Intip Pesona Telaga Nirwana, 'Si Cantik' dari Pulau Rote

Salsabila Jihan, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 408 2351473 intip-pesona-telaga-nirwana-si-cantik-dari-pulau-rote-ji38kkto4W.JPG Telaga Nirwana di Pulau Rote, NTT (Foto: Instagram/@mahfudryanto)

PULAU Rote, merupakan sebuah kepulauan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang letaknya paling selatan Indonesia. Meksi begitu, pesona alam Pulau Rote tak kalah memesona dengan pulau lainnya.

Daerah Pulau Rote juga terkenal dengan kekhasan budidaya lontar, wisata alam pantai, musik sasando, dan topi adat Ti'i langga.

Salah satu pesona alam memikat yang dimiliki Pulau Rote, yakni Telaga Nirwana. Pemandangan asri yang dimiliki telaga ini seakan menenangkan hati para pengunjungnya.

Maka tak heran, lantaran keindahannya, Telaga Nirwana membuat warga menjulukinya sebagai 'Si Cantik dari Pulau Rote' yang masih jarang terjamah wisatawan. Namun beberapa tahun belakangan ini, Telaga Nirwana mulai populer di kalangan wisatawan.

Baca juga: Yuk, Kenali Wisata Kepulauan Rote di Kupang

Telaga Nirwana di Pulau Rote

(Foto: Instagram/@amarbaco)

Telaga Nirwana menyajikan keindahan alam yang luar biasa di mana terdapat sebuah batu yang berbentuk hati. Batu tersebut tercipta secara alami di tengah telaga dan dikelilingi bentangan pasir putih di dasar air yang tembus pandang.

Pemandangan telaga ini sangat memesona dengan kehadiran teluk sepanjang kurang lebih 700 meter dan bermuara pada sebuah telaga yang menjorok tepat ke dalam sebuah gua yang sangat indah.

Baca juga: Melihat Pesona 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia yang Menakjubkan

Telaga yang terlihat berwarna hijau itu secara geografis terletak kurang lebih 200 meter dari bibir pantai Buedale, atau tepatnya di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

Tempat ini juga aman untuk para wisatawan yang ingin mencoba kesegaran bermain air di Telaga Nirwana karena tingginya hanya sekitar pinggang orang dewasa.

Airnya juga cukup tenang, bahkan permukaannya sangat jernih sampai-sampai pengunjung bisa melihat dasar telaga ini dengan sangat jelas.

Sejatinya ini bukanlah telaga, melainkan pantai yang letaknya agak tersembunyi. Lokasinya juga dikelilingi oleh pepohonan hijau rindang yang tumbuh subur.

Telaga Nirwana di Pulau Rote

(Foto: Instagram/@ricky_nahak30)

Selain itu, tak jauh dari Telaga Nirwana terdapat Pantai Oeseli dengan pasir putihnya yang memesona dan sangat kontras dengan bebatuan cadas.

Jika hendak mengunjungi Telaga Nirwana, para wisatawan bisa menyewa sampan milik nelayan di bibir Pantai Buedale dan mendayungnya sampai sekitar 200 meter. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja untuk sampai ke tempat indah itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini