudah diakses oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda yang menggunakannya tanpa tanjakan atau tangga yang curam dengan perahu harus bisa lewat di bawahnya.

4. Jembatan Chengyang, China

Jembatan yang dibangun pada 1912 ini menggabungkan lima pavilion yang dihubungkan dengan jalan setapak yang tertutup untuk melindungi pengunjung saat mereka melewati Sungai Linxi.

Baca juga: Fakta-Fakta Unik Pulau Cantik Dihuni 62 Orang Bersaudara, Penduduknya Santai Banget

Uniknya, Jembatan Chengyang tidak menggunakan paku, hanya kayu yang dihubungkan dengan pasak yang menakjubkannya telah bertahan selama lebih dari 100 tahun.

Jembatan ini menjadi salah satu contoh bagaimana struktur bukan hanya menghubungkan dataran, melainkan orang-orang di dua wilayah tertentu.

5. The Slauerhoffbrug, Belanda

Flying Drawbridge, begitu jembatan ini biasa disebut. Sekilas tidak ada unik dari jembatan ini. Namun ketika perahu sudah mendekat, keunikannya akan terlihat.

Bagian dek tengah The Slauerhoffbrug dapat terangkat sepenuhnya menggunakan dua lengan luas sehingga kapal yang melewati sungai dibawahnya dapat melintas.

6. Jembatan Ruyi, China

Jembatan Ruyi terbentang di atas lembah Shenxianju. Panjang total jembatan mencapai 100 meter dan tinggi 140 meter.

ilustrasi

Jembatan ini terdiri dari tiga jembatan bergelombang dengan bagian dari dek terbuat dari kaca transparan yang menjadi salah satu atraksi yang menarik banyak orang.

7. Jembatan Khaju, Iran

Selain berfungsi sebagai jembatan, Khaju juga merupakan bendungan dan lokasi pertemuan publik. Jembatan ini juga merupakan salah satu yang tertua dalam daftar ini, yaitu dibangun pada tahun 1650 di bawah pemerintahan Raja Persia Shah Abbas II.

Struktur Jembatan Khaju yang terbuat dari batu bata dan batu-batu yang panjangnya mencapai 2 meter ini membuatnya menarik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini