Tempat Asyik Buat Ngopi di Hutan Tengah Kota Jakarta

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 301 2351604 tempat-asyik-buat-ngopi-di-hutan-tengah-kota-jakarta-p8Tl38VKl2.jpg Tempat ngopi di tengah hutan Jakarta. (Foto: Instagarm arboreacafe)

PENGIN ngopi di hutan tapi enggak mau keluar Jakarta? Di kawasan pusat kota ada coffee shop dengan nuansa hutan yang pas untuk bersantai sambil melepas penat.

Anda bisa melepas penat di tempat tersebut atau ingin bekerja di luar ruangan yang aman Covid-19. Karenanya, coffee shop ini hanya buka pada hari kerja saja Okezone.

Lebih lanjut, Anda perlu tahu tentang coffee shop di tengah hutan Jakarta ini yang telah Okezone rangkum dari YouTube Channel Rookie Traveler.

Lokasinya di Kementerian Kehutanan

 hutan

Manggala Wana Bhakti adalah nama dari kantor Departemen Kehutanan. Lokasinya ada di Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, persis ada di sebelah Gedung DPR MPR RI. Selain Departemen Kehutanan, ada museumnya juga bernama Museum Kehutanan Manggala Wana Bakti.

Dikutip dari Jakarta Tourism, Museum Kehutanan Nasional Manggala Wanabakti merupakan satu-satunya museum kehutanan yang berada di Provinsi DKI Jakarta. Museum Kehutanan Nasional diresmikan pada 24 Agustus 1983 oleh Presiden Soeharto.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Menyantap Seafood Sambil Nikmati Sunset

Museum kehutanan ini di bangun dengan tujuan sebagai pusat informasi dan dokumentasi kehutanan di Indonesia. Museum ini sendiri terdiri atas dua lantai. Lantai pertama berisi pameran artefak kehutanan dan informasi mengenai jenis-jenis hutan dalam bentuk diorama yang dibuat berdasarkan aslinya dan dilengkapi dengan kehidupan satwa di dalamnya. Lantai kedua berisi pameran foto dan informasi soal hutan di Indonesia.

“Di dalam museum kita juga akan ‘berkenalan’ dengan berbagai jenis kayu seperti kayu jati, kayu meranti, kayu kampar, dan masih banyak lagi. Berbagai jenis produk yang dihasilkan dari kulit, getah, bunga, dan daun juga tersaji lengkap. Produknya mulai dari kapur barus, kertas, bahan pelitur, hingga minyak cendana dan kayu manis ada di sini," tulis Jakarta Tourism dalam laman resminya.

Hutan yang masih segar dan cocok untuk melepas penat

 

Ketika masuk ke dalam Manggala Wana Bakti, suasana adem langsung terasa, karena banyak pohon-pohon tinggi di dalamnya. Segarnya udara ditambah cuitan burung seakan membuat lupa kalau sedang berada di Jakarta. Area di sekitarnya juga sangat luas cocok untuk olahraga, lari pagi atau hanya sekedar jalan menikmati segarnya hutan.

Selain lokasinya mudah dijangkau, masuknya gratis hanya membayar biaya parkir kendaraan saja, dan sekaligus juga bisa mengunjungi museumnya. Museumnya buka setiap Senin – Jumat dari pukul 09.00-15.00. Sementara Sabtu/Minggu/Hari Libur Nasional tutup.

Spot-spot Instagramable

 hutan

(Instagram @the.other.zeni)

Selain udara yang segar dan hijaunya pepohonan. Banyak orang yang datang kesini untuk berfoto karena tempatnya bersih dan cocok untuk diabadikan. Selain itu tempat ini banyak dipakai sebagai spot foto prewedding dan menggelar pernikahan.

Ada banyak spot di tempat ini yang bisa digunakan untuk berfoto seperti tugu, kemudian jalan setapak dengan view pepohonan hijau di belakangnya.

Baca Juga: Destinasi Kuliner Sate Maranggi Paling Ajib, Bogor hingga Purwakarta

Tempat nongkrong dengan nuansa alam

Puas berjalan-jalan di area Manggala Wanabakti, jangan lupa untuk mengunjungi café yang ada di sini Okezoners. Kafe itu bernama Arborea Cafe. Tempat ini menawarkan suasana sejuk di tengah hutan kota. Desain bangunannya super unik. Materialnya didominasi oleh panel kayu dengan konsep modern. Cocok buat nongkrong dengan nuansa alam yang kekinian.

Arborea Cafe terdiri atas tiga tingkat. Anda bisa memilih untuk duduk di tingkat pertama atau naik ke tingkat dua dan tiga. Pilihan menu yang disediakan berupa aneka kopi, mulai dari Toraja, Aceh Gayo, Bajawa, Papua dan Mandailing hingga Capuccino, Cafe Latte dan Hazelnut Coffee. Selain itu, tersedia juga aneka jus segar dan soft drink. Harga minumannya mulai dari Rp15 ribu sampai Rp28 ribu. Bukan hanya minuman, Arborea Cafe juga menyediakan beberapa jajan pasar dan kue dengan harga Rp6-Rp8 ribu.

Sambil meminum kopi dan menikmati sejuknya hutan. Anda bisa juga berfoto di spot yang ada di kafe ini. Spot yang paling terkenal yaitu rooftopnya karena langsung menampilkan pemandangan berupa hutan yang dijamin bisa mempercantik Instagram Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini