Termasuk Vila Hantu, Ini 7 Tempat Wisata yang Terbengkalai dan Menyeramkan

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 408 2351859 termasuk-vila-hantu-ini-7-tempat-wisata-yang-terbengkalai-dan-menyeramkan-4pVwEz1hij.jpg Taman Festival Bali (Instagram @carmennicolay)

DULUNYA sempat ramai dikunjungi orang, sekarang 7 tempat wisata ini mulai terbengkalai dan tak terawat. Penyebabnya ada berbagai macam, antara lain bangkrut, sepi, hingga adanya kecelakaan.

Kesan menyeramkan dari bangunan yang terbengkalai kadang malah menjadi daya tarik wisata bagi orang-orang penggemar horor untuk datang.

Baca juga: Cerita Mantan Pramugari Dihantui Penumpang Misterius Berpakaian Ihram, Hii... Merinding

Berikut ini 7 tempat wisata di Indonesia yang kini terbengkalai yang dikutip Okezone dari channel Youtube infoDex Media :

1. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah yang terletak di Bandung Barat ini awalnya sempat hits dan populer karena mengusung konsep taman bermain yang menyenangkan bagi semua kalangan dari tua maupun muda.

Sebelum jadi tempat wisata horor seperti sekarang, Kampung Gajah memiliki lebih dari tiga puluh wahana permainan. Salah satu wahana yang menjadi bintang utama dari Kampung Gajah Wonderland adalah kolam ombaknya. Saat liburan, tempat ini pasti penuh dengan wisatawan yang datang.

“Tempat wisata ini dinyatakan bangkrut pada 2017 dan kini ditinggalkan. Kalo kamu mengunjunginya sekarang, pasti dijamin merinding deh. Pasalnya semua wahana dan waterpark dibiarkan begitu saja” sebut infoDex Media dalam videonya yang dikutip, Rabu (27/1/2021).

ilustrasi

Kampung Gajah Wonderland (Instagram @ikanuraenialifah)

Meski sudah menjadi tempat wisata yang ditinggalkan, kampung gajah kini masih sering dikunjungi anak-anak muda yang ingin berfoto karena tempatnya memang Instagramable.

2. Bounty Beach Clubs Bungalows, Gili Meno, NTB

Penginapan dengan pantai private ini berada di pedalaman Gili Meno, Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya penginapan ini menawarkan tempat untuk merilekskan badan dan pikiran karena suasanya yang adem dan sejuk.

Tempat ini ditutup pada tahun 2002. Ada rumor yang menyebutkan bahwa tempat ini ditutup karena Bom Bali yang menewaskan puluhan hingga ratusan wisatawan asing maupun warga lokal.

Oleh karenanya, banyak tempat penginapan yang tak dilirik oleh wisatawan sehingga membuat hotel Bounty Beach Bungalow mengalami kebangkrutan dan tak beroperasi lagi. Kini tempat ini menjadi tempat yang menyeramkan yang bikin bulu kuduk merinding.

Di dalam penginapan ini kabarnya masih menyisakan property seperti kursi, meja, dan kolam yang sudah tidak terawat lagi.

3. Taman Festival, Bali

Taman yang dibangun pada tahun 1997 di Bali ini dulunya memiliki banyak wahana permainan, kebun binatang, amphiteater, hingga wisata alam. Sayang tempat ini kemudian ditutup dua tahun semenjak dibuka karena bangkrut. Saat tempat ini ditutup, masih banyak bangunan yang belum selesai dibangun.

Tempat ini juga sempat kebakaran pada tahun 2012 yang mana semakin membuat tempat ini semakin menyeramkan. Jika anda penasaran lokasinya sangat mudah di akses, karena terletak di pinggir pantai Padang Galak, Sanur, Kota Denpasar Bali.

4. Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel, Bali 

Tempat penginapan terlantar ini awalnya merupakan sebuah proyek di tahun 90-an, namun ditinggalkan pada tahun 2002 sebab peristiwa bom bali, sebelum selesai dibangun. Pernah juga direnovasi di tahun 2000-an namun ditinggalkan sebab masalah finansial dan dibiarkan terbengkalai hingga saat ini.

ilustrasi

Pondok Bedugul (Instagram @wiebsheer)

Namun ada cerita juga yang mengatakan bahwa pengunjung yang menginap di tempat ini sering diganggu penampakan gaib sehingga menyebabkan orang-orang tidak mau datang lagi.

Bangunan yang menawarkan nuansa penuh mistis ini berlokasi di kawasan wisata Bedugul, Tabanan, Bali. Sangat mudah menemukan lokasi hotel menyeramkan tersebut, selain karena dekat dengan kawasan wisata, Anda cukup mengendarai mobil dari pelabuhan penyebrangan dan berkendara selama 2-3 jam untuk mencapai lokasi.

5. Kolam Renang Singandaru, Banten

Kolam renang yang berlokasi di Serang, Banten ini kabarnya sudah ditutup sejak 1980an dan dibiarkan terbengkalai hingga sekarang. Banyak cerita mistis menyelimuti tempat itu. Diantaranya munculnya penampakan anak kecil. Konon katanya anak kecil yang berada di tepi kolam sering ditarik oleh penunggu kolam tersebut hingga tenggelam dan meninggal dunia. 

Kini pinggiran kolam ini sudah ditutupi oleh ilalang, pepohonan, hingga semak belukar. Sedangkan kolamnya terisi air keruh yang tidak jelas dari mana asalnya. Jika Anda ingin berkunjung, pastikan untuk selalu berhati-hati ya.

6. Vila Hantu, Lombok, NTB

Vila yang terletak di dataran tinggi Malaka, Lombok ini menawarkan pemandangan alam dan pantai Senggigi yang menakjubkan dari ketinggian. Diberina nama Vila Hantu karena bangunannya terbengkalai.

Pembangunan vila tidak selesai dikarenakan lokasinya dianggap berbahaya bagi keselamatan. Karena terbengkalai, vila ini dianggap oleh masyarakat sekitar sebagai tempat berhantu.

ilustrasi

Vila Hantu di Lombok (Okezone.com/Sukardi)

Meski demikian, tempat wisata ini sangat menarik karena Anda bisa melihat sunset dan sunrise yang indah dari ketinggian, apalagi ketika cuacanya sedang cerah. 

7. Taman Remaja Surabaya 

Bagi Anda yang sering menghabiskan masa kecil di Surabaya, pasti tak asing dengan taman ini. Ya, taman ini menjadi destinasi favorit liburan bagi keluarga di Surabaya.

Wahananya pun cukup lengkap. Pemerintah kota Surabaya menutup taman ini pada 27 Agustus 2018 karena tidak memenuhi syarat pembangunan. Akhirnya taman ini kini ditinggalkan dan menjadi terbengkalai tanpa ada kejelasan dari pihak pengelola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini