5 Destinasi Wisata Religi di Bandung Raya, dari Masjid, Katedral hingga Vihara

Fatha Annisa, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 408 2351955 5-destinasi-wisata-religi-di-bandung-raya-dari-masjid-katedral-hingga-vihara-FvQUQq8iLI.jpg Masjid Raya Bandung (Wikipedia)

BANDUNG, Jawa Barat punya sejuta pesona. Mulai dari keindahan alam, spot-spot kuliner tradisional dan kekinian, hingga objek wisata religi lintas agama; mulai dari masjid, gereja, vihara juga klenteng. Sebuah simbol keragaman Indonesia.

Destinasi wisata religi ini tersebar di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Sehari-hari, lokasi ini sering digunakan sebagai tempat beribadah masyarakat. Tapi, keunikan dari bangunan tersebut menawarkan daya tarik wisata.

Baca juga: 7 Destinasi Patung Yesus di Indonesia untuk Liburan Natal, Nomor 5 Tertinggi di Dunia 

Berikut 5 destinasi wisata religi yang bisa dikunjungi saat di Bandung Raya :

1. Masjid Raya Bandung

Masjid yang semula bernama Masjid Agung ini didirikan pertama kali pada 1812 bersamaan dengan dipindahkannya pusat Kota Bandung dari Krapyak ke lokasi sekarang. Dengan arsitektur megah dan moderen, masjid ini jadi ikon Kota Bandung.

ilustrasi

Masjid Raya Bandung (Okezone)

Masjid yang berada di Alun-Alun Kota Bandung ini sering ramai dikunjungi warga. Selain untuk beribadah, masyarakat juga bisa bersantai di halaman berumput sintetis sambil menikmati jajanan maupun foto-foto.

Masjid Raya Bandung memiliki dua menara kembar di sisi kanan dan kiri bangunan. Naik ke Twin Tower Jawa Barat ini, kita bisa menyaksikan keindahan Kota Bandung dari atas.

2. Biara Karmel OCD Bandung

Berlokasi di Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Biara Karmel OCD bisa menjadi destinasi terutama bagi warga Kristen. Tempat ini dikenal sebagai tempat pertapaan suster dari Ordo Carmelita tau biasa disebut sebagai Ordo OCD.

Biara Karmel OCD cocok sebagai tempat berdoa karena suasanya lebih tenang dengan udara sejuk. Spot-spot di Biara Karmel OCD Bandung juga memiliki arti khusus berdasarkan Kisah Kristus.

3. Vihara Vipassana Graha Bandung

Vihara Vipassana Graha Bandung punya nuansa seperti di Thailand. Bangunan putih dengan aksen warna emas di beberapa bagian tertentu sekilas mirip seperti yang ada di Noong Nooch Village, Thailand.

ilustrasi

Vihara Vipassana Graha Bandung (Instagram @why_ajie)

Selain gaya bangunannya, Vihara Vipassana Graha Bandung punya 10 ribu buah patung Buddha berukuran mini di hampir seluruh dinding bagian dalam bangunan.

Vihara Vipassana berada di Parongpong, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Rumah ibadah umat Buddha ini juga terbuka untuk umum, sekadar untuk melihat keindahannya atau berfoto.

4. Klenteng Satya Budhi Bandung

Klenteng Satya Budhi Bandung sudah ada sejak 1855, salah satu klenteng tertua di Kota Kembang. Lokasinya di wilayah pecinan Husein Sastranegara, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Klenteng ini terdapat patung Dewa Guan Gong yang tengah menunggang kuda. Patung ini diyakini akan memberikan perlindungan bagi yang masuk ke bangunan klenteng.

Bagian bangunan klenteng memiliki arti yang cukup menarik, seperti atap berbentuk gelombang yang melambangkan air, runcing di ujungnya melambangkan perahu.

Hal tersebut merupakan pengingat bahwa nenek moyang mereka mengarungi Laut China Selatan untuk sampai ke Indonesia.

ilustrasi

5. Katedral Santo Petrus Bandung

Keberadaan Katedral Santo Petrus Bandung sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda, sekitar tahun 1895. Katedral ini juga masuk ke dalam 100 Bangunan Cagar Budaya di Bandung.

Hingga saat ini, Katedral Santo Petrus selalu ramai terutama saat hari keagamaan tiba. Bahkan pada Misa Natal 2018 lalu, ada 12.000 jemaat yang hadir di katedral ini. Bangunan Katedral Santo Petrus bergaya arsitektur neo-gothic akhir serupa dengan gereja-gereja tua di Eropa. Jika dilihat dari atas. Bangunan gereja menyerupai sebuah salib.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini