Gairah Wisata Lesu, Aceh Singkil Fokus Kembangkan SDM Pariwisata

Antara, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 406 2352142 gairah-wisata-lesu-aceh-singkil-fokus-kembangkan-sdm-pariwisata-yQlT9FjuQ8.JPG Pantai Pulau Banyak di Aceh Singkil (Foto: Instagram/@pulaubanyak)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan memprioritaskan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam program pariwisata pada 2021.

"Untuk tahun ini, kami lebih memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Singkil, Edi Hartono.

Edi mengatakan, pihaknya lebih memfokuskan peningkatan sumber daya manusia karena situasi pandemi Covid-19 membuat kunjungan wisatawan ke Aceh Singkil turun drastis.

Baca juga: Tata Destinasi Wisata Unggulan, Pemkot Aceh Bangun 3 Dermaga

"Kami pikir bukan Aceh Singkil saja. Kondisi ini juga dialami destinasi di seluruh dunia. Karena itu, kami fokuskan dulu peningkatan sumber daya manusia sambil menunggu pandemi Covid-19 berakhir dan wisatawan kembali berkunjung ke Aceh Singkil," tuturnya.

Edi menambahkan, Aceh Singkil memiliki tiga destinasi pariwisata yang menjadi andalan, yakni wisata bahari di Pulau Banyak, wisata religi yakni makam ulama Aceh, Syekh Abdurauf dan Rumah Gadang, serta Suaka Margasatwa Rawa Singkil.

Wisata bahari di Pulau Banyak, tambah dia, tidak hanya dikunjungi wisatawan nusantara, tetapi juga wisatawan mancanegara. Namun, pandemi Covid-19 membuat kunjungan turun drastis.

Begitu juga wisata religi yang biasanya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan wisatawan, terutama dari Sumatra Barat, untuk menziarahi makam Syekh Abdurrauf, ulama Aceh tersebut.

Selain itu, ada destinasi rumah gadang yang merupakan rumah adat Minang yang ada di Aceh Singkil.

"Peningkatan kapasitas sumber daya manusia ini untuk mendukung kemajuan pariwisata di Aceh Singkil. Sektor pariwisata ini menjadi andalan Aceh Singkil meningkatkan perekonomian masyarakat," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini